Jual Kue Basah Jakarta Timur – Saat membeli kue di supermarket, minimarket atau swalayan bahan di toko tertentu, tidak semua kemasan kue itu dalam keadaan baik. Ada kemasan yang sudah berdebu, kotor atau saat di luar kemasannya masih bagus, namun ketika dibuka di rumah ternyata kuenya sudah tidak bagus lagi untuk dikonsumsi. Berikut ada beberapa ciri-ciri kue yang tidak layak konsumsi yang bisa diperhatikan ketika akan membeli kue.

Jual Kue Basah Jakarta Timur

Jual Kue Basah Jakarta Timur khas Betawi

  • Putu mayang

Adalah kue basah yang dibuat menggunakan tepung kanji atau tepung beras kemudian dicampur dengan santan kelapa. Kue putu mayang ini dihidangkan dengan saus yang terbuat dari gula merah. Di betawi, kue ini akan ditemukan dalam bentuk seperti mie bulat yang diletakkan bertumpuk dalam berbagai pilihan warna seperti warna hijau, pink dan putih.

  • Cucur

Cucur dibuat dari tepung beras dengan bentuknya setelah dimasak bulat dan berwarna coklat ini banyak dihidangkan saat adanya acara pernikahan atau upacara potong rambut pada bayi. kue ini bentuknya tipis dan tebal.

  • Talam

Kue talam ada yang berwarna hijau dan ada juga kombinasi warna oranye dan putih. Bentuk kue ini bulat dibuat menggunakan campuran tepung beras, tepung terigu, tepung sagu, tepung tapioka,gula merah serta santan. Kemudian dituangkan ke dalam cetakan kukus kecil kemudian dimasak. Kue talam memiliki banyak rasa, ada rasa pisang,durian, kentang dan ada juga rasa tapai.

  • Rangi

Kue tampah Jakarta yang berwarna putih ini dihidangkan di atas daun pisang dengan olesan atau tetesan gula merah di atasnya. Kue yang sangat cocok disantap ketika masih hangat ini dibuat dari tepung beras dicampur kelapa parut kemudian dimasukkan ke dalam cetakan yang bentuknya setengah lingkaran. Selain rasa manis yang berasal dari gula merah, kue ini juga memiliki paduan rasa asinnya sehingga menghasilkan rasa yang khas saat masuk ke mulut.

  • Lupis ketan

Kue nampan enak di Jakarta ini dulunya hanya berbentuk segitiga saja dan berwarna hijau, namun saat ini sudah banyak dikreasikan sesuai keinginan masing-masing, ada bentuk kotak atau bentuk bulat. Kue yang sangat cocok dimakan di pagi hari dengan ditemani secangkir kopi atau teh hangat ini dibuat menggunakan beras ketan kemudian dimasak menggunakan daun pisang. Untuk pelengkap kelezatannya dihidangkan dengan ditaburi parutan kelapa yang sudah dikukus serta disiram dengan gula merah cair.

  • Cente manis

Ketika mendengar nama kue ini apa yang terlintas di pikiran masing-masing? Tentu rasa kue ini manis, iya, kan? Selain itu, kue yang warnanya perpaduan antara putih dan pink ini terlihat sangat cantik dan menarik. Bahan yang digunakan untuk membuat kue yang bertekstur lembut dan kenyal ini adalah tepung hunkwe, gula, bulir cente manis, santan serta sagu mutiara. Jika tidak menyukai sagu mutiara, maka bisa diganti dengan bahan lain seperti pacar cina ataupun  biji delima.

  • Pancong

Kue ini sudah terkenal hingga ke beberapa daerah di Indonesia, dibuat menggunakan tepung beras campur kelapa. Kue pasir disatu sisi mirip dengan kue rangi, namun pada penyajiannya berbeda. Kue rangi yang dihidangkan dengan siraman gula merah cair sedangkan kue pancong dihidangkan dengan ditaburi gula pasir. Di beberapa daerah tertentu, ada juga kue pancong yang tidak ditaburi gula.

Cara Memilih Kue yang Masih Layak

Untuk memastikan kue yang Anda beli masih layak dikonsumsi, maka perlu memperhatikan hal-hal berikut:

  • Kemasan

Kemasan kue yang sudah tidak menarik lagi, yang sudah berdebu, kotor, jelek dan tidak terawat menandakan bahwa makanan dibalik kemasan tersebut tidak bagus lagi untuk dikonsumsi. Hindari beli kue yang memiliki ciri-ciri kemasan seperti itu. Sebaliknya dipilih kue yang kemasannya masih bagus, bersih dan tidak kusam.

  • Warna

Kue yang masih baik dan layak konsumsi adalah kue yang berwarna kuning keemasan, tidak pucat atau warna kecoklatan. Kue yang sudah berwarna pucat dan ada bercak-bercak warna biru seperti memar adalah kue yang tidak layak lagi untuk dimakan.

  • Aroma

Tidak semua kue memiliki aroma yang sama, namun bagaimanapun aroma kue tersebut jika masih layak dikonsumsi, maka aromanya masih wangi. Sebagian orang pasti sudah tahu bagaimana kue yang memiliki aroma yang tidak enak, ini kuenya sebaiknya jangan dikonsumsi lagi.

  • Rasa

Kue tampah mini Jakarta yang masih layak dikonsumsi ialah kue yang memiliki rasa yang enak, garing, tidak pahit dan renyah. Sebaliknya kue yang sudah tidak enak lagi, rasanya ada pahit-pahitnya, lembek, dan kurang lezat atau tidak nikmat ketika digigit adalah kue yang sudah tidak layak lagi untuk dikonsumsi.

Itulah beberapa kategori ciri-ciri pemilihan kue yang masih layak konsumsi, serta beberapa kue basah khas kota Jakarta. Royal Snack Box merupakan catering yang jual kue basah Jakarta timur dengan beragam jenis kue dengan aneka warna untuk berbagai kebutuhan. Tentunya dengan kualitas yang terbaik serta harga yang terjangkau.

Sending
User Rating 5 (1 vote)