Pesan Nasi Tumpeng di Gunung Sahari – Bisa langsung menghubungi royal snack box karena sudah memiliki nama sebagai penyedia nasi tumpeng terbaik di Jakarta Pusat. Keberadaan tumpeng memang tak bisa lepas dari tradisi rakyat karena tumpeng merupakan bentuk perwakilan rakyat yang mengungkapkan segala hal. Tumpeng juga sudah menjadi budaya yang tak bisa dikesampingkan dalam berbagai kegiatan penting. Tak ada salahnya untuk pesan nasi tumpeng di Gunung Sahari Jakarta Pusat untuk berbagai kegiatan dengan tujuan sebagai berikut.

Pesan Nasi Tumpeng di Gunung Sahari

Sebagai Wujud Syukur

Kegiatan yang sudah identik dengan adanya tumpeng adalah kegiatan yang bersifat rasa syukur. Sudah banyak perayaan dan festival dengan tumpeng sebagai bentuk ungkapan syukurnya. Bahkan banyak jenis tumpeng yang memang ditujukan sebagai bentuk rasa syukur. Sebut saja tumpeng megana, tumpeng punar, dan tumpeng kendit. Salah satu ciri khas yang ada pada tumpeng ini adalah warna kuning sebagai bentuk kemeriahan dan rasa senang yang sedang dirasakan bersama.

Sebagai Wujud Permintaan Maaf

Sebagai wujud bertobat dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukannya pada tuhan atau seseorang maka umumnya menggunakan tumpeng kapuranto. Tumpeng ini memiliki ciri khas yang mencolok dengan warna nasinya yang biru dari daun bunga telang. Selain itu tumpeng ini harus disediakan tujuh macam lauk berbeda untuk mengitarinya.

Sebagai Wujud Kehidupan

Tumpeng yang digunakan sebagai lambang kehidupan juga bisa didapatkan dari tumpeng ponco warno dan tumpeng asrep asrepan. Kedua tumpeng ini merupakan tumpeng yang umum digunakan pada kegiatan yang bersifat keagamaan. Tumpeng ponco warno merupakan tumpeng dengan tujuh warna berbeda. Mulai dari nasi, sayuran, hingga lauk pauk semuanya berbeda warna sehingga melambangkan kehidupan di dunia yang beragam mulai dari makhluk kasat mata hingga tak kasat mata. Sedangkan tumpeng asrep asrepan melambangkan sebuah keinginan untuk hidup tenang dan damai di sebuah lingkungan. Tumpeng ini mempunyai ciri khas nasi putih yang dipadu dengan sayuran berwarna hijau kukus.

Sebagai Wujud Permohonan dan Doa

Terakhir peran tumpeng yang digunakan pada kegiatan yang bertujuan untuk memohon atau berdoa pada yang Maha Kuasa. Banyak orang yang meyakini dengan adanya tumpeng bisa menjadi pelengkap sebuah permintaan untuk segera dikabulkan. Contoh misalnya adalah para petani yang ingin segera mendapati hujan pada sawah mereka maka para petani tersebut menggunakan tumpeng robyong untuk mewakili permintaan mereka. Ada pula orang yang ingin dipanjangkan umurnya sehingga ketika ulang tahun dia memesan tumpeng tumbuk sebagai bentuk permintaannya agar lekas dikabulkan. Memang tak ada hubungan logis pada keduanya akan tetapi falsafah Jawa akan nilai-nilai yang ada dalam tumpeng tentunya tidak bisa dipandang sebelah mata. Oleh karena itulah tak salah jika mengungkapkan permintaan dan doa dengan cara pesan nasi tumpeng di Gunung Sahari Jakarta Pusat.