Macam-Macam Kuliner Khas Bulan Ramadhan Terpopuler – Setiap umat muslim akan melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan dengan segala minuman dan makanan khas Ramadhan. Minuman dan makanan khas bulan Ramadhan ini biasanya akan sangat gampang ditemui selama bulan puasa. Nah, penasaran apa saja kuliner khas bulan Ramadhan terpopuler? Yukz, mari intip daftarnya di bawah ini: (Baca juga: Macam-Macam Takjil Berbuka Puasa)

  1. Kalau yang satu ini wajib ada! Kurma, buah kesukaan Rasulullah yang menyegarkan dan menyehatkan

copyright by eritazurahmi.com

copyright by eritazurahmi.com

Makanan utama yang pasti ada ketika bulan Ramadhan adalah kurma. Buah ini sudah terkenal sejak zaman Rasulullah karena khasiatnya dan rasa nikmatnya yang menjadi buah kesukaan bagi Rasul. Kandungan nutrisi yang banyak dalam kurma membuat buah ini sangat cocok digunakan ketika sahur atau berbuka puasa untuk memulihkan energi. Banyak manfaat yang terkandung dalam buah kurma seperti menjaga kesehatan tulang dan gigi, mengatasi anemia, mencegah jantung koroner, mencegah stroke, melancarkan buang air dan menjaga kesehatan mata. Adanya kandungan antioksidan yang tinggi inilah yang membuat buah kurma kaya akan khasiat. Bahkan, kita bisa membuat berbagai olahan makanan yang lain dengan bahan utama kurma yang nikmat.

  1. Pisang memang paling pas kalau diolah menjadi kolak sebagai menu utama berbuka puasa

Kolak menjadi minuman khas pada bulan ramadhan. Minuman ini pasti sering disajikan untuk berbuka puasa karena memberikan kesegaran setelah berpuasa seharian. Selain memberikan kesegaran, kolak ternyata juga bagus untuk kesehatan tubuh. Pada umumnya, kolak berisikan pisang, labu kuning, ketela, kolang-kaling dan lain sebagainya tergantung dengan selera masing-masing orang. Hingga saat ini kolak lebih dikenal dengan isi pisang yang menyegarkan.

  1. Makanan khas raja-raja, ini dia Kental bintul kesukaan kerajaan Banten

copyright by koranbanten.com

copyright by koranbanten.com

Bagi beberapa orang mungkin masih asing dengan nama makanan yang satu ini. Makanan ini berasal dari Kota Serang, Banten yang sudah dikenal sejak 15 abad yang lalu dan menjadi makanan favorit bagi para raja di Banten seperti Sultan Maulana Hasanuddin. Bahan baku yang digunakan dalam pembuatan makanan ini adalah nasi ketan yang dihaluskan kemudian disajikan bersama daging sapi dan gulainya.

  1. Cendol dari Jawa Barat, meski simpel tapi enak dan menyegarkan di lidah kering setelah menahan minum seharian

Sebenarnya, minuman ini dapat dijumpai di luar bulan Ramadhan tapi ketika bulan puasa tiba, minuman ini menjadi lebih merajalela. Kesegarannya mampu mengobati rasa haus setelah berpuasa seharian. Minuman yang berasal dari Jawa Barat ini biasanya dibuat dengan bahan santan, tepung beras, gula merah dan es batu. Warna yang dihasilkan biasanya berwarna hijau pitih dari pandan dan santannya. Es cendol sangat mudah dibuat sehingga kamu dapat membuat minuman menyegarkan ini sebagai menu buka puasa.

  1. Pisang ijo yang menyegarkan asal Makasar, rasanya maknyess di lidah

copyright by saturesep.com

copyright by saturesep.com

Minuman yang khas dengan rasa manisnya ini berasal dari Makasar. Apabila kita lihat sekilas, pisang yang dibalut dengan adonantepung terigu berwarna hijau itu mampu meningkatkan selera makan kita. Pisang ijo sering digunakan sebagai menu berbuka puasa. Cara pembuatannya pun tidaklah sulit yakni dengan membungkus pisang raja terlebih dahulu dengan adonan tepung terigu yang sudah diberikan pewarna hijau dari pandan. Setelah itu, campurkan dengan santan, es serut, dan sirup coco.

  1. Es blewah pelepas dahaga di kala lapar dan haus

Buah yang satu ini menjadi lebih sering dijumpai ketika bulan ramadhan. Meskipun sebenarnya blewah ini tidak memiliki rasa khusus, tapi cukup untuk memberikan kesegaran dalam es yang dibuat. Blewah sendiri merupakan buah yang mengandung banyak air, terlebih jika ditambah dengan es maka kesegarannya akan berlipat ganda. Cara pembuatannya pun sangat mudah yakni dengan mengeruk buah blewah menjadi kecil-kecil memanjang atau kotak-kotak, tergantung selera masing-masing orang kemudian tuangkan air dan beri gula pasir. Aduk merata dan tambahkan es agar lebih segar.

  1. Susu dibikin jadi Sate? Mana ada? Eitsss…Nyatanya bisa! Ini dia Sate susu khas Bali

copyright by ranselbiru.com

copyright by ranselbiru.com

Makanan khas ini populer di daerah Bali. Bahan sate merupakan bagian susu dari sapi yang diyakini mempunyai khasiat untuk meningkatkan stamina. Kenikmatannya akan bertambah jika sate ini dikonsumsi bersama sambal plecing khas Bali. Kamu tidak perlu membuatnya sendiri karena sudah banyak warung atau tempat makan yang menjual makanan khas ramadhan ini. Cukup sediakan uang sekitar 15 sampai 20 ribu untuk membeli satu porsinya.

  1. Apakah kamu mau kena tubruk? Kalau ditubruk pakai Es teh tubruk khas warung sederhana ini pastinya mau ya!

Tidak banyak orang yang mengenal es teh tubruk. Minuman khas Ramadhan ini sering digunakan sebagai minuman penutup karena memiliki kesegaran yang istimewa. Sebenarnya kita dapat menjumpai es teh ini di berbagai warung makan atau tempat makan sederhana sebagai teman nasi pecel. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan teh tubruk, air, gula, buah lemon dan aduk merata. Jangan lupa untuk menambahkan es agar terasa lebih segar untuk melepas dahaga.

  1. Gulai siput atau tutut yang menggugah selera, jangan geli dulu ya karena rasanya enak, kok.

copyright by twimg.com

copyright by twimg.com

Hewan berjenis moluska ini sering ditemukan di tanah, pantai, atau air tawar. Gulai siput atau tutu berasal dai hewan ini yang kemudian dibumbui sehingga memiliki rasa yang begitu nikmat. Makanan khas Tanjung Pinang ini begitu populer ketika bulan Ramadhan karena rasanya yang lezat, tidak heran jika kemudian makanan ini menjadi favorit bagi masyarakat di seluruh Indonesia.

10. Makanan asal Gresik yang paling diincar selama bulan Ramadhan, Bangka Kopyor

Makanan asal Gresik ini biasanya sangat pas dijadikan menu berbuka puasa selama bulan suci. Bangka Kopyor sendiri sebenarnya merupakan kepanjangan dari “Bubur Nangka” dan “Kelapa Kopyor”. Selain rasanya yang enak, harganya juga biasanya dijual sangat murah sekitar 3 ribu sampai 5 ribu rupiah saja. Bangka Kopyor dibuat dari buah kelapa, pisang, tepung terigu, santan kelapa, dan roti tawar. Sampai sekarang makanan yang hanya ada saat bulan Ramadhan ini masih banyak dicari khususnya mereka yang tinggal di daerah Manyar/ pesisir pantai.

Demikian macam-macam kuliner khas Ramadhan terpopuler yang bisa kamu coba di bulan puasa.