Macam-Macam Pewarna Kue yang Alami – Sebagian besar orang menganggap bahwa rasa adalah hal terpenting dalam menyajikan suatu makanan. Hanya saja bagaimana kita bisa tahu jika suatu makanan memiliki rasa yang enak jika kita belum memakannya. Oleh karena itu, tampilan yang menarik juga diperlukan untuk membuat orang yang melihatnya ingin langsung memakan makanan tersebut. Salah satu cara yang bisa membuat suatu makanan menjadi lebih menarik lagi adalah memberikan warna. Banyak bahan yang bisa digunakan sebagai pewarna makanan, namun akan lebih baik jika kamu menggunakan bahan yang alami agar lebih aman untuk kesehatan.

Bahan alami sebaiknya memang dipilih demi kesehatan dibandingkan dengan bahan-bahan pewarna yang terbuat dari bahan kimia. Berikut ini adalah beberapa pewarna alami yang bisa kamu pilih: (Baca juga: Macam-Macam Kue Tradisional yang Enak)

  1. Hijau yang kelihatan cantik ternyata bisa dibuat dari bahan alami Daun Suji

copyright by sehatplan.com

copyright by sehatplan.com

Daun ini sudah lama dikenal sebagai pewarna alami yang menghasilkan warna hijau. Cara pembuatannya cukup mudah yakni dengan menghancurkan dedaunan, menambahkan air lalu disaring. Selain membuat cantik makanan, daun ini juga mengandung zat tanin yang mampu mencegah sembelit.

  1. Buah Naga yang memberikan warna merah segar, sekaligus menyehatkan kandungannya

Dari tampilannya saja buah naga sudah memberikan warna yang menarik. Tidak heran jika kemudian buah ini digunakan sebagai pewarna merah alami. Haluskan buah naga kemudian saring agar bijinya tidak ikut tercampur jadi yang diambil hanya sarinya saja. Kandungan di dalam buah naga juga bermanfaat untuk pertumbuhan anak karena adanya vitamin A dan kalsium.

  1. Warna coklat pekat untuk berbagai macam kue tradisional bisa didapat dari Aren atau Gula Batok

copyright by tokopedia.net

copyright by tokopedia.net

Gula aren atau batok menjadi bahan alami yang mampu memberikan warna coklat pada makanan. Selain warna, namanya juga gula pasti akan memberikan rasa manis. Cara membuatnya cukup mudah yakni dengan mencampurkan gula pada bubur ketan putih jadi kamu tidak perlu menambahkan gula pasir yang banyak.

  1. Pewarna dari Blueberry yang meningkatkan selera makan, tampilannya sungguh menawan

copyright by medicalnewstoday.com

copyright by medicalnewstoday.com

Kandungan vitamin C yang tinggi membuat buah ini tidak hanya mempercantik tampilan suatu makanan tapi juga berkhasiat untuk kesehatan. Warna yang dihasilkan adalah biru keunguan. Hancurkan buah blueberry kemudian masukkan ke dalam pudding dan jadilah makanan kamu menjadi lebih menarik lagi.

  1. Ada yang tidak suka makan Wortel? Coba tambahkan pewarna alami dari wortel satu ini!

Siapa yang tidak kenal dengan khasiat wortel. Kandungan vitamin A yang tinggi dalam wortel mampu menjaga kesehatan mata. Namun, banyak anak-anak yang tidak suka dengan wortel karena rasanya yang kurang enak jika dimakan begitu saja. Untuk itu, kamu bisa mengolahnya menjadi makanan yang lain agar anak mau memakannya. Salah satu caranya adalah mengambil sarinya karena mampu dijadikan sebagai pewarna alami. Cukup blender wortel lalu saring dan ambil airnya saja. Kamu bisa membuat es mambo susu dengan air wortel ini dan anak-anak pasti menyukainya.

  1. Sayuran Bayam rupanya bisa juga dibuat menjadi pewarna alami yang kaya akan zat besi

copyright by ahlinyakanker.com

copyright by ahlinyakanker.com

Bayam menjadi sayuran yang memiliki banyak manfaat karena mengandung zat besi yang tinggi. Cara membuatnya adalah dengan memasak sebentar bayam bersama air lalu blender. Campurkan ke dalam adonan roti, pudding atau cake tergantung makanan kesukaanmu. Makanan dengan pewarna bayam tidak hanya memiliki rasa yang nikmat tapi juga tampilan menawan berwarna hijau.

  1. Ubi Ungu bisa dibuat menjadi pewarna alami untuk makanan-makanan berikut ini

copyright by alodokter.com

copyright by alodokter.com

Bahan makanan tradisional ini ternyata juga bisa digunakan serbagai pewarna alami untuk suatu makanan. Bahkan, tidak hanya sebagai pewarna tapi ubi ungu sendiri juga dapat dibuat menjadi berbagai macam makanan yang menarik lagi. Pada zaman dulu mungkin masih banyak orang yang mengabaikan keenakan makanan ini karena tidak menarik. Tapi, berkat perkembangan teknologi dan zaman, bahan makanan ini mampu dibuat menjadi berbagai macam olahan seperti cake, keripik, es krim, puding, donat, dan lain sebagainya.

  1. Kalau bahan pewarna satu ini pastinya semua akan suka! Bubuk coklat atau kakao alami

Biji buah coklat mampu menghasilkan bubuk kakao yang bisa dijadikan sebagai pewarna alami. Bubuk yang khas dengan rasa pahit ini dapat dicampurkan dalam makanan sepeti adonan cake atau roti. Sedangkan untuk bubuk coklat kamu juga bisa menambahkannya pada bahan makanan lain untuk mendapatkan warna coklat yang menggugah selera. Selain manfaatnya sebagai pewarna alami, bubuk coklat ternyata juga mampu membunuh bakteri penyebab karang gigi karena kandungan zat cocoa di dalamnya.

Beberapa pewarna alami di atas dapat dijadikan pilihan yang tepat ketika kamu ingin mengkreasikan suatu makanan agar lebih menarik lagi dengan warna kesukaan. Selain dapat membuat tampilan makanan lebih cantik, bahan-bahan alami tersebut juga mengandung zat atau vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan seperti adanya vitamin A di wortel yang baik untuk kesehatan mata. Untuk para ibu yang merasa anaknya kesulitan makan sayuran seperti wortel dan bayam, maka kamu juga bisa coba memasukkan sebagai pewarna alami ke dalam makanan atau kue kesukaan anak.

Penggunaan bahan alami ini menghindarkan kita dari bahaya pewarna kimia. Seperti yang kita tahu bahwa bahan-bahan kimia memiliki efek samping yang dapat berbahaya bagi tubuh, terutama ketika dikonsumsi dalam jangka panjang. Oleh karena itu, membuat cantik suatu makanan bukan berarti harus mengorbankan kesehatan sehingga pilihlah macam-macam pewarna kue yang alami karena lebih sehat.