Nasi Tumpeng Untuk Ruwahan | Adalah salah satu sajian yang selalu muncul pada upacara tradisional jawa ini. Ruwahan biasa diselenggarakan untuk mendoakan orang yang telah meninggal dunia. Hal ini ditujukan untuk memberikan syukuran serta mendoakan agar arwah tenang di alamnya. Selain mengirimkan doa, masyarakat juga menyediakan menu makanan khas upacara tradisional ini.

Nasi Tumpeng Untuk Ruwahan

Pesan Nasi Tumpeng Untuk Ruwahan

Upacara yang setahun sekali diadakan mulai pertengaan bulan kedelapan dalam kalender jawa ini, sering menyediakan menu khas nasi tumpeng ruwahan jakarta upacara ruwahan. Contoh makanan yang dibuat dalam upacara ini adalah nasi gurih atau kuning dilengkapi dengan kolak pisang, ketan, dan kue apem. Menu makanan tersebut akan dibagikan kepada para tetangga yang telah berkenan untuk hadir dalam acara kirim doa kepada leluhurnya.

Makanan-makanan tersebut memberikan makna tersendiri untuk kehidupan. Contohnya kolak dapat mengingatkan kita kepada Sang Maha Pencipta. Oleh karena itu, kolak dapat diartikan sebagai wujud syukur kita terhadap Tuhan YME. Untuk mengingatkan kita terhadap Sang Maha Pencipta atas dosa yang kita perbuat, kue apem dapat mengingatkan kita sebagai sarana untuk bertobat dan meminta ampun kepadanya. Kue ketan akan mengingatkan kita untuk menjadikan hati yang bersih dan selalu menjalin persaudaraan dengan sesama manusia. Nah, jika Anda ingin melengkapi dengan nasi tumpeng ruwahan jakarta, hal itu akan melengkapi rasa syukur kita terhadap Sang Maha Pencipta akan rizki.