Pesan Nasi Box di Jakarta – Merupakan langkah praktis yang diambil seksi konsumsi atau logistik untuk sebuah acara. Menemukan katering yang menyediakan nasi kotak pun tidaklah sulit, mengingat produk ini tak pernah kehabisan peminat.

Pesan Nasi Box di Jakarta

Keunggulan nasi box dibandingkan paket makanan lain

Bukan tanpa alasan nasi kotak tetap mendapatkan perhatian di kota besar seperti Jakarta. Pasalnya, paket makanan ini mempunyai sejumlah keunggulan seperti:

∙         Tidak cemas bakal kehabisan. Dalam acara berdurasi panjang seperti rapat atau seminar, konsumsi dibutuhkan untuk mengisi ulang energi peserta. Namun, stok makanan yang dihadirkan dalam konsep prasmanan tak jarang habis sebelum semua peserta mendapatkan jatah. Kejadian tersebut tak akan dialami kalau panitia memesan nasi kotak, karena semua peserta dijamin akan mendapatkan jatah dengan porsi rata;

∙         Kuota disesuaikan dengan jumlah peserta. Sebagai bentuk antisipasi, panitia acara perlu menyesuaikan jumlah nasi kotak dengan peserta yang akan datang. Hal ini pun memudahkan mereka saat menentukan bujet yang akan dikeluarkan. Di sisi lain, peserta tidak akan lama antre, karena nasi kotak akan dibagikan saat jam makan. Dengan begitu, acara akan berlangsung lancar dan mengikuti rundown;

∙         Isi nasi kotak relatif lengkap. Ketika pesan nasi box di Jakarta, Anda dapat menentukan isinya sendiri atau memilih salah satu paket yang disediakan pihak katering. Biasanya jasa boga akan menyiapkan isi lengkap dan memenuhi standar 4 sehat 5 sempurna, bahkan buat paket termurah sekalipun. Pastikan pemilahan isi nasi box tersebut tidak melampaui anggaran dan cukup untuk disantap peserta pada jam istirahat;

∙         Dapat dimakan di tempat atau dibawa pulang. Konsep prasmanan tidak memungkinkan para peserta untuk membawa pulang makanan. Apalagi kalau waktu makan yang disediakan panitia tidak cukup. Akan tetapi, dengan memilih nasi kotak, peserta yang tak sempat memakannya bisa membawa pulang paket tersebut. Sementara panitia lebih mudah dalam membersihkan tempat, sebab tidak ada sisa makanan yang berceceran.

Bagaimana kualitas makanan yang ada di dalam nasi box?

Jangan remehkan nasi kotak yang terlihat sederhana. Jasa boga profesional akan memastikan setiap komponen di dalamnya diolah dengan metode terbaik. Pada umumnya, nasi boxterdiri atas nasi (baik yang putih, merah, maupun hitam), sayuran, lauk pauk, dan air mineral. Paket lebih lengkap menyertakan makanan penutup dan buah-buahan seperti pisang atau jeruk.

Adapun manfaat dari komponen yang terdapat di dalam nasi kotak, antara lain:

∙         Sumber energi yang memadai. Seperti yang Anda ketahui, nasi merupakan salah satu sumber karbohidrat terbaik. Dibantu asupan gizi dan nutrisi dari komponen lainnya, paket makanan ini akan menjadi sumber energi yang memadai. Terutama bila pesan nasi box di Jakarta dari jasa boga berpengalaman;

∙         Tingkat kolesterol jahat yang rendah. Ingin nasi kotak Anda bebas kolesterol? Cukup minta pihak katering agar tidak memasukkan sumber kolesterol berbahaya. Anda dapat menggantinya dengan olahan yang lebih aman seperti telur rebus atau daging ayam tanpa lemak. Jadi, meski porsinya banyak, konsumen tak akan mencemaskan takaran kolesterol di dalamnya;

∙         Dipenuhi vitamin dan nutrisi bermanfaat. Selain sumber karbohidrat, nasi juga merupakan sumber dari sejumlah vitamin dan nutrisi yang akan meningkatkan kualitas kesehatan. Sebut saja vitamin D, serat, niacin, zat besi, kalsium, riboflavin, hingga thiamin. Belum lagi tambahan protein dan lemak dari komponen lain di dalam nasi kotak;

∙         Kaya akan kandungan resistant starch. Resistant starch yang berasal dari makanan dalam nasi kotak akan masuk ke dalam usus dan membantu organ tersebut dalam memerangi bakteri jahat. Tak hanya itu, nasi yang Anda santap memiliki kandungan sodium yang dapat menekan risiko tekanan darah tinggi atau hipertensi;

∙         Mencegah penyakit kronis seperti kanker. Manfaat jangka panjang yang akan Anda rasakan dari nasi kotak adalah pencegahan terhadap penyakit kronis seperti kanker. Terutama kalau nasi yang digunakan dalam paket tersebut adalah whole grain rice seperti brown rice yang kaya akan serat insoluble yang dipercaya mampu melindungi tubuh dari pertumbuhan sel kanker.

Tip memilih katering penyedia nasi box yang tepat

Seperti yang telah disinggung, pesan nasi box di Jakarta harus dilakukan secara cermat. Tingginya kebutuhan masyarakat terhadap paket ini malah disalahgunakan oknum tertentu dengan membuat jasa boga yang tak bertanggung jawab. Akibatnya, tak hanya Anda yang rugi mengeluarkan uang banyak, tetapi juga orang-orang yang menerima nasi kotak, karena tidak puas atau bahkan keracunan.

Untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan, periksa hal-hal di bawah ini manakala Anda memilih jasa katering nasi kotak.

  • Menilai rasa dan mutu makanan

Rasa dan kualitas makanan jelas menjadi prioritas yang perlu Anda nilai secara saksama. Makanan yang diolah orang-orang berpengalaman rasanya akan konsisten walau didiamkan selama beberapa jam. Lalu, perhatikan bahan-bahan yang mereka gunakan. Katering yang punya jam terbang tinggi akan senantiasa memakai bahan baku segar dan didatangkan dari penyuplai tepercaya. Harganya mungkin akan lebih mahal, tetapi sepadan dengan hasil yang Anda dapatkan.

  • Kualitas bungkus/kemasan nasi kotak

Standar kemasan atau bungkus yang digunakan untuk mewadahi makanan tak boleh absen dari sesi pemeriksaan. Kebanyakan nasi kotak menggunakan tempat yang terbuat dari karton khusus dan lapisan plastik di dalamnya untuk mencegah kebocoran dari makanan berminyak/berair. Ada pula katering yang menyediakan besek sebagai tempatnya untuk mengurangi risiko paparan bahan kimia. Opsi ini dapat Anda pilih sendiri saat pesan nasi box di Jakarta.

  • Tentukan menu makanan atau paket

Untuk memudahkan proses pemesanan dan pengolahan makanan, pihak katering pada umumnya akan menawarkan paket bagi pemesan. Anda juga diberikan kebebasan untuk memilah komponen apa saja yang ingin dimasukkan ke dalam nasi kotak. Pastikan kombinasinya tak terlalu ramai atau banyak karena akan mengurangi cita rasa makanan. Jika masih bingung, Anda dapat meminta rekomendasi paket yang paling banyak dipesan kepada pihak jasa boga.

  • Makanan tidak mudah membusuk

Karena nasi kotak tidak akan langsung disantap pada saat itu, maka komponen yang ada di dalamnya harus tahan lama. Di sisi lain, jangan sampai Anda memesan makanan dari katering yang menggunakan bahan pengawet berbahaya seperti boraks untuk mengawetkan pesanan. Rata-rata makanan yang ada di dalam nasi box hanya bertahan tak lebih dari tiga hari. Tergantung pula dari jenis makanan yang Anda pilih dan tempat yang digunakan untuk mewadahinya.

Setelah memastikan keempat poin tersebut, cocokkan harga dengan bujet yang Anda siapkan. Jasa boga kebanyakan akan memberikan potongan harga kalau Anda memesan dalam jumlah banyak. Satu hal yang pasti, setelah menemukan rekanan yang sesuai kebutuhan, jaga komunikasi saat pesan nasi box di Jakarta supaya tak ada kesalahpahaman hingga akhir kesepakatan.

Sending
User Rating 5 (2 votes)