Ciri-ciri makanan yang sudah basi harus dihindari agar tidak membahaykan tubuh bahkan sampai meracuni tubuh. Banyak bakteri atau jamur yang terdapat dalam makanan basi sehingga kamu perlu tahu bagaimana ciri-ciri makanan basi agar bisa menghindarinya. (Baca juga: Resep Membuat Pie Buah Yang Mudah).

Ketahui Bahaya Makanan Basi untuk Kesehatan

  1. Sakit perut
    Perut manusia dapat mengenali apakah makanan itu basi atau tidak. Ketika seseorang mengonsumsi makanan basi maka perutnya akan bereaksi, seperti mengalami diare.

    copyright by thesun.co.uk

  1. Mengalami muntah
    Reaksi perut yang cukup parah saat mengonsumsi banyak makanan basi adalah mual dan muntah. Makanan basi mengandung bakteri yang akan mengganggu proses pencernaan dalam perut sehingga saat kamu mengonsumsi makanan basi maka perut akan merasa tidak enak.
  1. Kepala pusing
    Saat kamu merasa sakit kepala atau pusing setelah mengonsumsi makanan maka jamu perlu waspada dan menelirik kembali apakah kamu sudah mengonsumsi makanan basi atau tidak.
  1. Keracunan
    Bahaya paling tinggi saat mengonsumsi makanan basi adalah mengalami keracunan. Dalam keracunan ini maka seseorang akan mengalami pusing, sakit perut hingga muntah-muntah. Biasanya, makanan yang mengalami keracunan adalah makanan yang sudah basi sejak lama sehingga bakteri yang terkandung sangat berbahaya.

Ciri-Ciri Makanan yang Sudah Basi

  1. Muncul bau tidak sedap dari makanan
    Makanan yang masih segar atau baru akan menimbulkan bau yang khas dan sedap. Berbeda jika makanan itu sudah lama tidak dimakan. Bayangkan saja saat Anda membiarkan suatu makanan dalam waktu tertentu maka lama-lama akan mengeluarkan bau tidak sedap atau bau busuk. Biasanya bau yang muncul cukup menyengat sehingga kamu bisa segera tahu apakah makanan itu basi atau tidak. Makanan yang sering mengeluarkan bau busuk saat basi adalah ikan
  1. Adanya jamur di makanan
    Ketika mendengar kata jamur maka jangan langsung membayangkan jamur-jamur yang berukuran besar itu. Pada umumnya, jamur yang muncul pada makanan basi berwarna hitam atau merah. Ukurannya pun sangat kecil. Munculnya jamur dikarenakan adanya sisa metabolisme bakteri pada makanan. Saat Anda melihat adanya jamur dalam makanan maka hindarilah makanan tersebut. Makanan yang sering terdapat jamur saat basi adalah kue, roti, dan lain sebagainya.

    copyright by unitefoodies.blogspot.com

  1. Adanya lendir dalam makanan
    Tidak semua makanan basi akan memunculkan lendir. Biasanya, makanan yang bisa mengeluarkan lendir dalam keadaan basi adalah makanan yang bersantan, seperti gulai ayam, kare dan opor ayam. Kandungan santan inilah yang menyebabkan makanan mudah basi dan mengeluarkan lendir ketika basi. Untuk itu, jauhi makanan yang berlendir karena itu akan berbahaya untuk kesehatan tubuh.
  1. Rasa makanan menjadi kecut atau asam
    Makanan yang sudah basi bisa juga ditandai dari perubahan rasanya. Biasanya, perubahan rasa ini terjadi pada lauk pauk. Masakan yang sudah lama tidak dimakan atau lama setelah dimasak maka rasanya bisa berubah dan rasa yang identik dengan makanan basi adalah rasa asam atau kecut.
  1. Warna makanan berubah
    Kamu juga bisa melihat makanan itu basi atau tidak dari perubahan warnanya. Makanan yang masih baru atau segar akan memiliki warna yang masih bagus dan segar pula. Beberapa makanan akan berubah warna menjadi pucat atau tidak cerah lagi setelah mengalami basi.

Tips Mengetahui Makanan Basi

copyright by amazonaws.com

  1. Steak
    Ciri-ciri steak yang sudah basi akan berubah warna menjadi abu-abu dan bau tengik.
  1. Ikan
    Hindari ikan yang berubah warna menjadi cokelat, abu-abu atau kuning. Meskipun perubahan warna hanya terjadi pada ujungnya, segeralah membuang bagian itu.
  1. Ayam
    Ayam yang basi akan memunculkan bau tidak sedap, seperti asam seperti amonia. Warnanya juga akan berubah serta menimbulkan lendir.
  1. Selada
    Selada yang sudah layu akan berubah warna menjadi kecoklatan.
  1. Telur
    Kamu bisa mengetahui apakah telur itu masih bagus atau tidak dari sedikit percobaan. Pertama masukkan telur ke dalam air kemudian lihatlah apakah mengambang atau tenggelam. Telur yang masih segar sebagian maka akan berposisi tidur di bagian bawah air.

    copyright by tqn.com

  1. Kentang
    Jika kentang sudah terasa lembek dan melesak saat ditekan maka buang saja kentang itu karena akan membahayakan kesehatan.
  1. Yogurt
    Yogurt yang basi terdapat jamur spora, tekstur kental dan adanya tambahan aroma yang tidak sedap.
  1. Cream cheese
    Cream yang basi akan berwarna hijau dan berjamur.

Makanan yang Sering Basi

  1. Telur
  2. Santan
  3. Daging mentah
  4. Yoghurt

Berhati-Hatilah dengan Makanan Basi

copyright by myblogofcheese..wordpress.com

Sering kita temui makanan yang harus dimasak berulang-ulang untuk mencegah basi. Namun, sebenarnya makanan yang terus dimasak berulang atau diawetkan tidak akan baik untuk kesehatan. Jika kamu menyimpan makanan dengan waktu yang cukup lama maka jangan langsung mengonsumsinya. Kamu bisa melihat dan memastikan terlebih dahulu agar makanan basi tidak masuk dalam tubuh. Mengingat banyaknya bahaya yang ditimbulan dari mengonsumsi makanan basi. Untuk itu, segera buang makanan yang sekiranya sudah mulai ada ciri-ciri makanan yang sudah basi.