GRATIS PENGIRIMAN

Pesan Nasi Kotak di Jakarta

Pesan Nasi Kotak di Jakarta – Nasi yang disajikan dalam box kerap menjadi andalan di berbagai acara. Selain praktis, lauk-pauk pendampingnya pun sangat beragam sehingga semakin nikmat disantap.

Apalagi kebanyakan penyedia jasa catering menawarkan menu yang bisa disesuaikan dengan anggaran. Jadi, tuan rumah bisa memilih menu mana yang pas dengan kantongnya. Lalu apa saja tips yang harus diperhatikan ketika memilih nasi kotak/ box.

Pesan Nasi Kotak di Jakarta

Tips Pesan Nasi Kotak di Jakarta Dengan Menu Terbaik

  • Tekstur nasi terbaik

Pastikan memasak nasi dengan takaran air yang pas sehingga teksturnya pulen tidak lembek atau juga tidak keras. Jika menggunakan nasi berempah seperti nasi kuning atau nasi uduk, tentukan jumlah bumbunya agar tidak terlalu kuat sehingga merusak cita rasa menu pendamping.

Tidak ada salahnya juga memikirkan untuk membungkus nasi dengan kertas roti atau daun pisang. Hal ini tidak saja mempercantik tampilan nasi kotak, tapi juga bisa mencegah nasi terkena udara yang membuatnya mengeras dan berkerak. Nasi yang teksturnya telah berubah tersebut tentunya kurang nikmat disantap.

  • Prioritas daging atau ikan yang mudah dimakan

Sebagai menu utama dalam nasi kotak, biasanya disediakan lauk hewani berupa daging atau ikan. Mengingat nasi ini biasanya disajikan saat jam istirahat suatu acara, maka sangat penting menentukan jenis lauk yang gampang dimakan. Maka dari itu usahakan memilih menu yang tidak mengandung tulang (fillet).

Saran menu misalnya: ayam suwir, empal balado, ikan fillet asam manis, rendang sapi, tongkol suwir rica-rica, dan lain-lain.

Sebaiknya pilih menu dengan sambal atau saus ketimbang masakan yang berkuah. Kuah akan gampang tumpah dan meluber ke mana-mana sehingga isi kotak jadi tidak menarik.

  • Telur adalah wajib

Menu pesan nasi kotak di Jakarta biasanya juga menyediakan telur selain lauk utama dari daging atau ikan. Telur adalah lauk hewani sebagai pelengkap gizi makanan yang praktis dan cukup terjangkau. Biasanya telur pada nasi kotak menggunakan telur ayam, telur bebek, atau puyuh.

Bahan ini dapat dengan mudah diolah menjadi berbagai masakan yang menggugah selera makan. Telur pada nasi kotak biasanya diolah menjadi: telur dadar, telur pindang, telur balado, atau di orak-orek bersama pare atau terong.

  • Pilihan lauk nabati lain

Selain lauk hewani tadi, nasi kotak juga berisi lauk pelengkap lain dari bahan nabati seperti tahu dan tempe. Tahu dapat dijumpai berupa semur yang dibumbu kecap, atau direbus dengan bumbu kuning. Sedangkan untuk tempe seringnya dijadikan tempe orek, dicampur dengan teri kacang, atau digoreng tepung.

Karena fungsinya sebagai pelengkap, maka pastikan takarannya tidak melebihi porsi dari utama. Hal ini penting agar kuantitas lauk pada setangkup nasi dalam box tidak terlalu over.

  • Sayuran

Jenis sayuran yang ada di nasi kotak didominasi oleh sayuran yang ditumis ala Chinese food. Jarang ditemukan varian sayur yang berkuah apalagi mengandung santan karena akan cepat basi.

Menu tumisan sayur pun beraneka ragam seperti: capcay, buncis dengan wortel, brokoli udang, taoge dengan tempe, atau jagung dengan jamur. Pastikan tingkat kematangan sayur pas. Karena jika masih mentah akan keras sedangkan apabila terlalu matang teksturnya lembek dan dari segi estetika pun kurang menarik.

  • Kerupuk

Masyarakat Indonesia agaknya tidak bisa makan jika tidak ditemani kerupuk. Makanan ringan satu ini selain gurih, juga mampu memperkaya tekstur karena kegaringannya. Jenis kerupuk yang disediakan pun banyak pilihan seperti kerupuk udang, kerupuk kaleng, kerupuk bawang, atau kerupuk tempe.

Jika hendak memasukkan kerupuk ke dalam nasi kotak, pastikan memilih kerupuk yang sudah terbungkus kedap dengan plastik. Selain lebih cantik, hal ini juga untuk mencegah kerupuk tercecer lalu mudah layu.

  • Pastikan tidak ada buah yang menempel

Sebagai pencuci mulut, biasanya di dalam nasi kotak sudah lengkap dihidangkan buah. Jenis buah yang dipilih layanan antar pesan nasi kotak di Jakarta biasanya pisang, salak, jeruk yang mudah dikupas dan dimakan.

Jika hendak meletakkan buah di atas makanan, alasilah terlebih dahulu dengan kertas minyak atau daun pisang. Hal ini untuk menjaga agar buah tidak menempel pada makanan. Selain lebih indah secara estetik, juga lebih higienis tentunya.

Tips Saat Hendak Pesan Nasi Kotak di Jakarta 

  • Menentukan wadah yang tepat

Wadah untuk nasi kotak memang banyak jenis bahan dan bentuknya. Tidak hanya kotak berbahan kardus namun pilihan lainnya dapat berupa sterofoam, kotak bento dari plastik, food container plastik, dan sebagainya.

Mengingat gerakan cinta bumi yang menekankan zero waste, ada baiknya memikirkan wadah yang dapat digunakan berkali-kali, atau yang mudah terurai. Misalnya penggunaan besek dari bambu, atau mengganti alas kertas minyak dengan menggunakan daun pisang.

Apa pun bentuk wadahnya, pastikan kotak mampu menyimpan makanan dengan baik, tidak mudah tumpah, atau tercampur. Ukurannya pun perlu diperhatikan agar tampak memuat isinya dengan pas, tidak terlalu besar atau kekecilan. Terakhir, pastikan wadah tersebut kedap udara agar makanan tidak cepat basi.

  • Tidak datang terlambat

Jika pesan nasi kotak di Jakarta box, pastikan mereka mengantarnya tepat waktu bahkan kurang lebih satu jam sebelum makanan dibagikan. Jangan sampai acara jadi molor hanya karena tamu undangan menunggu nasi yang akan dibagikan.

Apabila nasi kotak dibagikan pada tetangga dari rumah ke rumah, ada baiknya membagikan sebelum jam makan siang atau makan malam. Misalnya di jam 11 siang atau 5 sore. Sehingga pastinya akan lebih bermanfaat bagi si penerima karena belum melewatkan waktu makan mereka.

  • Bawalah dengan hati-hati

Pastikan kurir atau petugas yang mengantar nasi kotak sampai ke tempat tujuan dengan selamat. Mintalah mereka membawanya dengan sangat hati-hati agar tidak jatuh atau tumpah.

Ketika membagikan dalam jumlah banyak, tentu nasi akan ditumpuk. Untuk itu penting menjaga jumlah tumpukan agar tidak terlalu banyak sehingga tidak box tidak penyok dan mengacaukan isi di dalamnya.

Ada baiknya jika ada dana lebih dapat menyiapkan tas tenteng untuk wadah nasi kotak agar semakin menarik. Tas juga berguna agar nasi kotak bisa di bawa atau dihantarkan dengan aman dan nyaman sampai ke penerima.

Kiat Makanan Anti Basi

  • Menunggu masakan dingin

Tunggulah masakan yang akan di tata dalam box agar dingin terlebih dahulu. Dengan begitu makanan akan lebih gampang ditata dibanding saat suhu sedang panas.

Selain itu memasukkan makanan panas akan membuat masakan mengeluarkan embun. Tidak hanya buruk dipandang, tapi isi di dalamnya pun akan lebih cepat basi. Jadi pastikan semua menu sudah bersuhu ruang terlebih dahulu sebelum memasukkan ke dalam kotak lalu menutupnya.

  • Hindari menu berkuah

Menu berkuah seperti soto atau rawon sebaiknya dihindari sebagai pilihan masakan yang akan dimasukkan ke dalam menu nasi kotak. Kuah rawan tumpah dan mencemari makanan lain di sekitanya. Apalagi jika kotak yang digunakan berbahan kardus yang mudah hancur oleh cairan.

Selain itu menu kuah biasanya lebih nikmat jika tersaji panas-panas yang tentunya tidak mungkin dipenuhi oleh sebuah nasi kotak. Bagaimana pun nasi kotak biasanya sudah disiapkan beberapa jam sebelum dibagikan. Sehingga dipastikan sudah dalam keadaan dingin saat sampai ke penerima.

  • Coret santan dari list 

Santan memang mampu memberi rasa gurih pada masakan. Namun jika tidak diolah dengan benar dalam waktu yang lama sampai benar-benar mengental maka makanan ini sangat mudah basi. Hindari memilih menu berkuah santan seperti sayur lodeh yang dimasak dengan santan dalam waktu yang singkat.

Tidak hanya santan, kelapa parut pun sebaiknya dihindari karena mudah basi. Maka coret daftar menu seperti urap atau sayur bobor dari daftar. Jika tetap ingin memasukkan kelapa parut, ada baiknya digoreng kering terlebih dahulu agar menjadi serundeng. Hal ini lebih mampu membuatnya awet dan tidak basi.

Memilih makanan untuk pergelaran acara memang haruslah hati-hati agar lebih memuaskan para tamu undangan. Untunglah Anda bisa pesan nasi kotak di Jakarta dari jasa catering Royal Snack Box. Jasa catering kami menawarkan berbagai menu nasi kotak dari harga Rp33.000.

Tidak hanya itu, Anda bisa memesan nasi kotak custom dengan lauk pauk pilihan sendiri. Caranya dengan menghubungi kami di 0812 9043 2012 atau email ke order@royalsnackbox.com

5/5 - (9 votes)