Macam-macam kue tradisional yang enak – Indonesia memiliki banyak kue tradisional yang masih bertahan hingga sekarang. Meskipun sudah banyak makanan dari luar negeri yang masuk ke Indonesia tidak membuat kue-kue tradisional ini menjadi surut. Rasa yang khas dan nikmat membuat banyak orang masih menjadikan kue tradisional sebagai makanan favoritnya. Berikut ini adalah beberapa kue tradisional dengan karakteristik yang berbeda-beda. (Baca juga: Macam-Macam Kuliner Khas Bulan Ramadhan Terpopuler)

  1. Cita rasa yang gurih dari Kue Serabi ini memang sangatlah menggugah selera makan

copyright by inforesepmasakansederhana.com

copyright by inforesepmasakansederhana.com

Kue yang khas dengan rasa gurihnya ini mampu bertahan hingga sekarang, meskipun bersaing dengan makanan-makanan modern lainnya. Bahan utama pembuatan kue serabi adalah santan kelapa dan tepung beras. Kue serabi ini cukup mudah untuk ditemukan di berbagai daerah Indonesia sehingga kamu tidak perlu susah-susah untuk mendapatkannya. Tampilan yang menarik juga bisa kamu dapatkan dengan cara memberikan warna yang bervariasi dari ke dalam adonan pembuatannya.

  1. Kue ini berasal dari Medan dan rasanya enak, Martabak Manis yang punya banyak nama!

Namanya juga martabak manis jadi kue ini pasti memiliki rasa yang manis. Kue tradisional yang terkenal di Medan ini memiliki beberapa sebutan di daerah yang berbeda seperti kue bandung, kue terang bulan, dan lain sebagainya.

  1. Saat digigit langsung lumer dalamannya, apa ya? Ini dia Kue Klepon dengan tampilan imut bulat-bulat

copyright by resepdanmasakan.com

copyright by resepdanmasakan.com

Kue klepon sering dijadikan sebagai pelengkap dari makanan tradisional getuk. Adanya klepon mampu menambah kenikmatan getuk dan rasa manis yang begitu berkesan. Kuenya sendiri memiliki tekstur yang legit namun ketika kamu sudah menggigitnya maka kamu akan mendapatkan rasa manis dari gula jawa yang berada di dalamnya. Kue basah ini digulung ke dalam parutan kelapa sehingga rasanya semakin sempurna.

  1. Kue bolu kukus yang lembut dan cara membuatnya juga mudah

Bolu kukus masih dipercaya banyak orang sebagai suguhan suatu acara. Jika kita lihat dari bentuknya, kue ini dapat dibuat dengan berbagai macam bentuk seperti bulat, kotak, dan lain sebagainya. Sebenarnya, cara pembuatannya sama saja karena bahan yang digunakan sama, hanya saja ketika kita ingin mencetaknya kita menggunakan bentuk cetakan yang berbeda sehingga bentuk kue ini semakin variatif.

  1. Kue putu ayu, mungkin kamu bisa semakin cantik bak tuan putri saat memakannya, hehehe…

copyright by inforesepmasakansederhana.com

copyright by inforesepmasakansederhana.com

Beberapa orang menyebutnya dengan kue putu ayu tapi ada juga yang menyebutnya sebagai kue putri ayu. Kue ini sering disuguhkan dalam warna hijau dengan taburan parutan kelapa di atasnya sehingga tampilan kue menjadi lebih menawan lagi. Bahan utama yang digunakan dalam pembuatannya adalah tepung terigu, santan, telur dan bahan-bahan yang lainnya sebagai pelengkap adonan. Caranya cukup mudah jadi kamu bisa mencobanya sendiri di rumah.

  1. Kue onde-onde yang populer dengan isi bisa bermacam-macam

Siapa yang tidak kenal dengan kue yang begitu populer ini? Tampilannya begitu khas, yakni berbentuk bulat dengan wijen yang menyelimutinya. Kepopuleran kue ini ternyata sudah bertahan hingga ratusan tahun. Sebenarnya, cara pembuatan kue onde-onde ini cukup mudah. Biasanya, para pembuatnya sering menjadikan kacang hijau sebagai isi kuenya. Namun, kamu boleh menggunakan bahan makanan lain sebagai isinya agar lebih variatif sehingga kamu bisa menyesuaikan sendiri makanan apa yang disukai dan bisa dijadikan isi kue.

  1. Kue wajik ketan dengan rasa manis di lidah dan warnanya bisa divariasi sekarang ini

copyright by resepcaramemasak.info

copyright by resepcaramemasak.info

Kue tradisional yang satu ini masih bisa bertahan hingga sekarang. Rasa manis yang begitu khas membuat banyak orang menjadikan kue ini sebagai kue favorit. Biasanya, kamu akan lebih menjumpai kue ini dengan warna coklat karena salah satu bahan dasarnya adalah gula jawa yang akan memberikan warna coklat. Namun, perkembangan zaman sepertinya telah membuat kue wajik menjadi lebih inovatif lagi dengan berbagai warna, seperti merah muda, ungu, hijau, dan warna lainnya. Jika kamu penasaran, tidak ada salahnya mencoba membuat kue ini dengan warna yang berbeda. Tapi, ingatlah bahwa warna ini harus didapatkan dari bahan yang aman, seperti sayuran.

  1. Kue bika ambon yang bukan berasal dari Ambon

Jika kita lihat dari namanya pasti sebagian besar dari kita mengira jika kue ini merupakan makanan khas dari Ambon. Siapa sangka ternyata resep asli dari kue ini berasal dari Medan. Kue ini memiliki karakteristik yang hampir sama dengan kue martabak bangka yang juga merupakan makanan khas Medan. Bahan yang digunakan dalam pembuatan kue ini antara lain air kelapa, tepung terigu, dan ragi instan. Cara membuatnya cukup mudah sehingga kamu dapat mempelajarinya dengan cepat dan langsung bisa menyajikan kue tersebut untuk keluarga atau teman-teman tercinta.

  1. Kue lapis legit yang sekarang banyak dijual di berbagai daerah Indonesia

copyright by cantikinfo.net

copyright by cantikinfo.net

Baru-baru ini, kue lapis legit menjadi primadona bagi banyak orang untuk disuguhkan pada para tamu undangan ketika mengadakan suatu acara. Tidak mudah untuk bisa menaklukkan resep pembuatan kue yang satu ini. Perlu adanya kemampuan khusus dalam membuat roti lapis legit agar mendapatkan kelegitan yang pas. Kue ini juga merupakan pilihan yang tepat ketika sedang mengobrol bersama keluarga dan teman. Rasanya yang manis mampu mencairkan suasana. Tidak heran jika kemudian banyak usaha kue lapis legit yang bermunculan dan sukses.

10. Kue dadar gulung kreatif yang rasanya maknyusss banget…

Dadar gulung dibuat dari bahan utama berupa santan, tepung terigu, telur, dan juga gula pasir. Kue tradisional semacam ini sangatlah laris manis, apalagi sebagai jajanan pasar. Dadar gulung juga semakin enak rasanya karena biasanya diisi parutan kelapa muda yang dicampuri dengan gula pasir. Warna khas dadar gulung biasanya hijau pandan, akan tetapi sekarang banyak juga orang yang berkreasi dan membuatnya menjadi berbagai macam varias warna lainnya yang menarik dan menggugah selera makan.

Itu dia macam-macam kue tradisional yang enak dan patut disantap kapan saja bersama keluarga.