Cara Membuat Bakpao Mini Ayam yang Lezat – Pagi-pagi nongkrong depan rumah Cuma buat ngehadang tukang bakpao keliling karena pengen sarapan sama bakpao ayam. Jengkelnya, si tukang bakpao nggak dateng, daripada nggerutu terus mending praktekkin cara membuat bakpao mini ayam yang lezat aja di rumah. Dijamin rasanya nggak kalah sama bakpao-bakpao di pasaran. (Baca juga: Cara Membuat Onde-onde yang Mudah)

1. Teksturnya yang empuk dan rasanya yang nggigit dalam resep bakpao mini ayam ini bisa kamu bisa ngalahin abang-abang bakpao!

copyright by youtube.com

Bahan:

  • ½ sdt baking soda
  • 1 butir telur
  • 1 sdm margarin
  • 1 sdm susu bubuk
  • 1 ½ sdt fermipan
  • 2 sdm gula halus
  • 6 sdm terigu
  • 75 ml air

Isi:

  • ¼ sdt garam
  • ½ sdm gula paisr
  • 1 sdm kecap
  • 1 sdm saus teriyaki
  • 1 siung bawang putih dicincang
  • 1 batang daun bawang diiris halus
  • 100 gr ayam direbus kemudian disuwir-suwir

Cara membuat:

  1. Kulit: campur semua bahan seperti terigu, fermipan, susu bubuk, gula halus, telur sambil diuleni, masukkan air dikit-dikit, lalu masukin margarin terus diuleni sampai kalis. Tutup pakai serbet bersih dan diamkan selama 30 menit.
  2. Panasin dandang yang ditutup pakai tutup dilapisi kain.
  3. Isi: tumis bawang putih lalu masukkan suwiran ayam. Bubuhkan garam, gula, kecap dan saus teriyaki lalu aduk rata. Masukkan irisan daun bawang tunggu sebentar dan angkat.
  4. Ambil 1 sdm adonan kulit, bentuk bulat dan pipihkan barulah diisi dengan bahan isi. Taruh di atas baki yang sudah dialasi daun pisang. Lakukan sampai habis.
  5. Diamkan adonan selama 20 menit.
  6. Setelah itu, barulah dikukus selama 10 menit, angkat dan sajikan hangat-hangat.

2. Imut dan lezat dan pastinya bikin gemes mini bakpao isi ayam saus tomat yang simple dibikin dan cocok banget buat bekal

copyright by sajiansedap.com

Bahan kulit:

  • ½ sdt garam
  • ½ sdt baking powder
  • 1 butir telur
  • 11 gr fermipan
  • 50 gr gula pasir
  • 50 gr margarin
  • 125 cc air
  • 500 gr terigu

Isi:

  • 1 sdt kaldu ayam bubuk
  • 1 sdm biji wijen
  • 2 sdm gula palem
  • 2 sdm minyak untuk numis
  • 3 siung bawang putih dicincang halus
  • 6 sdm saus tomat
  • 50 ml air
  • 74 gr bawang bombai dicincang
  • 250 gr dada ayam direbus lalu dicincang

Cara membuat:

  1. Kulit: masukkan semua bahan dalam satu wadah lalu diuleni sampai kalis. Diamkan selama 1 jam dengan posisi tertutup kain bersih.
  2. Isian: tumis bawang putih dan bawang bombai lalu masukin ayam cincang, aduk rata. Bubuhkan garam, kaldu ayam, saus tomat dan air, aduk rata dan masak sampai air surut dan bumbu meresap. Angkat, angin-anginkan.
  3. Ambil 1 sdm adonan kulit, bikin bulatan lalu pipihkan dan isi dengan bahan isi kembali bikin bulatan. Taruhlah di atas loyang yang sudah dialasi kertas roti. Lakukan sampai habis.
  4. Taburkan wijen pada masing-masing permukaan. Diamkan dulu selama 20 menit.
  5. Barulah dikukus selama 15 menit, angkat dan siap deh dinikmati.

3. Buat kamu yang suka jamur dan suka bakpao, bisa nih bikin perpaduan bakpao isi ayam jamur yang yummy banget!

copyright by sajiansedap.com

Bahan:

  • ½ sdt baking powder
  • 1 sdt garam
  • 2 butir putih telur
  • 11 gr fermipan
  • 100 gr gula pasir
  • 150 gr tepung tan mien
  • 150 ml air es
  • 500 gr terigu
  • Buat isian, bikin aja tumis ayam jamur

Cara membuat:

  1. Aduk dengan mixer kecepatan rendah terigu, tepung tan mien, baking powder, garam dan gula. Setelah tercampur rata, masukkan fermipan.
  2. Tambahkan putih telur dan air sedikit demi sedikit, baru mentega, tambah kecepatan dan aduk sampai adonan jadi kalis.
  3. Bikin adonan jadi bulatan besar dan diamkan selama 1 jam, ditutup sama kain bersih.
  4. Bikin adonan jadi bulat-bulat kurang lebih 60 gr lalu pipihkan dan masukkan isiannya. Lakukan sampai adonan habis.
  5. Kalo udah ditata dan siap kukus, diemin dulu 30 menit.
  6. Baru kukus bakpao selama 10-15 menit tanpa buka. Angkat dan sajikan.

4. Kombinasi bakpao nggak ada matinya! Bakpao isi jamur dan sosis ayam gampang banget dibikin dan rasanya super enak!

opyright by cinta-dapur.blogspot.com

Bahan Kulit:

  • 1 sdm susu bubuk
  • 2 sdm mentega
  • 5 gram ragi instan
  • 7 sdm terigu
  • Air es secukupnya

Isian:

  • sosis
  • jamur
  • kecap
  • saus tiram

Cara membuat:

  1. Kulit: campur semua bahan kulit lalu uleni sampai kalis, diemin 1 jam ditutup sama kain bersih.
  2. Untuk isi: tumis sosis dan jamur dengan bumbu kecap dan saus tiram
  3. Setelah 1 jam, ambil adonan kulit bikin bulatan dan pipihkan lalu diisi dengan bahan isian, bikin bulatan lagi. Diamkan 30 menit.
  4. Kukus selama 10 menit tanpa buka, dan jadi deh bakpaonya!

5. Bakpao ayam kecap simple dan enak banget cocok buat bekal atau camilan buah hati kesayangan lho!

copyright by sajiansedap.com

Bahan kulit:

  • 1 sdt baking powder
  • 1 butir putih telur
  • ½ sdt garam
  • 6 gram fermipan
  • 30 gr mentega
  • 30 gr maizena
  • 50 gr gula halus
  • 150 cc air es
  • 300 gr terigu

Isian:

  • daging ayam suwir
  • lada
  • kecap
  • garam

Cara mengolah:

  • Isian: tumis daging ayam suwir dibumbui lada, garam, bawang putih dan kecap
  • Kulit: campur semua bahan kulit kecuali air es, setelah semua rata tercampur, masukkan air es sedikit demi sedikit, aduk rata lagi sampai kalis. Diamkan selama 1-2 jam.
  • Ambil 1 sdm penuh adonan kulit lalu dipipihkan, isi dengan tumis ayam dan bikin bulatan. Lakukan sampai habis. Diemin lagi adonan 30 menit.
  • Kukus bakpao selama 10 menitan tanpa dibuka. Setelah matang langsung sajikan.

Bikin bakpao ayam lezat dengan banyak variasi ternyata gampang banget kan? Buruan gih dicoba cara membuat bakpao mini ayam yang lezat di atas!