Payment

Snack Box

Tips Menyimpan Makanan Agar Tidak Cepat Basi – Sangat penting untuk diketahui bagaimana cara penyimpanan makanan agar kandungan di dalamnya masih tetap terjaga. Makanan memiliki waktu basi yang berbeda-beda tergantung bahan baku yang digunakan. Selain itu, cara penyimpanan juga memiliki pengaruh besar dalam mempercepat atau memperlambat proses basi suatu makanan. (Baca juga: Tips Agar Makanan Tidak Cepat Basi).

copyright by garzablancaresort.com

Makanan menjadi kebutuhan pokok bagi kehidupan manusia. Setiap jenis makanan memiliki waktu kadaluwarsa atau basi yang bervariasi tergantung dengan banyak hal, seperti bahan baku yang digunakan atau cara penyimpanannya. Berbeda makanan maka berbeda cara menyimpannya. Masih banyak orang yang melakukan kesalahan dalam menyimpan makanan sehingga makanan itu akan mudah basi. Berikut ini adalah beberapa cara menyimpan makanan agar tidak cepat basi:

  1. Jangan langsung menutup wadah ketika masih panas

Apabila makananmu masih panas, maka berikan sedikit ruang untuk uap panasnya keluar dari wadah sehingga jangan menutup wadah secara rapat. Tunggulah beberapa saat hingga makanan sudah tidak panas setelah dihangatkan. Jika sudah tidak ada uap yang keluar dari wadah maka kamu sudah bisa menutupnya dan letakkan pada tempat yang kering.

  1. Hangatkan makanan terlebih dulu

Sebelum disimpan, hangatkan makanan yang berkuah terlebih dulu. Pastikan, saat kamu menghangatkan atau memanaskannya, makanan sudah mendidih. Untuk makanan yang berbumbu kental maka tambahkan air sedikit untuk dipanaskan kemudian hangatkan hingga mengering.

  1. Jangan mengaduk/ menyentuh setelah dipanaskan

Jangan mengaduk atau menyentuh makanan yang sudah panaskan dan disimpan dalam wadah tertutup. Jika terpaksanya kamu harus menyentuhkan sendok, tangan atau mengaduk makanan setelah dipanaskan maka panaskan kembali makanan karena sentuhan dengan udara itu akan memudahkan makanan basi.

  1. Simpan dalam kulkas yang tidak berbau

copyright by amazon.com

Simpan makanan dalam mesin pendingin atau kulkas agar makanan bisa tahan lama dan tidak cepat basi. Tapi, pastikan jika kulkasmu tidak berbau karena hal ini juga dapat mempengaruhi makanan menjadi lebih mudah basi.

  1. Tutup wadah makanan dengan rapat

Simpanlah makanan pada tempat yang tertutup dan kedap udara agar tidak ada udara yang mauk dalam wadah sehingga dapat membawa kotoran dan akhirnya dapat mengontaminasi makanan untuk cepat basi. Namun, pastikan jika wadah ditutup setelah dingin.

  1. Simpanlah produk kering dalam kulkas

Beberapa produk yang bisa disimpan dalam kulkas adalah produk kering, seperti maizena, terigu, dan padi-padian. Hal ini dikarenakan jenis makanan yang tidak mudah basi ini cenderung akan didatangi serangga atau hama jika tidak disimpan di tempat yang aman, seperti kulkas.

  1. Simpan daging dalam freezer

copyright by thekitchn.com

Untuk daging, potong daging sesuai kebutuhan terlebih dahulu kemudian maukkan dalam wadah yang terpisah ke dalam freezer. Tapi, jangan terlalu sering mengeluarkan dan memasukkan daging karena daging akan cepat basi.

  1. Beberapa makanan tidak cocok disimpan dalam kulkas

Simpan makanan sesuai dengan temperatur yang seharusnya. Pada umumnya, kita menyimpan sayuran dan buah di dalam kulkas, tapi siapa sangka jika temperatur dingin justru dapat merusaknya, seperti tomat, jeruk dan labu.

  1. Pisahkan sayuran dengan buah

Simpan sayuran dan buah secara terpisah, seperti dalam kotak crisper di kulkas. Ada beberapa buah yang mengeluarkan gas ethylene yang menyebabkan sayuran lebih cepat matang sehingga kita harus memisahkan kedua makanan ini. Salah satu buah penghasil gas ini adalah apel.

  1. Aturlah suhu kulkas

Pada umumnya, makanan bisa bertahan lebih lama jika disimpan dalam suhu kamar yang normal. Oleh karena itu, ketika kamu ingin menyimpan makanan di dalam kulkas, jangan lupa untuk mengatur suhunya agar makanan tidak cepat basi.

copyright by youtube.com

  1. Simpan pisang dalam kulkas

Pisang menjadi salah satu buah yang mudah busuk sehingga kamu harus menyimpannya pada suhu kamar. Untuk lebih tahan lama, kamu bisa menyimpannya dalam kulkas. Meskipun kulitnya akan berubah warna menjadi cokelat tapi bagian dagingnya masih bagus.

  1. Gunakan kantung sayur khusus

Banyak orang yang sering lupa jika di dalam kulkas terdapat makanan yang masih dibungkus plastik. Padahal, plastik yang biasa mudah rusak ketika terus disimpan dalam kulkas.

  1. Gunakan vacuum sealer

Alat ini dapat digunakan untuk menyimpan makanan dalam wadah yang terjamin. Vacum sealer berguna untuk mengoongkan udara dalam wadah sehingga makanan terbungkus dengan rapi dan tidak terkontaminasi dengan udara atau kotoran.

copyright by amazon.com (2)

Setelah mengetahui berbagai tips di atas, maka kita harus memisahkan antara makanan yang satu dengan yang lainnya ketika ingin menyimpan. Salah satu penyebab utama mengapa makanan mudah basi karena terkontaminasi dengan udara luar. Oleh karena itu, simpanlah makanan dengan wadah yang tertutup rapat dengan ketentuan tips menyimpan makanan agar tidak cepat basi yang telah dijelaskan di atas.

Tips agar makanan tidak cepat basi perlu banget diketahui khususnya bagi para ibu-ibu. Dapat menyajikan berbagai masakan yang digemari oleh para anggota keluarga dengan penuh cinta merupakan kebanggaan tersendiri bagi seorang ibu. Lebih-lebih buat kamu yang memang punya hobi memasak. Cobain resep setiap hari dan ternyata berhasil membuat keluarga nyantap habis masakan pasti bikin bahagia tingkat dewa. Saking asyiknya masak, sering makanan di rumah menumpuk dan akhirnya dibuang karena basi. Sebenarnya ada lho tips-tips bikin makanan nggak cepat basi. Penasaran kan? Berikut ini ulasannya. (Baca juga: Cara Membuat Sambal Tidak Cepat Basi).

  1. Kalau udah gemar masak, jangan lupa juga buat angetin makanan dulu sebelum masuk wadah penyimpanan.

copyright by lelong.com

Setelah makan masih ada banyak sisa makanan, jangan buang makanan karena bisa mubazir dan pamali. Simpan makanan tersebut dengan cara yang bener. Hal pokok yang wajib dilakukan sebelum makanan disimpan adalah hangatkan dahulu makanan. Proses penghangatan bisa dilakukan dengan microwave, dikukus atau ditumis.

  1. Udara yang masuk ke dalam makanan bisa bikin makanan jadi cepat basi, untuk itu, simpan makanan dalam wadah kedap udara.

copyright by gudeg.net

Kalau udah selesai menyantap makanan bersama keluarga dan ternyata makanannya masih sisa, jangan dibuang. Apalagi kalau masakannya diolah pakai santan. Lupa sebentar aja membuat makanan ini cepat basi. Makanya, agar makanan bersantan tidak cepat basi, simpan makanan dalam wadah yang tertutup rapat dan kedap udara. Selain dapat menghalau udara luar masuk ke dalam makanan bersantan, menyimpan makanan dalam wadah kedap udara juga dapat meminimalisir kontaminasi kuman dan bakteri yang membuat makanan jadi cepat basi.

  1. Bener sih makanan disimpan dalam wadah kedap udara, tapi sebelumnya perhatikan dulu suhu makanannya ya!

copyright by lazada.co.id

Sebelum nyimpen makanan dalam wadah kedap udara, perhatiin suhu makanannya ya sis! Setelah dipanasi, tips menyimpan makanan agar tidak basi selanjutnya yaitu tunggu sejenak sampai suhu makanan nggak panas banget alias hangat suam kuku cenderung dingin. Barulah makanan dimasukin deh ke dalam wadah kedap udara yang tertutup rapat.

  1. Manfaatkan multifungsinya kulkas buat nyimpen makanan biar bisa tahan lama dan bisa dinikmati hari-hari ke depannya.

Kalau makanan udah masuk wadah kedap udara, segera deh simpan ke dalam kulkas atau lemari pendingin. Manfaatin fungsi kulkas sebagai tempat menyimpan makanan dan minuman agar lebih awet dan bisa untuk persediaan di kemudian hari. Kalau pengen makan, tinggal keluarin makanannya lalu hangat kembali sebentar, jadi deh. Nggak ribet kan, dan makanan juga nggak ada yang terbuang percuma. Inget, masih banyak banget orang di luar sana yang mengalami kesulitan buat makan. Jadi kamu semua wajib bersyukur dengan nggak nyia-nyiain makanan yang udah dimasak dengan susah payah.

copyright by plovea.wordpress.com

  1. Kalo udah disimpan, minimalisasi kontak langsung makanan sama tangan ya, dijamin nantinya bikin masakan lebih awet.

Cara agar makanan tidak cepat basi yang nggak kalah penting dan wajib dilakukan selanjutnya adalah sebisa mungkin masakan atau makanan yang udah diangetin dan siap ditempatkan dalam wadah jangan diaduk-aduk dengan sendok. Kalau mau aduk-aduk nggak apa-apa asalkan masih dalam proses pemanasan dengan api. Kalauapai udah dimatiin, jangan diaduk-aduk lagi. Segera tuang ke dalam wadah. Dan yang paling penting lagi, jangan sampai ada kontak kulit atau tangan sama makanan. Minyak dan kuman tak terlihat yang terdapat pada permukaan tangan atau kulit dapat dengan mudah terkontaminasi pada makanan. Makanan cepat basi pun tak terelakkan lagi.

  1. Jangan biarkan makanan disimpan di tempat terbuka karena bisa cepat basi dan mendatangkan serangga!

copyright by tokopedia.net

Yang wajib diingat lagi adalah jangan menyimpan makanan di luar ruangan atau di ruangan terbuka. Meskipun udah diangetin tapi kalau disimpan di ruangan terbuka justru akan membuat udara yang penuh dengan kuman serta bakteri datang menghampir. Selain itu, menyimpan makanan di ruangan terbuka juga dapat mengundang serangga dan juga hewan lain seperti lalat, semut, kecoa, cicak, bahkan tikus. Hal ini memiliki dampak buruk banget bagi kesehatan.

Keenam tips agar makanan tidak cepat basi di atas bisa diterapkan ke hampir semua jenis makanan. Selain bikin makanan bisa dinikmati beberapa hari, tips-tips di atas juga bikin makanan tetap terjaga kebersihan dan kesehatannya.

Cara membuat sambal tidak cepat basi bisa dengan mudah dilakukan agar sambal bisa dinikmati lagi nanti. Buat orang-orang Indonesia dari ujung Sabang sampai Merauke, sebagian besar pasti udah tahu sama yang namanya sambal. Ya, bahkan buat kamu yang suka pedes, makan tanpa sambal rasanya pasti kurang nikmat dan kurang ajib. (Baca juga: Tips Membuat Kue Lemper Lebih Tahan Lama).

  1. Biar sambal lebih tahan lama, sendok yang dipakai nggak boleh bekas sendok buat ngambil bahan makanan lain.

copyright by dapurnyasibohay.wordpress.com

Makan tanpa sambal seperti tidur tanpa guling. Begitu nampaknya arti sambal bagi banyak orang yang memang udah ketagihan sama sambal. Rasa pedas sambal nggak bikin kapok penikmatnya tapi justru bikin pecintanya semakin bertambah. Kini ada banyak banget varian sambal yang bisa ditemui dan dibikin sendiri di rumah. Nah, kalo kamu penggemar berat banget sambal dan seneng bikin sambal tapi suka murung karena baru dibikin pagi sore udah basi. Tips agar sambal tahan lama yang satu ini wajib banget kamu coba. Apa tipsnya? Jangan gunakan sendok yang sudah dipakai buat ambil bahan makanan lain untuk ambil sambal. Apalagi kalo sendok udah masuk mulut. Sediakan dan gunakan sendok khusus buat sambal saja. Dengan begitu, sambal akan bisa tahan lebih lama.

  1. Ternyata kalau sambal disimpan di tempat yang tepat bisa dinikmati sampai sebulan, kira-kira dimana ya?

copyright by tokopedia.net

Suka sebel rasanya kalau udah masak sambal susah-susah ditumis pula pakai minyak sampai matang tapi tetap saja gampang basi. Nah, ada nggak yang salah nih sama tempat nyimpannya. Karena meskipun udah ditumis kalau salah nyimpennya juga sama aja sambal nggak bisa dinikmati lagi besok-besoknya. Tempat nyimpen sambal yang tepat itu ditaruh di dalam wadah tertutup kemudian disimpan di dalam kulkas. Dijamin deh meskipun sudah sebulan, sambal tetap akan nikmat dikonsumsi dan rasanya tetap nggak berubah. Tapi ingat ya, nyimpannya di dalam wadah tertutup. Hal ini bertujuan supaya sambal nggak kemasukan udara dari luar.

  1. Kira-kira biar sambel bisa awet sampai besok halusinnya diuleg atau diblender?

copyright by resepmasakkan-indonesia.blogspot.com

Ada banyak cara ngolah sambal dari mulai ditumbuk atau diulek secara tradisional pakai cobek atau dihaluskan pakai belnder. Agar sambal tahan lama, ternyata teknik yang benar dilakukan adalah diuleg sama cobek. Hasil ulegan cobek sama hasil blenderan sangat jauh berbeda. Kalau diuleg, tekstur cabe, tomat dan bumbu lainnya masih khas dan aromanya masih alami tidak seperti sambal yang diblend, teksturnya justru akan sangat lembut dan aromanya juga berubah.

  1. Jangan salah pilih bahan ya, Pilih bahan-bahan berkualitas untuk rasa sambel nikmat dan juga bisa tahan lama.

copyright by cookingwithmamamiyuki.wordpress.com

Ternyata kualitas dan kebersihan bahan juga sangat mempengaruhi apakah sambal bisa tahan lama atau tidak. Pilih bahan-bahan yang berkualitas ya. Berkualitas disini nggak harus mahal, tapi menggunakan bahan-bahan yang fresh dan belum membusuk. Selain itu, kebersihan bahan juga harus diperhatikan. Dijamin deh sambal akan tahan lama buat dikonsumsi.

  1. Masak sambal sampai benar-benar matang dan keluarin minyak ya! Baru deh sambal bisa dinikmati sampai beberapa hari.

Banyak nih yang pada cari dan tanya resep sambal tahan lama. Hal ini karena suka saying ngeliat sambal yang udah susah-susah dibikin tapi akhirnya masuk ke tempat sampah karena nggak habis dan waktu mau dimakan udah basi. Cara bikin sambal tahan lama gampang kok. Kamu tinggal olah semua bahan yang hendak dibuat jadi sambal seperti dikukus, direbus atau digoreng. Percaya deh, bahan-bahan sambal yang diolah terlebih dahulu memudahkan kamu dalam mengulegnya. Setelah itu barulah bahan-bahan tersebut diuleg. Lalu tumis lagi sambal yang udah ditumbuk sampai benar-benar matang. Kalau perlu, tuangkan minyak yang masih panas ke dalam sambal. Dijamin deh sambal kamu bisa tahan untuk beberapa hari ke depan.

  1. Pakai perabotan yang steril dan bersih untuk bikin sambel tahan lama.

copyright by youtube.com

Nggak Cuma di dunia kedokteran aja yang perlu kesterilan dan kebersihan. Saat masak pun baik bahan maupun peralatan memasak haruslah bersih. Kebersihan peralatan masak juga dapat membuat sambal lebih tahan lama. Cucilah sampai bersih cobek dan ulegkan serta semua peralatan yang digunakan. Mengolah sambal dengan peralatan bersih dan steril membuat sambal menajdi lebih awet untuk dikonsumsi.

Nah, udah tau kan cara-cara membuat sambal tidak cepat basi. Gampang dilakuin kan? Buruan ambil bahan-bahan sambel di kulkas terus praktekkin dengan tips dan cara di atas. Pasti bikin sambel lebih mamamia lezatos dan sambal lebih awet.

Tips membuat kue lemper lebih tahan lama ternyata gampang diaplikasikan lho. Lemper pasti sudah nggak asing lagi di telinga kamu semua. Snack khas jajanan pasar ini dibuat dari nasi pulut atau beras ketan sebagai bahan dasarnya. Rasa yang disuguhkan nggak hanya bersumber dari ketan saja tapi juga terdapat kombinasi rasa isi lemper. (Baca juga: Tips Memanaskan Makanan agar Tidak Basi).

copyright by youtube.com

Sekarang ini sudah banyak kreasi yang dilakukan sehingga isis lemper nggak Cuma daging ayam atau sapi cincang dan abon melulu. Bisa juga pake abon ikan dan yang lainnya. Meskipun lemper dibuat dengan proses memasak yang panjang tapi bisa juga jadi cepet basi. Pengen tahu gimana caranya biar lemper buatan kamu nggak cepet basi? Ikuti tips-tips berikut deh.

  1. Tips basic-nya biar nggak cepet basi adalah ketan dan santan harus benar-benar matang banget.

copyright by tablewithoutborders.wordpress.com

Daripada beli lemper di pasar, mending bikin sendiri di rumah kalau punya ketan. Selain bisa nambah referensi resep makanan, keluarga juga bakalan puas nikmatin lemper bikinan sendiri. Udah tau kan kalau bikin lemper tuh bener-bener butuhin waktu karena wajib melalui beberapa tahap masaknya. Tips agar lemper tidak cepat basi yang paling utama ialah mastiin kalau santan yang digunakan buat campuran kukusan ketan harus benar-benar matang dan mendidih dalam waktu yang lama. Kematangan ketannya juga wajib diperhatikan biar lemper jadi endos rasanya dan nggak cepet basi. Berikut ini adalah langkah-langkah pengukusan ketan untuk membuat lemper yang benar:

  • Rebus santan yang benar-benar kental sampai mendidih dalam waktu yang lama.
  • Sementara itu, cuci beras ketan sampai bersih lalu kukus ketan dalam dandang, setelah kurang lebih 30 menit atau ketan setengah matang, angkat ketan ke dalam baskom.
  • Aron atau campur ketan dengan santan yang benar-benar sudah mendidih dalam waktu lama.
  • Setelah tercapur rata, kukus kembali ketan dalam dandang sampai matang. Barulah ketan siap diisi dan dibungkus.
  1. Sering banget lemper jadi nggak tahan lama karena isinya cepet basi, makanya olah isi lemper dengan benar juga nggak kalah penting.

copyright by wandaspazzer.wordpress.com

Sudah menjadi ciri khas lemper jika digigit pasti nemuin isi yang berupa daging ayam suwir atau abon. Nah, tips agar lemper tidak cepat basi adalah dengan mengolah isian ayamnya sampai kering. Kalau isi ayam diolah masih basah, ini pasti bikin lemper cepet basi. Beda kalau ayam diolah kering seperti ayam suwir kering atau abon pasti lemper akan awet 2 sampai 3 hari. Ketan yang sudah matang dikukus lama kemudian diangkat dan dibungkus ketika masih panas dengan daun pisang. Ambillah ketan kurang lebih dua sendok makan penuh lalu dibuat bulatan dan dipipihkan. Lalu isi dengan isi ayam suwir kering atau abon ayam baru dibuat bulatan kembali. Tahap terakhir adalah dibungkus dengan daun pisang dan dikait dengan lidi.

  1. Cara ngebukungkus juga pengaruh banget lho sama awet dan enggaknya lemper. Buat yang lagi pengen bikin perhatiin cara bungkus lemper yang bener berikut ni!

copyright by michaeltoa.blogspot.com

Ternyata membungkus lemper juga nggak bisa asal lho. Penganan tradisional yang udah ada sejak lama dan turun temurun ini dibungkus dengan cara khusus. Nggak semua orang bisa lho ngebungkus lemper dengan rapi. Bagi kamu yang belum pernah bikin lemper wajib banget buat belajar cara ngebungkus lemper. Ternyata membungkus lemper dengan benar adalah salah satu cara membuat kue lemper lebih tahan lama. Gimana caranya? Berikut ini nih langkah-langkahnya.

  • Siapkan daun pisang kluthuk sukun yang sudah disobek-sobek dan dilap bersih dengan kain. Jika ingin lebih ulet, jemur dahulu daun di bawah terik sinar matahari langsung selama kurang lebih 1 jam.
  • Siapkan juga pelepah pisang yang dipotong kira-kira 10-15 cm lalu dirapikan.
  • Jangan lupa potongan-potongan lidi yang sudah diruncing bagian ujung-ujungnya untuk pengait.
  • Bulatan-bulatan lemper yang sudah diisi dan siap bungkus disiapkan.
  • Ambil masing-masing helai daun pisang lalu bungkus satu bulatan lemper dengan cara daun digulung.
  • Jika sudah tergulung kencangkan dengan cara diputar dengan dua tangan.

    copyright by faridaaryo.blogspot.com

  • Setelah itu, padatkan lemper dengan memasukkan ujung pelepah pisang melalui lubang pada bungkusan lemper yang kanan dan kiri. Lakukan sambil ditekan agar lemper padat.
  • Baru lipat bagian samping kanan dan samping kiri disatukan pada masing-masing ujung lemper lalu dikait dengan lidi yang sudah diruncingkan.
  • Nah, supaya lemper bisa tahan lama, kaitkan lidi bener-bener di pangkal dekat dengan lemper. Kalau kaitan lidi jauh dengan lemper maka udara akan mudah masuk dan bikin lemper jadi lebih cepet basi.

Nah, demikianlah beberapa tips membuat kue lemper agar lebih tahan lama. Sebenarnya nggak susah-susah banget buat dipraktekkin. Yang penting tanak, padat dan dibungkus dengan kaitan lidi rapat. Selamat mencoba ya!

Tips Memanaskan Makanan Agar Tidak Basi – Makanan tidak selalu habis dalam sekali masak sehingga masih menyisakan beberapa porsi. Lantas, bagaimana jika kita ingin mengonsumsinya besuk? Apakah tidak basi? Beberapa makanan mudah mengalami basi yang ditandai dengan adanya lendir, bau tidak sedap dan rasa yang sudah berubah. (Baca juga: Ciri-Ciri Makanan yang Sudah Basi).

Kamu harus waspada dengan makanan yang sudah basi. Namun, sebenarnya kamu bisa mengatasi agar makanan itu tidak mudah basi, meskipun itu makanan kemarin. Ternyata, hal ini sering dilakukan oleh para ibu-ibu dalam memanaskan masakannya yang belum habis. Berikut ini adalah beberapa tips dalam memanaskan makanan yang masih sisa:

  1. Masaklah makanan seperti halnya kamu memasak pertama kali, seperti saat kam memanaskan ayam panggang kembali dengan oven agar kulitnya tetap renyah. Kamu juga bisa menumis sayuran dan pasta agar raanya tetap segar dan nikmat sama seperti pertama kali dimasak.
  2. Ketika kamu ingin memanaskan pasta maka tambahkan cairan sedikit, seperti saus tomat, krim atau air sesuai dengan cita rasa yang diinginkan. Kamu juga bisa menambahkan sedikit bumbu untuk melengkapi rasanya yang lezat.
  3. Microwave adalah salah satu alat yang sangat berguna dalam menaskan makanan dengan waktu yang singkat. Namun, kamu harus tahu beberapa hal sebelum menggunakan microwave tersebut. salah satu caranya adalah dengan memanaskan sebentar lalu aduk makanan, kemudian kamu bisa memanaskannya kembali. Kamu juga perlu memastikan bahwa suhu internal makanan hingga 73 derajat celcius untuk menghindari resiko keracunan yang berbahaya bagi kesehatan.

Cara Memanaskan Makanan Yang Benar

Setelah mengetahui beberapa tips memanaskan makanan, kemudian kamu harus mengetahui dan memahami makanan sebelum dipanaskan. Setiap makanan memiliki karaktersitik tertentu yang mempengaruhi seberapa tahan, cara memanaskan hingga ciri-ciri makanan yang basi. Makanan yang berbeda bisa mempengaruhi cara memanaskan yang berbeda pula. Berikut ini adalah beberapa makanan beserta cara memanaskan yang benar:

  1. Nasi putih

copyright by genesisgym.com.sg

Masukkan nasi ke wadah yang tertutup kemudian simpan di kulkas. Jika kamu ingin memakan nasi itu, maka panaskan terlebih dulu dalam mikrowave. Tapi sebelumnya kamu bisa meneteskan air pada nasi terlebih dulu. Selain itu, kamu juga bisa memasukkan nasi dalam panci dan memberikan sedikit air kemudian panaskan dengan api kecil. Kamu juga bisa mensiasati nasi kemarin dengan menggorengnya. Gunakan bumbu gulai, bumbu rendang, bumbu kari dan kamu bisa mengombinasikannya dengan bahan lain.

  1. Pizza

copyright by washingtonpolicy.org

Pizza tentunya lebih enak jika dikonsumsi dalam keadaan hangat karena jika sudah dingin maka teksturnya akan mengeras. Untuk itu, kamu bisa memanaskannya dengan cara yang benar agar tidak mengubah rasa. Gunakan microwave untuk memanaskannya. Pertama, letakkan pemanggang dengan lapisan alumunium foil ke dalam oven.

Kemudian panaskan suhu 230 derajat celcius hingga pizza terlalu panas saat disentuh. Setelah itu, taruh potongan pizza dalam alumunium foil itu dan panggang dengan waktu 10 menit. Pizza ini akan menghasilkan keju yang meletup-letup dan bagian pinggiran yang renyah. Kamu juga bisa memaskan pizza dengan kompor. Panaskan kuali atau pemanggang selama satu menit dengan api kecil. Lalu, letakkan di atasnya kemudian tutupi dan panaskan selama sekitar tiga menit.

  1. Ayam panggang

copyright by nyt.com

Jika kamu masih punya ayam panggang maka jagalah kelembabannya. Pertama, bungku ayam secara rapat dengan alumunium foil kemudian panaskan dalam oven bersuhu 176 derajat celcius 20 menit. Potong bagian dada dan pastikan jika pnasnya sudah merata.

  1. Kentang tumbuk

copyright by nyt.com

Kamu bisa menyimpan kentang tumbuk dalam mangkuk yang tahan panas lalu menutupnya dengan handuk kertas. Kemudian masukkan mangkuk itu ke dalam microwave. Panaskan dengan jarak 30 sampai 60 detik. Cara lain yang bisa dilakukan adalah membungkus kentang dengan alumunium foil dobel kemudian memasukkannya ke dalam air panas hingga kentang hangat. Kamu juga bisa menambahkan krim atau susu baru kemudian mengaduknya.

  1. Pasta dan saus

copyright by seriouseats.com

Pasta yang belum terkena saus mungkin lebih mudah untuk diawetkan dibanding pasta yang sudah terkena saus. Kamu dapat membungkusnya dengan alumunium foil kemudian memanggangnya dalam oven bersuhu 176 derjat celcius sekitar 20 menit.

Cara lain yang bisa kamu pilih adalah menghangatkan pasta ke dalam panci bergagang yang panasnya sedang atau agak rendah. Selain itu, kamu juga bisa memanaskan pasta dalam keadaan terbungkus dengan microwave.

Lakukan tiga cara di atas untuk mengetahui perbedaan hasilnya. Tapi, jika pasta belum terkena saus maka kamu bisa meletakkannya dalam saringan logam kemudian merendamnya ke dalam mangkuk air yang mendidih 30 menit hingga kehangatan dan tekstur pasta terlihat sesuai selera.

Itu dia beberapa tips memanaskan makanan agar tidak basi. Meskipun terdapat cara untuk mengatasi agar makanan tidak basi tappi jangan keseringan memanasinya karena kandungan makanan akan berubah dan bahkan bisa menjadi tidak baik untuk kesehatan.

Ciri-ciri makanan yang sudah basi harus dihindari agar tidak membahaykan tubuh bahkan sampai meracuni tubuh. Banyak bakteri atau jamur yang terdapat dalam makanan basi sehingga kamu perlu tahu bagaimana ciri-ciri makanan basi agar bisa menghindarinya. (Baca juga: Resep Membuat Pie Buah Yang Mudah).

Ketahui Bahaya Makanan Basi untuk Kesehatan

  1. Sakit perut
    Perut manusia dapat mengenali apakah makanan itu basi atau tidak. Ketika seseorang mengonsumsi makanan basi maka perutnya akan bereaksi, seperti mengalami diare.

    copyright by thesun.co.uk

  1. Mengalami muntah
    Reaksi perut yang cukup parah saat mengonsumsi banyak makanan basi adalah mual dan muntah. Makanan basi mengandung bakteri yang akan mengganggu proses pencernaan dalam perut sehingga saat kamu mengonsumsi makanan basi maka perut akan merasa tidak enak.
  1. Kepala pusing
    Saat kamu merasa sakit kepala atau pusing setelah mengonsumsi makanan maka jamu perlu waspada dan menelirik kembali apakah kamu sudah mengonsumsi makanan basi atau tidak.
  1. Keracunan
    Bahaya paling tinggi saat mengonsumsi makanan basi adalah mengalami keracunan. Dalam keracunan ini maka seseorang akan mengalami pusing, sakit perut hingga muntah-muntah. Biasanya, makanan yang mengalami keracunan adalah makanan yang sudah basi sejak lama sehingga bakteri yang terkandung sangat berbahaya.

Ciri-Ciri Makanan yang Sudah Basi

  1. Muncul bau tidak sedap dari makanan
    Makanan yang masih segar atau baru akan menimbulkan bau yang khas dan sedap. Berbeda jika makanan itu sudah lama tidak dimakan. Bayangkan saja saat Anda membiarkan suatu makanan dalam waktu tertentu maka lama-lama akan mengeluarkan bau tidak sedap atau bau busuk. Biasanya bau yang muncul cukup menyengat sehingga kamu bisa segera tahu apakah makanan itu basi atau tidak. Makanan yang sering mengeluarkan bau busuk saat basi adalah ikan
  1. Adanya jamur di makanan
    Ketika mendengar kata jamur maka jangan langsung membayangkan jamur-jamur yang berukuran besar itu. Pada umumnya, jamur yang muncul pada makanan basi berwarna hitam atau merah. Ukurannya pun sangat kecil. Munculnya jamur dikarenakan adanya sisa metabolisme bakteri pada makanan. Saat Anda melihat adanya jamur dalam makanan maka hindarilah makanan tersebut. Makanan yang sering terdapat jamur saat basi adalah kue, roti, dan lain sebagainya.

    copyright by unitefoodies.blogspot.com

  1. Adanya lendir dalam makanan
    Tidak semua makanan basi akan memunculkan lendir. Biasanya, makanan yang bisa mengeluarkan lendir dalam keadaan basi adalah makanan yang bersantan, seperti gulai ayam, kare dan opor ayam. Kandungan santan inilah yang menyebabkan makanan mudah basi dan mengeluarkan lendir ketika basi. Untuk itu, jauhi makanan yang berlendir karena itu akan berbahaya untuk kesehatan tubuh.
  1. Rasa makanan menjadi kecut atau asam
    Makanan yang sudah basi bisa juga ditandai dari perubahan rasanya. Biasanya, perubahan rasa ini terjadi pada lauk pauk. Masakan yang sudah lama tidak dimakan atau lama setelah dimasak maka rasanya bisa berubah dan rasa yang identik dengan makanan basi adalah rasa asam atau kecut.
  1. Warna makanan berubah
    Kamu juga bisa melihat makanan itu basi atau tidak dari perubahan warnanya. Makanan yang masih baru atau segar akan memiliki warna yang masih bagus dan segar pula. Beberapa makanan akan berubah warna menjadi pucat atau tidak cerah lagi setelah mengalami basi.

Tips Mengetahui Makanan Basi

copyright by amazonaws.com

  1. Steak
    Ciri-ciri steak yang sudah basi akan berubah warna menjadi abu-abu dan bau tengik.
  1. Ikan
    Hindari ikan yang berubah warna menjadi cokelat, abu-abu atau kuning. Meskipun perubahan warna hanya terjadi pada ujungnya, segeralah membuang bagian itu.
  1. Ayam
    Ayam yang basi akan memunculkan bau tidak sedap, seperti asam seperti amonia. Warnanya juga akan berubah serta menimbulkan lendir.
  1. Selada
    Selada yang sudah layu akan berubah warna menjadi kecoklatan.
  1. Telur
    Kamu bisa mengetahui apakah telur itu masih bagus atau tidak dari sedikit percobaan. Pertama masukkan telur ke dalam air kemudian lihatlah apakah mengambang atau tenggelam. Telur yang masih segar sebagian maka akan berposisi tidur di bagian bawah air.

    copyright by tqn.com

  1. Kentang
    Jika kentang sudah terasa lembek dan melesak saat ditekan maka buang saja kentang itu karena akan membahayakan kesehatan.
  1. Yogurt
    Yogurt yang basi terdapat jamur spora, tekstur kental dan adanya tambahan aroma yang tidak sedap.
  1. Cream cheese
    Cream yang basi akan berwarna hijau dan berjamur.

Makanan yang Sering Basi

  1. Telur
  2. Santan
  3. Daging mentah
  4. Yoghurt

Berhati-Hatilah dengan Makanan Basi

copyright by myblogofcheese..wordpress.com

Sering kita temui makanan yang harus dimasak berulang-ulang untuk mencegah basi. Namun, sebenarnya makanan yang terus dimasak berulang atau diawetkan tidak akan baik untuk kesehatan. Jika kamu menyimpan makanan dengan waktu yang cukup lama maka jangan langsung mengonsumsinya. Kamu bisa melihat dan memastikan terlebih dahulu agar makanan basi tidak masuk dalam tubuh. Mengingat banyaknya bahaya yang ditimbulan dari mengonsumsi makanan basi. Untuk itu, segera buang makanan yang sekiranya sudah mulai ada ciri-ciri makanan yang sudah basi.

Resep Membuat Pie Buah yang Mudah – Pie buah sering digunakan sebagai cemilan atau hidangan ketika ada tamu yang datang. Rasanya yang manis dengan tampilan menarik menjadi alasan mengapa pie buah disukai oleh banyak orang. (Baca juga: Resep Lapis Surabaya Yang Lembut).

1. Lucunya pie buah mini dengan vla yang lezat pasti membuat anak-anak jadi tertarik untuk mencicipinya.

copyright by catatan-nina.blogspot.com

Bahan kulit:

  • Mentega 63gram
  • Tepung terigu 125grm
  • Kuning telur 1butir
  • Gula halus 25gram

Bahan vla:

  • Kuning telur 2butir
  • Susu cair 250ml
  • Mentega 5gram
  • Gula pasir 50gram
  • Tepung maizena 15gram
  • Vanilla esens 1/2sdt

Bahan topping:

  • Buah kaleng atau buah-buahan segar

Bahan glaze: (campur dan aduk rata)

  • Agar-agar bening 1sdt
  • Gula pasir 1sdm

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan kulit dan uleni sampai kalis, gilas hingga tipis dan cetak dengan cetakan mini pie. Tusuk pada bagian bawah dengan garpu. Masukkan dalam oven 160 derajat celcius sampai matang sekitar 20 menit.
  2. Untuk vla, campurkan tepung maizena dengan susu, kuning telur dan vanilla. Aduk rata. Sisihkan.
  3. Rebus gula pasir bersama susu sampai mendidih. Tambahkan campuran maizena dan kuning telur. Aduk cepat. Setelah mendidih, angkat dan tambahkan mentega. Aduk. Sisihkan.
  4. Masukkan vla dalam kulit pie, hias dan oles glaze.

2. Siapa yang mau pie buah ukuran besar yang akan membuatmu kenyang setelah memakan semuanya, dijamin puas banget.

copyright by lifemadedelicious.ca

Bahan crust:

  • Mentega 150gram
  • Tepung terigu 250gram
  • Kuning telur 1butir
  • Gula halus 3sdm

Bahan filling:

  • Kuning telur 1butir
  • Skm 1sachet
  • Susu cair 250ml
  • Vanilli cair 1sdt
  • Tepung maizena 2sdm
  • Gula pasir 150gram
  • Jely ½sdt, larutan dalam 50ml air panas
  • Toping buah sesuai selera
  • Bahan lainnya secukupnya (lelehkan wcc)

Cara membuat:

  1. Crust, campur seluruh bahan hingga kalis dan rata. Simpan dalam kulkas 30 menit.
  2. Filling, panaskan skm, gula pasir dan susu dengan api kecil sampai mendidih. Setelah itu, masukkan campuran maizena dan kuning telur. Aduk rata. Tambahkan vanili cair. Aduk sampai mengental.
  3. Ratakan bahan crust ke dalam cetakan pie setelah diolesi margarin. Panggang sekitar 25 menit sampai matang. Biarkan dingin.
  4. Oles dengan wcc yang sudah dilelehkan. Masukkan bahan filling dan hias dengan buah-buahan seuai selera. Oles kembali dengan larutan jely.

3. Jangan takut pie buah dengan kombinasi cerry saja ternyata juga sudah nikmat banget loh, mudah lagi cara membuatnya.

copyright by keldasfoodaddiction.com

Bahan kulit:

  • Margarin 200gram
  • Gula halus 2sdm
  • Tepung terigu 300gram
  • Kuning telur 2butir

Bahan vla:

  • Gula pasir 40gram
  • Maizena 25gram
  • Susu cair 250ml
  • Margarin 25gram

Bahan siraman:

  • Gula pasir 2sdt
  • Agar-agar putih 1sdt
  • Air 100ml

Cara membuat:

  1. Kulit, campur gula, margarin dan tepung. Aduk sampai bergelindil. Masukkan kuning telur dan aduk rata. Padatkan.
  2. Cetak dalam cetakan yang sudah dioles minyak atau margarin tipis. Tusuk bagian bawahnya menggunakan garpu. Oven hingga matang.
  3. Vla, campurkan semua bahan lalu masak. Aduk rata sampai mendidih dan mengental.
  4. Siraman, campur semua bahan. Masak hingga mendidih.
  5. Ambil kulit pie kemudian isi dengan vla. Tambahkan buah cerry di atasnya lalu siram 1sdt bahan siraman.

4. Pie buah keju yang akan membuatmu ketagihan dengan rasa buah yang manis dan rasa keju yang gurih, asik loh perpaduan rasanya.

copyright by verbalgoldblog.com

Bahan crust:

  • Margarin beku 125gram
  • Keju parut 20gram
  • Gula halus 1sdm
  • Tepung terigu 250gram
  • Kuning telur 1butir

Bahan filling:

  • Kuning telur 1butir
  • Maizena 2sdm
  • Susu cair 250cc
  • Vanili bubuk 1/4sdt
  • Gula pasir 50gram

Bahan topping:

  • Agar-agar secukupnya
  • Buah-buahan sesuai selera

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan crust. Uleni sampai rata. Bulatkan dan tutup dengan plastik wrap. Diamkan sekitar 1 jam di kulkas.
  2. Rebus semua bahan filling hingga mendidih dan mengental dengan api yang kecil. Sisihkan.
  3. Giling adonan yang sudah disimpan dalam kulkas setebal 1cm. Cetak menggunakan cetakan pie. Tusuk dengan garpu pada bagian bawahnya.
  4. Masukkan dalam oven selama 20 menit dengan suhu 180serajat celcius.
  5. Isi kulit pie dengan filling lalu hiasi sesuka hati dengan potongan buah.

5. Pie buah khas Hongaria yang bisa kamu buat sendiri di rumah jadi tidak perlu jauh-jauh ke Hongaria untuk mencicipinya.

copyright by nadlers.com

Bahan kulit:

  • Kuning telur 2butir
  • Tepung terigu 400gram
  • Gula pasir 150gram
  • Lemak 200gram
  • Sour cream secukupnya
  • Baking powder 1bungkus
  • Garam sejumput

Bahan isi:

  • Gula
  • Kayu manis bubuk
  • Apel 1kg, kupas lalu parut

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan dan uleni
  2. Gilas hingga tipis lalu bagi menjadi dua
  3. Letakkan gilasan pertama ke loyang kemudian tabur dengan bahan isi secara merata. Tutup dengan gilasan kedua.
  4. Panggang sampai matang
  5. Taburi dengan bubuk gula di atasnya.

Itu dia beberapa resep membuat pie buah yang mudah dan enak yang bisa dijadikan salah satu masakan favorit untuk menemani waktu santai kamu bersama keluarga. Semua orang pasti kagum saat melihat masakanmu nanti.

Menu Snack Box Buka Puasa

Menu Snack Box Buka Puasa – Hari lebaran pastinya akan sangat ditunggu-tunggu oleh kaum Muslim, namun sebelum merayakan hari kemenangan itu kita masih harus menjalankan puasa selama sebulan penuh. Saat berbuka selama masa puasa, kita tidak boleh sembarangan memilih menunya, pastikan santapan yang dimakan adalah santapan yang menyehatkan, menyegarkan, mengenyangkan, dan tidak membuat lambung bekerja terlalu keras setelah seharian perut kosong. Berikut kami berikan tips memilih menu snack box buka puasa yang enak untuk Anda.

Kenapa menu snack box buka puasa?

Snack box bisa menjadi pembuka puasa yang baik sebelum Anda mengisi perut dengan makanan berat seperti nasi beserta lauk pauknya. Menu snack box biasanya disediakan dalam porsi kecil, sehingga tidak akan terlalu berat bagi perut sehabis puasa. Selain itu, Anda bisa memilih menu snack box yang manis dimana cocok untuk dimakan saat bukber. Apa saja menu snack box buka puasa enak dan murah meriah yang bisa Anda makan, ini dia tips menu snack yang dapat dipilih dan sangat pas:

  • Talam Pandan
  • Roti Coklat
  • Pie Buah
  • Pepe Betawi
  • Lapis Surabaya
  • Lapis Legit Gulung
  • Nagasari/ Kue Pisang
  • Bakpao Mini Ayam
  • Brownies Coklat
  • Cantik Manis
  • Pastel Ayam
  • Lemper Ayam
  • Kroket Ayam
  • Sosis Solo
  • Lapis Pelangi
  • Molen Pisang, dsb.

Itu tadi beberapa pilihan snack asyik yang bisa dihidangkan saat Anda buka bersama keluarga, teman, atau sahabat. Lalu, kenapa lebih baik memilih snack box? Berikut ini keuntungannya:

  1. Snack box lebih praktis untuk dibagikan
  2. Menu dalam snack box bervariasi dan semuanya enak
  3. Tampilan snack box menggugah selera makan selanjutnya
  4. Snack box bisa dibagikan ke berbagai macam event seperti event bukber di kantor, kampus, komunitas, panti asuhan, dll.
  5. Harganya murah dan terjangkau, namun sudah mendapat beberapa macam snack pilihan
  6. Bisa membeli dalam jumlah banyak tidak terbatas disesuaikan dengan tamu yang hadir

Itulah sebabnya kenapa snack box untuk acara buka bersama betul-betul direkomendasikan, selain karena memang rasanya yang dijamin pas di lidah setelah seharian berpuasa, makanan ringan seperti ini juga lebih menyehatkan daripada harus jajan makanan pinggir jalan yang tidak terjamin kesehatan serta higienisnya. Saat Anda ingin snack box, Anda bisa memesannya di jasa catering snack box terpercaya contohnya seperti Royal Snack Box.

Tentang Royal Snack Box

Jasa catering Royalsnackbox.com merupakan catering yang sudah lumayan berdiri dan menawarkan berbagai macam varian makanan snack untuk banyak event. Selama ini, jasa catering Royal tidak pernah mengecewakan pelanggan apalagi mereka yang memesan untuk menu buka bersama. Dan Anda pun juga bisa memesan paket menu snack box saat ingin berbuka puasa, Anda tidak perlu susah-susah datang ke lokasi karena tinggal mengirimkan order lewat e-mail ke order@royalsnackbox.com atau bisa juga melalui nomer kontak ke 0812.9043.2012 (WhatsApp/SMS/Telepon). Kami akan siap kapan saja mengerjakan pesanan snack dari Anda.

Untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya, ada penawaran menarik yaitu delivery order gratis biaya ongkir sehingga akan lebih menghemat biaya pengeluaranmu. Harga yang kami tawarkan juga sangat murah mulai dari 11 ribuan rupiah saja per paketnya dan Anda sudah bisa mendapatkan banyak pilihan snacks yang ada. Pesan menu snack box buka puasa sekarang juga dan icip snack-snack dari catering Royal Snack Box kami!

Resep Lapis Surabaya Yang Lembut – Praktekin resep lapis Surabaya yang lembut buat disuguhkan bagi keluarga tercinta Yuk! DIjamin semuanya pasti lahap menikmati karena ada macem-macem nih kombinasi dan variasi yang bisa dilakuin untuk jenis roti basah ini. Penasaran kan jadinya, yuk pelajari resepnya berikut ini. (Baca juga: Resep Membuat Risol Ayam yang Mudah).

1. Meskipun pakai 30 butir telur, tapi nggak usah cemas karena dijamin berhasil bikin lapis Surabaya klasiknya dengan resep berikut!

copyright by wulanskitchen.blogspot.com

Bahan A:

  • 140 gram margarin
  • 225 gram butter wysman

Bahan B:

  • 1 sdt vanili bubuk
  • 1 sdm SP
  • 30 kuning telur
  • 300 gram gula halus

Bahan C:

  • 40 gram susu bubuk putih
  • 110 fram terigu kunci

Bahan D:

  • 1 sdt coklat bubuk
  • 1 sdm pasta coklat
  • Selai stowberry secukupnya untuk olesan

Cara membuat:

  1. Kocok dengan mixer margarin dan butter wysman hingga mengembang dan berwarna putih, sisihkan.
  2. Dalam wadah lain kocok kuning telur, sp, vanili dan gula halus hingga kental dan mengembang.
  3. Cmpurkan adonan A dan adonan B kemudian aduk sampai rata dengan spatula.
  4. Masukkan bahan C sambil diayak sedikit demi sedikit, aduk rata dengan spatula. Lalu adonan dibagi tiga.
  5. Tambahkan coklat bubuk dan pasta coklat pada salah satu adonan, aduk rata.
  6. Tuangkan masing-masing adonan pada loyang kotak berukuranb 22 cm kemudian panggang pada oven bersuhu 170 derajat Celcius.
  7. Setelah matang, tinggal olesi selai strowbery pada permukaan atas lalu ketiganya ditumpuk. Jadi deh.

2. Bikin lapis Surabaya empuk selain dapet sanjungan keluarga juga mudah banget langkah-langkahnya, yuk dicoba membuatnya.

copyright by ceploktelor.blogspot.com

Bahan A:

  • ½ sdt perasa vanila
  • 1 butir telur
  • 14 butir kuning telur

Bahan B:

  • 2 sdm skm
  • 150 gram butter

Bahan C:

  • 5 gram maizena
  • 10 gram susu bubuk
  • 50 gram terigu

Bahan D:

  • ½ sdm pasta coklat
  • 3 sdm coklat bubuk

Cara membuat:

  1. Kocoklah bahan A dengan mixer berkecepatan tinggi sampai mengembang dan berjejak, sisihkan.
  2. Sementara di wadah lain, kocok bahan B dengan mixer sampai mengembang dan kaku.
  3. Kemudian campur adonan A dan adonan B dan aduk rata dengan spatula..
  4. Tambahkan bahan C sedikit demi sedikit sambil diayak, aduk rata dengan spatula. Bagi dua adonan.
  5. Tuang kedua adonan dalam dua loyang yang sudah dialasi margarin lalu panggang dalam oven selama 30 menitan.
  6. Lalu keluarkan dari loyang dan olesi dengan selai nanas, satukan. Kue lapis surabaya pun siap dipotong-potong dan disajikan.

3. Bikin lapis Surabaya ekonomis yang unik ini tetap lezat rasanya dan bisa dapet untung banyak kalo dijual lagi!

copyright by tradingflour.com

Bahan A:

  • ¼ sdt vanila bubuk
  • 1 sdm ovalet
  • 6 butir telur
  • 10 gram susu bubuk
  • 30 ml susu cair
  • 30 gr maizena
  • 80 gram terigu kunci
  • 100 gr gula pasir

Bahan B: (dicairkan dengan api kecil)

  • 30 gram coklat putih dipotong kecil
  • 120 gram butter

Pelengkap:

  • 2 sdm coklat bubuk
  • Selai blueberry secukupnya untuk olesan

Cara membuat:

  1. Kocoklah bahan A sampai mengembang, kental dan berwarna putih.
  2. Tuangkan bahan B jika sudah dingin ke dalam adonan A lalu aduk dengan spatula sampai rata.
  3. Bagilah adonan menjadi tiga bagian. Biarkan yang dua bagian original lalu yang satu bagian diberi coklat bubuk.
  4. Tuangkan masing-masing adonan ke dalam tiga loyang berbeda lalu panggang selama 30 menit.
  5. Setelah matang, keluarkan ketiga kue dan beri olesan blueberry lalu tempelkan ketiganya. Selesai deh! Mudah kan!

4. Cukup krusial sih karena butuh telur banyak tapi dengan resep cake Lapis Surabaya Matcha di bawah ini dijamin bikin ketagihan baik bikinnya atau nikmatinnya!

copyright by catatan-nina.blogspot.com

Bahan A:

  • 1 sdt gram
  • 1 sdt vanila bubuk
  • 24 butir telur
  • 200 gram gula halus

Bahan B:

  • 300 gram butter dikocok sampai fluffy

Bahan C: (lapisan matcha)

  • 1 sdm susu bubuk
  • 5 gram maizena
  • 15 gram matcha
  • 30 gram terigu

Bahan D: (lapisan original)

  • 1 sdm susu bubuk
  • 5 gram maizena
  • 45 gram terigu

Cara membuat:

  1. Kocok bahan A dengan mixer sampai mengembang, kental berjejak.
  2. Masukkan bahan B pada adonan A kemudian aduk rata dengan spatula lalu dibagi menjadi dua bagian sama rata.
  3. Masukkan bahan C pada adonan 1 sedikit demi sedikit lalu aduk dengan spatula.
  4. Masukkan bahan D pada adonan II dikit-dikit lalu aduk rata dengan spatula.
  5. Masukkan masing-masing adonan ke dalam dua loyang berbeda yang sudah diolesi mentega, panggang selama 30 menit dengan api lecil.
  6. Setelah matang, keluarkan dari loyang lalu olesi masing-masing kue dengan selai bluberry, satukan dan taraaa.. kue lapis surabaya matcha-nya sudah siap disajikan.

5. Biar ada sensasi asem-asem buah yang nyegerin, lapis Surabaya bisa juga dikombinasiin dengan nutrisari! Simpel lagi cara bikinnya!

copyright by reginasbakery.net

Bahan:

  • ½ sdt sp
  • ½ sdt vanili bubuk
  • 1 sdm maizena
  • 1 sdm susu bubuk
  • 1 sdm skm
  • 1 bungkus nutrisari rasa jeruk
  • 5 butir kuning telur
  • 20 gr terigu
  • 40 gr gula pasir
  • 60 gr margarin

Cara membuat:

  1. Siapkan loyang persegi panjang dan olesi dengan margarin.
  2. Kocoklah dengan mixer margarin, skm dan nutrisari hingga mengembang, sisihkan.
  3. Kocok dengan mixer gula dan kuning telur sampai kaku dan putih lalu tambahkan sp dan kocok lagi sampai mengembang.
  4. Kemudian tambahkan vanili, maizena, terigu dan susu bubuk dikit-dikit sambil diaduk merata.
  5. Campur adonan dengan adonan margarin dan nutrisari sebelumnya, aduk dengan spatula saja sampai rata. Bagi adonan jadi 3 bagian.
  6. Salah satu adonan dicampur dengan pasta coklat .
  7. Panggang ketiga adonan dalam oven dengan api sedang.
  8. Setelah matang, olesi selai pada masing-masing kue lalu tumpuk dan rekatkan.
  9. Pada bagian paling atas tambahkan butter cream untuk mempercantik kue lapis su

Simpel dan menarik bukan beberapa resep lapis Surabaya yang lembut di atas. Kini tinggal segera praktekkin dan rasakan kelezatannya bersama dengan keluarga tercinta, dijamin semua pasti menikmatinya.

Resep membuat Risol ayam yang mudah – Risol adalah salah satu makanan ringan yang disukai oleh banyak orang karena dapat dibuat dengan berbagai isian sesuai selera. Berikut adalah beberapa resep membuat risol yang lezat. (Baca juga: Membuat Kue Lupis yang Enak).

1. Untuk yang suka dengan wortel yuk coba resep risol ayam wortel lezat dan penuh dengan vitamin A ini.

copyright by dheasyaja.wordpress.com

Bahan kulit:

  • Skm 1sachet
  • Tepung terigu 250gram
  • Margarin cair 1sdm
  • Tepung maizena 2sdm
  • Garam 1/2sdt
  • Telur 2butir (pecah saat dibentuk)

Bahan isi:

  • Wortel 2buah
  • Ayam giling 300gram
  • Kentang 2buah
  • Bawang bombay 1buah
  • Seledri 1batang
  • Daun bawang 1batang
  • Pala bubuk ½sdt
  • Merica bubuk ½sdt
  • Gula 1sdm
  • Tepung terigu 3sdm
  • Garam secukupnya
  • Kaldu ayam 1sdt

Lapisan:

  • Tepung roti 1bungkus
  • Telur 2butir

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan kulit menjadi satu. Aduk rata. Tuangkan air matang secukupnya.
  2. Tuang adonan pada teflon yang sudah dipanaskan hingga membentuk seperti telur dadar.
  3. Potong dadu kecil-kecil kentang dan wortel.
  4. Cacah bawang bombay, tumis ampai wangi, masukkan ayam giling sambil diorak arik, lalu kentang, seledri, daun bawang dan wortel. Aduk rata. Tambah pala, gula, merica, kaldu ayam dan garam. Aduk 5 menit. Tuang terigu yang sudah larut. Aduk rata.
  5. Isikan bahan tersebut ke dalam kulit risol. Celupkan ke telur lalu gulung dengan tepung roti.
  6. Goreng hingga kecoklatan.

2. Mau yang rasanya gurih? Coba saja resep Risol ayam keju yang praktis dan mudah dibuat ini.

copyright by tokopedia.net

Bahan kulit:

  • Tepung terigu 250gram
  • Telur ayam 1butir
  • Garam ½ tsp
  • Susu bubuk 10gram
  • Minyak goreng 1tbsp
  • Air 600ml
  • Margarin leleh 1tbsp

Bahan isi:

  • Ayam cincang 250gram
  • Bawang putih 2siung, parut
  • Bawang bombay 1buah, iris halus
  • Susu cair 300ml
  • Margarin 2tbsp
  • Air 50ml
  • Tepung terigu 50gram
  • Keju parut 50gram
  • Garam, gula, merica secukupnya

Bahan baluran:

  • Terigu 1sdm
  • Susu cair 100ml
  • Tepung panir 250gram

Bahan lem:

  • Air 1sdm
  • Tepung terigu 2sdm

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan kulit. tuang adonan secukupnya ke dalam teflon yang sudah dioles mayonaise.
  2. Tumis bawang putih dan bawang bombay. Masukkan ayam cincang. Tambahkan susu cair dan tepung. Aduk. Tuang air dan bumbu-bumbu. Masak sampai air menyusut.
  3. Isi kulit dengan bahan isian. Gulung. Masukkan ke telur lalu tepung panir. Goreng.

3. Nikmatnya risol ayam pedas jagung mayo kesukaan anak muda, dijamin semua akan bersemangat menikmatinya.

copyright by ciciphasildapurku.blogspot.com

Bahan:

  • Tepung terigu 100gram
  • Telur 3butir
  • Dada ayam 1buah
  • Margarin 1sdm, lelehkan
  • Susu cair plain 250ml
  • Garam 1sdt
  • Minyak goreng 2sdm
  • Cabai oranye 1buah
  • Saus sambal 1sdm
  • Mayonaise 4sdm
  • Jagung manis 1benggol
  • Air 150ml
  • Tepung panir dan lada secukupnya

Cara membuat:

  1. Campur 1 telur, tepung, mentega, susu cair dan air. Tuang adonan pada teflon. Bentuk seperti telur dadar.
  2. Rebus dada ayam dengan garam dan jahe. Suwir ayam dan tumis bersama garam, cabai oranye, lada dan cacahan bawang putih.
  3. Rebus jagung manis dengan saus sambal dan mayonaise.
  4. Isi kulit dengan jagung dan suwiran ayam. Gulung. Masukkan ke dalam telur lalu tepung panir. Goreng.

4. Risoles isi ayam telur sosis, teman yang pas di sore hari untuk disajikan bersama dengan teh hangat.

copyright by ibunyasalma.blogspot.com

Bahan:

  • Ayam ¼ potong dadu
  • Bawang putih 3siung
  • Bawang merah 4siung
  • Bawang bombay 1/2 buah
  • Wortel serut ¼
  • Gula
  • Daun seledri
  • Sosis
  • Garam
  • Telu
  • Tepung panir
  • Mayones

Cara membuat:

  1. Tumis semua bahan setelah dicincang.
  2. Masukkan ayam dan wortel, tambah gula, peyedap, merica, garam, seledri, penyedap.
  3. Cetak adonan kulit pada teflon. Masukkan irisan telur, wortel, irisan sosis, mayones. Gulung.
  4. Siapkan wadah, campurkan air 1sdm, minyak 1sdm dan telur 2butir.
  5. Masukkan gulungan tadi ke dalam campuran telur lalu ke tepung roti. Goreng.

5. Citarasa risoles ayam kari yang lezatnya tiada dua ini pasti membuat kamu tidak bisa berhenti menikmatinya.

copyright by ocafe.wordpress.com

Bahan kulit:

  • Telur 3butir
  • Tepung terigu 300gram
  • Margarin cair 2sdm
  • Susu cair 600ml
  • Garam secukupnya

Bahan isi:

  • Wortel 1buah, potong dadu, rebus
  • Kentang 2buah, potong dadu, rebus
  • Daging ayam cincang 200gram
  • Bawang merah 4siung, cincang
  • Bawang putih 2siung, cincang
  • Susu cair 100ml
  • Bubuk kari 1,5sdt
  • Daun bawang 1batang, iris halus
  • Maizena 1sdm
  • Garam, gula, merica secukupnya

Pencelup:

  • Telur
  • Tepung roti secukupnya

Cara membuat:

  1. Masukkan semua bahan kulit. Aduk rata. Tuang pada teflon.
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih. Masukkan ayam cincang. Tambah air, wortel dan kentang. Aduk rata. Masukkan merica bubuk, kari bubuk, gula pasir, dan garam. Aduk rata. Tambahkan daun bawang, maizena lalu susu sampai dan masak sampai mengental.
  3. Isi kulit dengan bahan isian. Gulung. Masukkan ke dalam telur lalu tepung roti. Goreng.

Itu dia beberapa resep membuat risol ayam yang mudah dan lezat membuat kita menjadi bersemangat dalam memasak makanan ini sendiri di rumah. Sajikan untuk semua anggota keluarga ya.