GRATIS PENGIRIMAN

Cara Membuat Nasi Telur Viral

Cara Membuat Nasi Telur Viral – Nasi dengan telur memang menjadi hidangan yang khas. Bahkan nasi telur ini akan sangat nikmat bila Anda sajikan dengan nasi hangat. Nasi dengan lauk telur bisa menjadi salah satu solusi untuk Anda yang bingung ingin memasak apa atau ingin makan dengan lauk apa. Untuk itu berikut adalah resep yang bisa Anda gunakan atau lakukan jika bosan dengan telur ceplok biasanya.

Cara Membuat Nasi Telur Viral

Cara Membuat Nasi Telur Viral Enak Di Rumah

  • Nasi telur dengan kecap asin

Yang perlu Anda persiapkan adalah bahan-bahan yang dibutuhkan seperti berikut:

  • 1 dengan ukuran yang besar atau bisa menggunakan dua butir telur ayam
  • Minyak untuk memasak secukupnya
  • Lada secukupnya
  • 2 bawang putih yang sudah dicincang kasar
  • 2 sendok makan nasi putih
  • ½ sendok teh kecap manis
  • ½ sendok teh kecap asin dan ½ daun bawang bagian hijaunya dan sudah dicincang

Cara membuat:

  • Langkah pertama adalah dengan panaskan minyak secukupnya dan masukkan bawang putih yang sudah dicincang kasar tersebut. Tumis hingga aromanya berubah menjadi harum dan warnanya juga berubah menjadi kecokelatan. Hati-hati jangan sampai gosong.
  • Selain bawang putih, daun bawang juga ditumis menjadi satu dengan bawang putih hingga sedikit berubah warna. Jika sudah harum, Anda bisa mengecilkan apinya.
  • Masukkan telur yang tidak dikocok. Lebih baik memang telurnya tidak dikocok karena inilah ciri khas dari nasi telur yang viral tersebut.
  • Setelah beberapa saat, masukkan kecap manis, kecap asin dan juga lada. Anda tidak perlu lagi menambahkan gula dan garam karena sudah menggunakan kecap asin dan kecap manis. Masak telur tersebut sampai putih telurnya matang.
  • Setelah matang Anda bisa menuangkannya di atas nasi yang masih hangat. Cara membuat nasi telur viral enak juga ada yang menggunakan minyak sedikit lebih banyak. Tujuannya agar pinggiran telur bisa sedikit kering.
  • Ada juga yang menambahkan sedikit air kaldu untuk cita rasanya yang lebih gurih.
  • Jika Anda ingin cita rasanya sedikit pedas maka bisa menambahkan cabai yang sudah dicincang kasar. Cabai tersebut bisa Anda tumis dengan bawang putih sebentar untuk mengeluarkan rasa pedasnya.

  • Nasi campur telur

  • Pertama adalah dengan menyiapkan bahan yang digunakan. Bahan tersebut adalah nasi, telur ayam secukupnya, sosis, daun bawang, mentega, kecap asin, merica, saus tiram, dan minyak wijen.
  • Cara memasaknya adalah dengan mengiris sosis dan juga daun seledri. Pecahkan telur dan campur dengan nasi hangat yang tadi sudah disiapkan. Campur keduanya hingga menjadi seperti bubur.
  • Kemudian panaskan wajan dengan sedikit mentega. Tumis sosis selama beberapa saat hingga warnanya sedikit berubah kecokelatan.
  • Kemudian masukkan adonan nasi dan juga telur yang tadi sudah dicampur. Aduk semuanya hingga telur yang tadi bercampur dengan nasi bisa matang dengan merata.
  • Untuk penyedap rasa Anda bisa menambahkan dengan kecap asin, sedikit minyak wijen, saus tiram dan merica. Jika dirasa masih kurang pas bisa menambahkan gula atau garam. Aduk semuanya hingga merata dan nasi siap disantap.
  • Nasi tersebut bisa Anda sajikan begitu saja tanpa tambahan lauk lainnya. Namun jika diinginkan Anda bisa menambahkan telur ceplok lagi di bagian atasnya. Nasi ini akan cocok Anda sajikan untuk sarapan maupun untuk bekal makan siang ke kantor atau sekolah.

Inspirasi Berbagai Olahan telur dari Khas Daerah Nusantara

Cara membuat nasi telur viral mudah di atas bisa Anda jadikan pilihan jika sedang terburu-buru dan tidak sempat untuk memasak lauk lainnya. Akan tetapi selain nasi telur viral tersebut, banyak juga olahan telur lainnya dari berbagai daerah di nusantara.

Telur memang menjadi salah satu bahan yang banyak digunakan untuk lauk pauk. Selain karena harganya yang terjangkau, telur juga termasuk dalam hidangan yang mudah untuk diolah. Berikut adalah beberapa olahan dari telur yang bisa Anda coba untuk dimasak di rumah;

  •  Telur puyuh hijau dari Semarang

Pertama adalah olahan telur dari Semarang. Hidangan telur tidak hanya bisa menggunakan telur ayam saja. Di Semarang telur puyuh dimanfaatkan untuk olahan makanan dengan rasa yang unik.

Sesuai dengan namanya, maka telur puyuh akan diolah dengan bumbu hijau seperti sambal hijau. Hidangan ini akan cocok untuk Anda yang menyukai rasa pedas dari sambal hijau.

  • Telur pindang Yogyakarta

Jika Anda menyukai hidangan berupa gudeg maka akan familier dengan telur pindang. Telur ini sudah pasti akan ada pada hidangan gudeg yang lengkap. Dari segi rasa sama seperti gudeg di mana rasanya manis dan juga gurih. Cara pembuatannya juga termasuk cukup mudah.

Telur akan direbus terlebih dulu untuk kemudian diberi bumbu khas seperti perpaduan serai, garam, lengkuas, daun salam dan bahan bumbu yang lainnya. Hidangan ini kebanyakan memang digunakan sebagai pelengkap untuk gudeg. Namun untuk Anda yang tidak menyukai gudeg maka bisa mencoba olahan telur dengan rasa manis ini.

  • Telur balado Padang

Siapa yang tidak mengenal olahan telur berupa telur balado. Hidangan ini bahkan sudah banyak digunakan untuk berbagai macam kuliner. Mulai dari nasi rames, nasi uduk, nasi kotak, tumpeng dan lain sebagainya. Telur balado adalah olahan telur yang tidak pernah absen untuk dihidangkan. Hal ini karena cara membuat nasi telur viral cepat ini cukup mudah.

Telur yang sudah direbus nantinya akan ditumis dengan bumbu yang terbuat dari bawang merah, bawang putih, cabai, dan beberapa bumbu yang lainnya. Jika Anda ingin menggunakan olahan telur ini untuk menu pada nasi kotak atau pesanan nasi lainnya bisa disesuaikan untuk tingkat kepedasannya.

  • Kerak telor Betawi

Hidangan yang satu ini merupakan makanan yang khas atau tradisional dari suku Betawi. Akan tetapi sekarang sudah mulai jarang ditemukan. Biasanya bisa Anda temukan pada acara pameran-pameran tradisional atau festival makanan yang ada di Jakarta.

Hidangan ini terbuat dari bahan berupa telur, nasi dan juga bumbu lainnya yang dipanggang di atas wajan. Uniknya pedagang kerak telor tidak menggunakan kompor melainkan dengan arang. Sebelum diangkat, kerak telor akan diberi taburan berupa serundeng dan juga ebi kering. Hasilnya adalah hidangan telur dengan rasa yang gurih, manis dan asin.

  • Rendang telur Sumatra Barat

Rendang tidak harus selalu terbuat dari daging, hal ini karena di Sumatera Barat ada rendang yang terbuat dari bahan telur. Uniknya rendang ini akan berbentuk seperti keripik yang kering. Sehingga teksturnya akan kering dan renyah. Biasanya hidangan ini akan banyak digunakan sebagai oleh-oleh untuk wisatawan.

Setelah mempelajari cara membuat nasi telur viral tersebut di atas, Anda mungkin tertarik untuk menyajikannya sebagai snack di salah satu acara yang diselenggarakan. Tidak perlu repot membuatnya dalam jumlah yang banyak karena sudah ada jasa dari Royal Snack Box yang akan membuatnya untuk Anda.

Kami juga menyediakan berbagai jenis snack lain berbahan dasar telur yang tentunya sama-sama menarik. Segera hubungi Royal Snack Box di 0812.9043.2012 atau email ke order@royalsnackbox.com untuk pilih paket snack yang Anda inginkan sesuai kebutuhan dan budget.