Nasi Tumpeng di Jakarta Barat | Sangat tepat anda jadikan tempat untuk memesan segala keperluan perayaan. Ternyata nasi tumpeng yang biasa anda lihat pada perhelatan tertentu tidak sembarangan dibuat. Karena memiliki makna tersendiri dalam penyajiannya. Apa saja jenis nasi tumpeng dan makna yang melatarbelakanginya?

Nasi Tumpeng di Jakarta Barat

Menu

Aneka Nasi Tumpeng di Jakarta Barat

  • Nasi tumpeng robyong biasa dihidangkan saat acara siraman pada pernikahan orang Jawa. Biasanya nasi tumpeng dimasukan ke dalam bakul. Nasi tumpeng dihiasi dengan sayuran dan di sisi puncaknya ditancapkan cabai, bawang merah, terasi dan telor ayam.
  • Nasi tumpeng nujuh bulan. Jenis tumpeng ini dihadirkan saat perayaan usia kehamilan yang telah mencapai tujuh bulan. Biasanya dibuat dari nasi putih dengan 7 gunungan tumpeng. Satu buah tumpeng diletakkan di bagian tengah dengan ukuran paling besar dan enam tumpeng kecil lainnya mengelilingi tumpeng besar. Anda bisa memesan segala jenis tumpeng di Nasi Tumpeng Jakarta Barat.
  • Nasi tumpeng pungkur dihadirkan ketika pria atau wanita lajang meninggal dunia. Tumpeng ini dipotong secara vertikal dan ditaruh dengan posisi saling membelakangi.

Lauk pauk yang disajikan bersama nasi tumpeng juga memiliki makna tertentu. Ayam jago sebagai perlambang menghilangkan sifat tidak setia, sombong, tidak perhatian pada keluarga dan sebagainya. Ikan teri perlambang kebersamaan dan kesatuan. Sayur bayam pertanda kehidupan yang ayem atau tentram. Cabai sebagai arti penerang bagi orang lain dan beragan simbolisasi lainnya. Dan kabar baiknya adalah anda bisa memesan nasi tumpeng Jakarta Barat di Royal Snack Box. Hubungi kami! 🙂