Cara membuat sambal tidak cepat basi bisa dengan mudah dilakukan agar sambal bisa dinikmati lagi nanti. Buat orang-orang Indonesia dari ujung Sabang sampai Merauke, sebagian besar pasti udah tahu sama yang namanya sambal. Ya, bahkan buat kamu yang suka pedes, makan tanpa sambal rasanya pasti kurang nikmat dan kurang ajib. (Baca juga: Tips Membuat Kue Lemper Lebih Tahan Lama).

  1. Biar sambal lebih tahan lama, sendok yang dipakai nggak boleh bekas sendok buat ngambil bahan makanan lain.

copyright by dapurnyasibohay.wordpress.com

Makan tanpa sambal seperti tidur tanpa guling. Begitu nampaknya arti sambal bagi banyak orang yang memang udah ketagihan sama sambal. Rasa pedas sambal nggak bikin kapok penikmatnya tapi justru bikin pecintanya semakin bertambah. Kini ada banyak banget varian sambal yang bisa ditemui dan dibikin sendiri di rumah. Nah, kalo kamu penggemar berat banget sambal dan seneng bikin sambal tapi suka murung karena baru dibikin pagi sore udah basi. Tips agar sambal tahan lama yang satu ini wajib banget kamu coba. Apa tipsnya? Jangan gunakan sendok yang sudah dipakai buat ambil bahan makanan lain untuk ambil sambal. Apalagi kalo sendok udah masuk mulut. Sediakan dan gunakan sendok khusus buat sambal saja. Dengan begitu, sambal akan bisa tahan lebih lama.

  1. Ternyata kalau sambal disimpan di tempat yang tepat bisa dinikmati sampai sebulan, kira-kira dimana ya?

copyright by tokopedia.net

Suka sebel rasanya kalau udah masak sambal susah-susah ditumis pula pakai minyak sampai matang tapi tetap saja gampang basi. Nah, ada nggak yang salah nih sama tempat nyimpannya. Karena meskipun udah ditumis kalau salah nyimpennya juga sama aja sambal nggak bisa dinikmati lagi besok-besoknya. Tempat nyimpen sambal yang tepat itu ditaruh di dalam wadah tertutup kemudian disimpan di dalam kulkas. Dijamin deh meskipun sudah sebulan, sambal tetap akan nikmat dikonsumsi dan rasanya tetap nggak berubah. Tapi ingat ya, nyimpannya di dalam wadah tertutup. Hal ini bertujuan supaya sambal nggak kemasukan udara dari luar.

  1. Kira-kira biar sambel bisa awet sampai besok halusinnya diuleg atau diblender?

copyright by resepmasakkan-indonesia.blogspot.com

Ada banyak cara ngolah sambal dari mulai ditumbuk atau diulek secara tradisional pakai cobek atau dihaluskan pakai belnder. Agar sambal tahan lama, ternyata teknik yang benar dilakukan adalah diuleg sama cobek. Hasil ulegan cobek sama hasil blenderan sangat jauh berbeda. Kalau diuleg, tekstur cabe, tomat dan bumbu lainnya masih khas dan aromanya masih alami tidak seperti sambal yang diblend, teksturnya justru akan sangat lembut dan aromanya juga berubah.

Menu
  1. Jangan salah pilih bahan ya, Pilih bahan-bahan berkualitas untuk rasa sambel nikmat dan juga bisa tahan lama.

copyright by cookingwithmamamiyuki.wordpress.com

Ternyata kualitas dan kebersihan bahan juga sangat mempengaruhi apakah sambal bisa tahan lama atau tidak. Pilih bahan-bahan yang berkualitas ya. Berkualitas disini nggak harus mahal, tapi menggunakan bahan-bahan yang fresh dan belum membusuk. Selain itu, kebersihan bahan juga harus diperhatikan. Dijamin deh sambal akan tahan lama buat dikonsumsi.

  1. Masak sambal sampai benar-benar matang dan keluarin minyak ya! Baru deh sambal bisa dinikmati sampai beberapa hari.

Banyak nih yang pada cari dan tanya resep sambal tahan lama. Hal ini karena suka saying ngeliat sambal yang udah susah-susah dibikin tapi akhirnya masuk ke tempat sampah karena nggak habis dan waktu mau dimakan udah basi. Cara bikin sambal tahan lama gampang kok. Kamu tinggal olah semua bahan yang hendak dibuat jadi sambal seperti dikukus, direbus atau digoreng. Percaya deh, bahan-bahan sambal yang diolah terlebih dahulu memudahkan kamu dalam mengulegnya. Setelah itu barulah bahan-bahan tersebut diuleg. Lalu tumis lagi sambal yang udah ditumbuk sampai benar-benar matang. Kalau perlu, tuangkan minyak yang masih panas ke dalam sambal. Dijamin deh sambal kamu bisa tahan untuk beberapa hari ke depan.

  1. Pakai perabotan yang steril dan bersih untuk bikin sambel tahan lama.

copyright by youtube.com

Nggak Cuma di dunia kedokteran aja yang perlu kesterilan dan kebersihan. Saat masak pun baik bahan maupun peralatan memasak haruslah bersih. Kebersihan peralatan masak juga dapat membuat sambal lebih tahan lama. Cucilah sampai bersih cobek dan ulegkan serta semua peralatan yang digunakan. Mengolah sambal dengan peralatan bersih dan steril membuat sambal menajdi lebih awet untuk dikonsumsi.

Nah, udah tau kan cara-cara membuat sambal tidak cepat basi. Gampang dilakuin kan? Buruan ambil bahan-bahan sambel di kulkas terus praktekkin dengan tips dan cara di atas. Pasti bikin sambel lebih mamamia lezatos dan sambal lebih awet.