GRATIS PENGIRIMAN

Jual Kambing Qurban Jakarta Selatan

Jual Kambing Qurban Jakarta Selatan – Menjelang hari raya Idul Adha, umat muslim mulai mempersiapkan diri untuk menjalankan ibadah kurban. Meskipun tidak wajib, tapi menyembelih hewan qurban merupakan salah satu amalan yang besar pahalanya. Namun, sebelum mencari tempat jual kambing qurban Jakarta Selatan, pahami apa saja syarat hewan qurban agar amalan yang dilakukan sesuai dengan syariat.

Perlu dipahami bahwasanya berkurban tidak sekadar membeli dan menyembelih hewan ternak. Ada kriteria yang harus dipenuhi dalam memilih hewan kurban. Sebab tata cara pelaksanaannya telah diatur dalam berbagai hadist. Nah, berikut ini syarat hewan qurban yang harus dipenuhi serta tips dalam memilih tempat jual kambing qurban Jakarta Selatan.

Jual Kambing Qurban Jakarta Selatan

Pengertian Dan Hukum Kurban

Secara harfiah, makna kurban adalah hewan penyembelihan. Pelaksanaan menyembelih hewan ternak dilakukan setelah salat Id dan Hari Tasyrik (11,12, dan 13 Dzulhijah). Sebagian ulama menjelaskan bahwa kurban merupakan ibadah sunah untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Perintah untuk berkurban terdapat dalam Qur’an surat Al Kautsar ayat 2 dan Al Hajj ayat 34. Selain itu, perintah kurban juga terdapat dalam hadist Rasulullah.

Syarat Hewan Qurban Sesuai Syariat

Setelah mengetahui pengertian, hukum, dan pelaksanaan kurban, saatnya mencari tahu apa saja syarat hewan kurban menurut syariat Islam.

  • Hewan Kurban Adalah Bahimatul An’am

Memilih hewan kurban tidak boleh dilakukan sembarangan karena Islam hanya memperbolehkan binatang ternak (bahimatul an’am) untuk dijadikan hewan kurban. Jenis-jenis hewan ini adalah unta, kambing, domba, dan sapi.

Perihal jenis hewan kurban ini juga diatur dengan sangat jelas dalam surat Al-Hajj ayat 34. Karena aturan jenis hewan kurban sudah sangat jelas, maka syarat yang pertama ini tak boleh dilanggar.

  • Usia Hewan Kurban

Syarat kedua yang harus dipenuhi saat membeli hewan ternak di tempat jual kambing qurban Jakarta Selatan adalah usianya. Islam telah mengatur usia hewan ternak yang layak dijadikan kurban. Jika usia hewan ternak belum memenuhi, maka kurban yang dilakukan dianggap tidak sah.

Oleh karenanya, pastikan baik-baik perihal usia hewan kurban yang akan Anda beli. Jangan sampai ibadah berpahala besar ini justru tidak diterima karena tidak memenuhi syarat yang telah ditetapkan oleh agama. Berikut ini rincian usia hewan ternak yang layak dijadikan kurban.

  • Sapi atau kerbau yang akan dikurbankan harus berusia minimal 2 tahun.
  • Usia untuk unta yang akan dijadikan hewan kurban minimal 5 tahun atau lebih.
  • Domba yang akan disembelih untuk kurban minimal sudah berusia 1 tahun atau gigi domba sudah berganti.
  • Kambing untuk kurban minimal harus berusia 2 tahun.
  • Hewan dalam Kondisi Sehat

Syarat ketiga yang tak boleh diabaikan adalah kesehatan hewan kurban. Sesuai dengan aturan dalam agama Islam, hewan yang hendak dikurban haruslah:

  • Tidak cacat

Secara fisik, kambing, sapi, domba, kerbau, ataupun unta yang akan dijadikan sebagai hewan kurban tidak boleh cacat. Beberapa kondisi yang termasuk dalam cacat fisik pada hewan kurban seperti ekor yang putus atau tidak tumbuh layaknya hewan ternak pada umumnya, mata hewan buta sejak lahir atau karena kondisi tertentu, kaki pincang, telinga tidak genap, dan lain sebagainya.

  • Hewan tidak kurus

Selain sehat secara fisik, hewan di tempat jual kambing kurban Jakarta Selatan tidak boleh kurus karena tidak terawat ataupun penyakit tertentu. Sebab itu, pilihlah hewan ternak yang sehat dan gemuk agar kurban sesuai dengan syariat yang telah ditentukan.

  • Tidak dalam kondisi hamil

Islam melarang umatnya untuk menyembelih hewan kurban dalam kondisi hamil. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa memilih hewan ternak jantan. Jika tetap ingin menyembelih hewan ternak betina, pastikan bahwa hewan tersebut tidak dalam kondisi bunting.

  • Hewan adalah milik pribadi

Sebagai salah satu ibadah yang berpahala besar, tentunya kurban harus dilaksanakan dengan niat yang baik pula. Hewan yang disembelih pada hari raya Idul Adha haruslah milik sendiri dan bukan merupakan warisan. Selain itu, hewan yang dikurban bukanlah hewan pemberian ataupun hadiah.

Supaya ibadah kurban sah, status kepemilikan hewan ternak haruslah jelas serta bukan merupakan hasil rampasan ataupun menipu orang lain.

Jika hewan kurban dibeli dengan uang pribadi, asal-usul uang tersebut juga perlu diperhatikan. Agar ibadah kurban sah dan sesuai dengan syariat, uang untuk membeli hewan kurban haruslah diperoleh secara halal. Apabila uang yang digunakan untuk membeli hewan kurban adalah hasil dari riba, maka hal ini akan mempengaruhi kesahan dari ibadah kurban itu sendiri.

  • Kurban Secara Patungan

Seorang muslim yang hendak berkurban wajib mengetahui peraturan yang satu ini. Membeli hewan kurban, terutama sapi dan unta, dapat dilakukan secara patungan atau rombongan dengan cara yang halal. Agama telah mengaturnya seperti berikut ini:

  • Jika hewan kurban berupa unta, maka dapat dilakukan secara rombongan dengan jumlah maksimal 10 orang.
  • Untuk hewan kurban berupa sapi, patungan dapat dilakukan paling banyak 7 orang.
  • Sementara untuk kambing atau domba, hanya boleh dilakukan secara perorangan atau tidak boleh patungan.
  • Disembelih Pada Waktu Yang Ditentukan

Selain memperhatikan syarat-syarat hewan ternak yang dibeli di tempat jual kambing kurban Jakarta Selatan, waktu penyembelihan juga harus diperhatikan baik-baik. Hewan ternak yang disembelih di luar waktu yang telah ditentukan oleh agama Islam tidak dapat dianggap sebagai kurban.

Apabila hewan yang disembelih diniatkan untuk berkurban, maka waktu penyembelihannya dilakukan saat hari raya Idul Adha. Batas akhir penyembelihan hewan kurban adalah sampai tanggal 13 Dzulhijak ketika matahari sudah tenggelam. Jika melebihi batas yang telah ditentukan, maka kurban dianggap tidak sah.

Cara Memilih Hewan Kurban Agar Sesuai Syariat

Bagi sebagian orang, memilih hewan kurban bukanlah perkara mudah. Diperlukan ketelitian dalam memilih hewan di tempat jual kambing kurban Jakarta Selatan agar syarat sahnya terpenuhi. Berikut ini beberapa pertimbangan dalam memilih hewan kurban yang baik.

  • Hewan dengan Nafsu Makan Baik

Baik tidaknya kondisi hewan ternak dapat dilihat dari nafsu makannya. Hewan yang sehat memiliki nafsu makan baik dan pergerakannya pun lincah. Sebaliknya, hewan yang kurang sehat akan terlihat sempoyongan, lesu, dan tidak memiliki nafsu makan.

  • Pilih Tempat Penjualan Hewan Kurban Terbaik

Jika ingin mendapatkan hewan kurban yang baik dan dalam kondisi tidak cacat, maka jangan sembarangan memilih tempat jual kambing kurban. Bagi yang baru pertama kali membeli hewan kurban, Anda bisa meminta referensi tempat jual hewan kurban terbaik pada orang-orang terdekat yang pernah berkurban. Bila ingin mencari sendiri, maka jangan mudah tergiur dengan penawaran harga murah.

Periksa review customer untuk mengetahui reputasi dari tempat jual kambing kurban terebut. Selain review, periksa informasi lainnya seperti alamat, daftar hewan yang dijual, kontak yang dapat dihubungi, hingga situs website-nya.

  • Lokasi Pembelian

Sebagian orang mungkin menganggap remeh lokasi pembelian hewan kurban. Padahal, lokasi tempat jual kambing kurban Jakarta Selatan akan mempengaruhi kondisi dari hewan yang dijual. Untuk mendapatkan hewan kurban yang sehat, sebaiknya hindari tempat penjualan hewan ternak yang lokasi dekat dengan pembuangan limbah dan sampah.

Sebab potensi pencemaran bakteri atau penyakit di lingkungan seperti ini jauh lebih tinggi. Oleh karenanya, pastikan tempat penjualan hewan kurban berada di lokasi yang bersih dan memiliki lingkungan yang terawat.

Bagi Anda yang membeli hewan kurban secara online, pemeriksaan lokasi mungkin jadi kendala tersendiri. Namun, jangan khawatir. Anda dapat melakukan pemeriksaan lokasi melalui Google Maps ataupun melalui video call dengan pihak penjual. Penjual hewan kurban yang profesional dan jujur tidak akan keberatan untuk menunjukkan lingkungannya.

  • Cek Kondisi Fisik Hewan

Poin terakhir yang tak kalah penting adalah mengecek kondisi fisik hewan. Perhatikan fisik hewan secara cermat apakah mengalami kecacatan atau tidak. Selain itu, pastikan tidak ada lebam atau luka luar pada bagian tubuh hewan yang akan digunakan untuk berkurban.

Pengecekan kondisi fisik hewan ternak sebaiknya tidak hanya dilakukan pada area kepala dan tubuh saja. Namun, juga ke bagian kaki dan kuku-kuku hewan.

Rekomendasi Tempat Jual Kambing Kurban Jakarta Selatan Terbaik

Memilih hewan kurban haruslah berhati-hati agar ibadah yang dilaksanakan dapat bernilai pahala karena sesuai dengan yang disyaratkan dalam agama. Tak mengherankan, ada begitu banyak faktor yang harus dipertimbangkan dalam memilih hewan kurban dan tempat jualnya sekalipun.

Jangan sampai karena harga murah, ibadah kurban justru tidak sah karena hewan yang disembelih tidak sesuai dengan syariat. Bagi Anda yang sedang mencari tempat jual kambing kurban terpercaya dan profesional di kawasan Jabodetabek, Royal Qurban bisa jadi pilihan terbaik.

Mengingat pentingnya ibadah kurban, Royal Qurban memberikan pelayanan terbaik. Berikut ini beberapa alasan kenapa Royal Qurban jadi tempat yang pas untuk mencari hewan kurban di hari raya Idul Adha.

  • Jenis Hewan Kurban

Seperti yang sudah disinggung di awal, bahwa hewan yang disembelih untuk kurban adalah hewan ternak. Selain kambing, Royal Qurban menyediakan domba dan sapi untuk dijadikan sembelihan saat Idul Adha. Ada tiga jenis kambing yang tersedia di Royal Qurban, yaitu Peranakan etawa, jawarandu, dan kacang.

Untuk jenis domba dugul atau tidak bertanduk, ada domba ekor gemuk dan domba gibas. Sedangkan untuk domba bertanduk ada jenis domba pariangan dan domba garut. Untuk sapi, ada lima jenis yang tersedia di Royal Qurban, yaitu PO, Kupang, Simental, Bali, dan Limousin.

  • Hewan Kurban dengan Kualitas Terbaik

Kondisi fisik hewan ternak jadi perhatian utama Royal Qurban. Baik domba, kambing, maupun sapi yang ditawarkan berada dalam kondisi terbaik, tidak cacat, dan sehat. Semua hewan kurban di Royal Qurban bahkan dilengkapi dengan surat keterangan sehat dari dinas peternakan, sehingga dapat dipertanggungjawabkan.

Secara umur, hewan ternak di Royal Qurban telah memenuhi batas umur yang ditentukan oleh syariat untuk dijadikan hewan kurban. Jadi syarat sahnya pun terjaga.

  • Harga Terjangkau

Kendati hewan ternak yang ditawarkan adalah kualitas terbaik di kelasnya, Anda tak perlu khawatir perihal haga. Sebab harga hewan ternak di Royal Qurban sangatlah terjangkau. Bagi Anda yang berencana membeli doma untuk berkurban, ada 8 kelas yang bisa dipilih dengan harga mulai dari Rp 2.200.000 saja. Sedangkan untuk kambing, harganya dimulai dari Rp 2.500.000 dan sapi mulai dari Rp 14.800.000.

  • Tidak Ada Biaya Perawatan

Sebagian orang memilih menyembelih kambing kurban jauh-jauh hari sebelum Idul Adha untuk mendapatkan harga yang terjangkau. Sayangnya, ada beberapa tempat jual kambing kurban yang mematok tarif tambahan untuk biaya perawatan.

Hal ini tidak berlaku di Royal Qurban. Sekalipun Anda membeli hewan kurban sejak jauh-jauh hari, Anda tidak akan dikenakan biaya perawatan sampai hari pengiriman. Semuanya gratis dan perawatan hewan ternak ditanggung oleh Royal Qurban.

  • Proses Pembelian yang Mudah dan Cepat

Kalau Anda mencari tempat jual kambing kurban Jakarta Selatan yang prosesnya cepat dan mudah, Royal Qurban adalah pilihannya. Anda dapat menghemat waktu dan tenaga karena transaksi bisa dilakukan secara online melalui website.

Sistem pembelian online semacam ini akan sangat mempermudah Anda yang memiliki segudang aktivitas. Karena tidak perlu meninggalkan pekerjaan untuk survey ke tempat pembelian hewan kurban. Seluruh informasi mengenai hewan kurban juga bisa Anda dapatkan melalui website maupun bertanya ke customer service.

  • Transaksi Aman

Selain menawarkan proses yang mudah, transaksi di Royal Qurban terjamin keamanannya. Pembayaran hewan kurban dapat dilakukan dengan transfer melalui Bank BRI, BCA, ataupun Mandiri. Setiap transaksi yang masuk tak perlu melakukan konfirmasi pembayaran, karena semuanya telah terintegrasi secara otomatis sehingga prosesnya pun lebih efisien. Setelah menyelesaikan transaksi, hewan kurban akan segera dikirim ke alamat Anda sesuai waktu yang telah disepakati.

  • Promo Menarik untuk Pembelian Via Website

Tak hanya menghadirkan kemudahan dalam transaksi, Royal Qurban memiliki promo menarik untuk pembelian yang dilakukan melalui website resmi. Tak tanggung-tanggung, Anda bisa hemat hingga Rp 200.000 dengan adanya promo. Kapan lagi bisa mendapatkan hewan qurban berkualitas dengan harga yang terjangkau?

  • Konsultasi Via WhatsApp

Tempat jual kambing kurban Jakarta Selatan ini juga menghadirkan layanan konsultasi via WhatsApp secara gratis. Layanan ini dapat Anda manfaatkan untuk bertanya-tanya perihal hewan kurban yang akan dibeli, mulai dari bobotnya, harga, hingga kondisi fisik hewan tersebut. Konsultasi via WhatsApp juga memudahkan Anda dalam menemukan hewan qurban yang sesuai dengan budget.

  • Gratis Kirim

Layanan lain yang dihadirkan Royal Qurban adalah gratis kirim. Anda tak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk pengiriman hewan kurban di kawasan Jabodetabek. Pihak Royal Qurban akan menyalurkan hewan kurban Anda ke alamat yang dituju.

Umumnya, hewan kurban akan dikirim Royal Qurban pada H-5 sampai H-1 Idul Adha. Selain itu, Anda akan mendapatkan sertifikat Royal Qurban yang akan dikirimkan setelah hari Idul Adha.

Nah, itu tadi syarat hewan qurban, pengertian dan hukum kurban, tips memilih tempat jual kambing kurban Jakarta Selatan, serta rekomendasinya. Selain dilandasi dengan niat yang baik, hewan ternak yang dikurbankan pun harus berkualitas dan sesuai dengan syariat Islam supaya ibadah yang dilakukan sah.

Sebab itu, pastikan Anda memilih hewan qurban yang sehat dan berkualitas dari Royal Qurban. Agar tidak kehabisan stok, segera konsultasikan budget yang ada dengan tim Royal Qurban melalui WhatsApp untuk memilih hewan kurban terbaik tahun ini. Tunggu apa lagi, dapatkan promo dan layanan terbaik! Berkurban jadi lebih mudah, aman, dan praktis bersama Royal Qurban.

5/5 - (7 votes)
×