Tips membuat kue lemper lebih tahan lama ternyata gampang diaplikasikan lho. Lemper pasti sudah nggak asing lagi di telinga kamu semua. Snack khas jajanan pasar ini dibuat dari nasi pulut atau beras ketan sebagai bahan dasarnya. Rasa yang disuguhkan nggak hanya bersumber dari ketan saja tapi juga terdapat kombinasi rasa isi lemper. (Baca juga: Tips Memanaskan Makanan agar Tidak Basi).

copyright by youtube.com

Sekarang ini sudah banyak kreasi yang dilakukan sehingga isis lemper nggak Cuma daging ayam atau sapi cincang dan abon melulu. Bisa juga pake abon ikan dan yang lainnya. Meskipun lemper dibuat dengan proses memasak yang panjang tapi bisa juga jadi cepet basi. Pengen tahu gimana caranya biar lemper buatan kamu nggak cepet basi? Ikuti tips-tips berikut deh.

  1. Tips basic-nya biar nggak cepet basi adalah ketan dan santan harus benar-benar matang banget.

copyright by tablewithoutborders.wordpress.com

Daripada beli lemper di pasar, mending bikin sendiri di rumah kalau punya ketan. Selain bisa nambah referensi resep makanan, keluarga juga bakalan puas nikmatin lemper bikinan sendiri. Udah tau kan kalau bikin lemper tuh bener-bener butuhin waktu karena wajib melalui beberapa tahap masaknya. Tips agar lemper tidak cepat basi yang paling utama ialah mastiin kalau santan yang digunakan buat campuran kukusan ketan harus benar-benar matang dan mendidih dalam waktu yang lama. Kematangan ketannya juga wajib diperhatikan biar lemper jadi endos rasanya dan nggak cepet basi. Berikut ini adalah langkah-langkah pengukusan ketan untuk membuat lemper yang benar:

  • Rebus santan yang benar-benar kental sampai mendidih dalam waktu yang lama.
  • Sementara itu, cuci beras ketan sampai bersih lalu kukus ketan dalam dandang, setelah kurang lebih 30 menit atau ketan setengah matang, angkat ketan ke dalam baskom.
  • Aron atau campur ketan dengan santan yang benar-benar sudah mendidih dalam waktu lama.
  • Setelah tercapur rata, kukus kembali ketan dalam dandang sampai matang. Barulah ketan siap diisi dan dibungkus.
  1. Sering banget lemper jadi nggak tahan lama karena isinya cepet basi, makanya olah isi lemper dengan benar juga nggak kalah penting.

copyright by wandaspazzer.wordpress.com

Sudah menjadi ciri khas lemper jika digigit pasti nemuin isi yang berupa daging ayam suwir atau abon. Nah, tips agar lemper tidak cepat basi adalah dengan mengolah isian ayamnya sampai kering. Kalau isi ayam diolah masih basah, ini pasti bikin lemper cepet basi. Beda kalau ayam diolah kering seperti ayam suwir kering atau abon pasti lemper akan awet 2 sampai 3 hari. Ketan yang sudah matang dikukus lama kemudian diangkat dan dibungkus ketika masih panas dengan daun pisang. Ambillah ketan kurang lebih dua sendok makan penuh lalu dibuat bulatan dan dipipihkan. Lalu isi dengan isi ayam suwir kering atau abon ayam baru dibuat bulatan kembali. Tahap terakhir adalah dibungkus dengan daun pisang dan dikait dengan lidi.

  1. Cara ngebukungkus juga pengaruh banget lho sama awet dan enggaknya lemper. Buat yang lagi pengen bikin perhatiin cara bungkus lemper yang bener berikut ni!

copyright by michaeltoa.blogspot.com

Ternyata membungkus lemper juga nggak bisa asal lho. Penganan tradisional yang udah ada sejak lama dan turun temurun ini dibungkus dengan cara khusus. Nggak semua orang bisa lho ngebungkus lemper dengan rapi. Bagi kamu yang belum pernah bikin lemper wajib banget buat belajar cara ngebungkus lemper. Ternyata membungkus lemper dengan benar adalah salah satu cara membuat kue lemper lebih tahan lama. Gimana caranya? Berikut ini nih langkah-langkahnya.

  • Siapkan daun pisang kluthuk sukun yang sudah disobek-sobek dan dilap bersih dengan kain. Jika ingin lebih ulet, jemur dahulu daun di bawah terik sinar matahari langsung selama kurang lebih 1 jam.
  • Siapkan juga pelepah pisang yang dipotong kira-kira 10-15 cm lalu dirapikan.
  • Jangan lupa potongan-potongan lidi yang sudah diruncing bagian ujung-ujungnya untuk pengait.
  • Bulatan-bulatan lemper yang sudah diisi dan siap bungkus disiapkan.
  • Ambil masing-masing helai daun pisang lalu bungkus satu bulatan lemper dengan cara daun digulung.
  • Jika sudah tergulung kencangkan dengan cara diputar dengan dua tangan.

    copyright by faridaaryo.blogspot.com

  • Setelah itu, padatkan lemper dengan memasukkan ujung pelepah pisang melalui lubang pada bungkusan lemper yang kanan dan kiri. Lakukan sambil ditekan agar lemper padat.
  • Baru lipat bagian samping kanan dan samping kiri disatukan pada masing-masing ujung lemper lalu dikait dengan lidi yang sudah diruncingkan.
  • Nah, supaya lemper bisa tahan lama, kaitkan lidi bener-bener di pangkal dekat dengan lemper. Kalau kaitan lidi jauh dengan lemper maka udara akan mudah masuk dan bikin lemper jadi lebih cepet basi.

Nah, demikianlah beberapa tips membuat kue lemper agar lebih tahan lama. Sebenarnya nggak susah-susah banget buat dipraktekkin. Yang penting tanak, padat dan dibungkus dengan kaitan lidi rapat. Selamat mencoba ya!