Di beberapa daerah masih sering diadakan acara adat seperti kirap, selametan kenduri, dan yang lainnya. Pada beberapa acara adat tersebut menu makanan yang biasanya disajikan ialah nasi kuning atau nasi uduk. Dalam suatu perayaan ulang tahun, sebagian masyarakat biasanya juga kerap menyajikan nasi kuning berbentuk kerucut atau nasi tumpeng. Cara Membuat Tumpeng Ulang Tahun sangat mudah sehingga bisa dilakukan sendiri di rumah.

Cara Membuat Tumpeng Ulang Tahun

Meski secara garis besar Cara Membuat Tumpeng Ulang Tahun ini sangat mudah namun tak sedikit yang gagal dalam proses pembuatannya. Untuk membuat nasi tumpeng ulang tahun bahan yang dibutuhkan adalah beras ketan 100 gram yang direndam semalaman, Beras 1 liter, Santan 750 ml, Air matang 100 ml, Daun Jeruk 3 lembar, Daun Salam 2 lembar, Kunyit 1 ruas, Serai 1 batang, Air jeruk nipis 1 sendok makan, Garam secukupnya.

 
Cara membuat nasi tumpeng yakni cuci beras hingga bersih, tiriskan beras ketan dan Remas daun jeruk lalu memarkan serai. Parut kunyit, campur air 100 ml, peras. Siapkan panci, masukan santan, serai, daun jeruk, daun salam, garam, dan air kunyit lalu aduk. Cara Membuat Tumpeng Ulang Tahun selanjutnya masukan beras, rebus sambil diaduk sampai santan sedikit kering. Angkat beras. Selanjutnya kukus beras selama 35 menit. Tuangkan nasi ke wadah kerucut dan ditekan-tekan lalu angkat kerucut nasi perlahan. Lengkapi dengan lauk dan sayuran, nasi tumpeng siap disajikan. Namun ada cara yang lebih mudah dan praktis hanya di Royalsnackbox.com.