Catering Nasi Tumpeng | Nasi tumpeng yang sarat makna dan simbolik dianggap sebagai sajian yang paling sesuai untuk disajikan dalam sebuah hajatan. Terutama bagi masyarakat jawa, nasi tumpeng ibarat menu wajib yang harus ada dalam setiap hajatan yang mereka selenggarakan. Perkembangannya, nasi tumpeng tidak hanya menjadi sajian wajib dalam hajatan yang diselenggarakan oleh masyarakat jawa. Bahkan sekarang, pembukaan kantor cabang baru atau pembukaan restoran baru juga menggunakan tumpeng sebagian sajian khas yang wajib ada. Hal ini menyebabkan catering nasi tumpeng banyak dibuka dan bisa Anda temui di mana saja.

Diantara sekian banyak catering nasi tumpeng yang dapat Anda temui, banyak kelebihan yang mereka tawarkan. Bahkan banyak diantara catering nasi tumpeng yang menawarkan harga murah untuk setiap pesanan yang Anda lakukan. Sayangnya tidak semua catering nasi tumpeng mampu membuat nasi tumpeng terbaik dengan citarasa yang khas seperti hasil olahan msyarakat jawa. Selain mengurangi rasa, makna simbolik yang terdapat pada tumpeng tentunya akan hilang. Untuk memastikan bahwa catering nasi tumpeng yang Anda pilih tidak mengecewakan Anda, hal-hal berikut ini harus Anda pastikan sebelum melakukan pesanan:

Catering Nasi Tumpeng

Menu pelengkap tumpeng

Berbeda dengan makanan katering biasa, menu pelengkap nasi tumpeng adalah menu yang istimewa. Setiap menu yang digunakan memiliki makna dan simbol tertentu. Karena itu pemilihan menu nasi tumpeng ini harus mirip atau menyerupai menu nasi tumpeng yang dibuat oleh masyarakat jawa. Menu pelengkap nasi tumpeng yang biasa digunakan adalah sayuran atau urap, ikan laut atau lele, daging ayam, sambal goreng teri dan juga telur. Semua menu pelengkap nasi tumpeng ini memiliki makna dan pengharapan tertentu, karena itu Anda harus pastikan bahwa catering nasi tumpeng yang Anda pilih membuat menu tersebut.

Urap atau berbagai macam sayur yang dijadikan satu dicampur dengan parutan kelapa memiliki makna bermacam-macam. Bayam yang digunakan memiliki makna rasa aman dan terhindar dari konflik. Sedangkan penggunaan kangkung pada nasi tumpeng mengandung harapan bahwa manusia dapat hidup menyesuaikan diri dalam keadaan susah ataupun senang. Sementara kacang panjang berarti manusia harus selalu berpikir panjang dalam menjalani kehidupan.

Makna yang dalam juga terdapat pada menu pelengkap tumpeng ikan lele. Ikan lele dianggap sebagai simbol ulet, tekun dan tidak mudah menyerah dalam kehidupan penuh lumpur yang serba susah. Sedangkan ayam merupakan simbol ketenangan hati. Dan telur adalah menu pelengkap nasi tumpeng yang juga wajib ada sebagai simbol sempurnanya manusia berpikir. Karena setiap kali bertindak, manusi wajib mengupas, menimbang dan memutuskan segala tindakannya. Menu pelengkap ini harus Anda pastikan dibuat oleh catering nasi tumpeng yang Anda pilih, sehingga harapan Anda dalam menyelenggarakan hajatan terwakili dalam sajian khas nasi tumpeng.

Variasi tumpeng

Masyarakat jawa menganggap bahwa nasi tumpeng merupakan hidangan penuh makna yang harus disajikan dalam perhelatan yang istimewa juga. Karenanya dulu masyarakat jawa hanya menyuguhkan nasi tumpeng pada acara-acara besar seperti acara pernikahan, kelahiran, khitanan hingga tujuh bulanan kehamilan. Berdasarkan perhelatan yang mereka gelar ini, jenis-jenis tumpeng yang mereka buat juga bermacam-macam sesuai dengan tujuan perhelatan yang mereka selenggarakan.

Menu

Nasi tumpeng yang bisa disajikan pada acara pernikahan adalah tumpeng robyong. Nasi tumpeng robyong biasanya disajikan pada acara yang penuh sukacita seperti pernikahan dan juga khitanan. Nasi tumpeng robyong ditandai dengan nasi tumpeng kuning yang dibentuk kerucut seperti gunungan atau bentuk gunung. Menu pelengkap untuk tumpeng robyong adalah urap, ikan dan ayam. Ciri khas tumpeng robyong adalah adanya telur pada puncak gunungan.

Untuk acara tujuh bulanan, masyarakat jawa akan membuat tumpeng nujuh bulan untuk disajikan. Berbeda dengan tumpeng robyong yang dibuat dengan nasi kuning, tumpeng nujuh bulan dibuat dengan nasi putih. Nasi putih ini akan dibentuk kerucut atau gunungan yang diletakkan ditengah-tengah nampan atau bakul. Nantinya satu tumpeng ini akan dikelilingin tumpeng kecil di sekelilingnya sejumlah 6 buah tumpeng. Jumlah tumpeng yang ada dijumlahkan adalah 7 buah. Biasanya tumpeng nujuh bulan selain berjumlah tujuh juga akan diberi menu pelengkap sejumlah 7 rupa.

Anda harus memastikan bahwa penyedia pesan nasi tumpeng yang Anda pilih mampu membuat berbagai macam tumpeng sesuai dengan pesanan Anda. Selain tumpeng nasi kuning, catering nasi tumpeng juga harus mampu membuat tumpeng nasi putih. Beberapa pelanggan nasi tumpeng menyukai variasi bentuk tumpeng dengan tumpeng susun atau bentuk lainnya. Anda harus memastikan bahwa catering nasi tumpeng yang Anda pilih mampu mengerjakan berbagai jenis tumpeng yang seringkali diminati pelanggan.

Rasa tumpeng

Tumpeng dibuat dengan nasi yang diramu khusus sehingga memiliki rasa gurih yang khas. Nasi yang berasa gurih ini tentunya akan janggal jika tidak disertai menu pelengkap tumpeng yang memiliki rasa sepadan dengan nasi berasa gurih tersebut. Memastikan bahwa catering nasi tumpeng pilihan Anda mampu menciptakan rasa yang sesuai antara nasi dengan menu pelengkap tumpeng adalah sebuah keharusan. Tentunya Anda tidak mau para undangan yang telah hadir membicarakan perhelatan yang Anda selenggarakan hanya karena rasa nasi tumpeng yang Anda hidangkan tidak enak. Catering nasi tumpeng yang profesional mampu membuat nasi tumpeng dengan rasa terbaik sesuai dengan resep nasi tumpeng masyarakat jawa.

Harga tumpeng

Jangan pernah menggunakan rumus harga menentukan rasa setiap kali Anda memesan tumpeng pada catering nasi tumpeng pilihan Anda. Makanan berbeda dengan barang yang memiliki kualitas bagus jika harganya mahal. Tumpeng yang dibuat dengan harga mahal belum tentu memiliki rasa yang Anda inginkan. Sebaliknya, tumpeng yang dibuat dengan harga murah bisa saja memiliki rasa luar biasanya yang selalu Anda bayangkan setiap kali mencicipi nasi tumpeng.

Lakukan survei terlebih dahulu pada setiap catering nasi tumpeng. Selain memastikan rasa, Anda juga harus memastikan harga. Setiap kali melakukan survei, Anda harus mencatat kelemahan dan keunggulan katering tersebut. Dari hasil survei yang Anda lakukan pilihlah catering dengan harga yang terjangkau namun memiliki rasa luar biasa. jangan tergoda dengan berbagai macam diskon atau promo pihak katering, karena Anda bisa kecewa jika ternyata tumpeng promo justru memiliki rasa yang yang tidak Anda harapkan.

Fasilitas delivery

Nasi tumpeng berbeda dengan nasi kotak. Jika nasi kotak bisa Anda bawa dengan mudah menggunakan motor atau mobil pribadi, tidak demikian dengan tumpeng. Cara membawa yang salah akan berakibat fatal pada tumpeng Anda. Selain tidak lagi bisa dimakan, nasi tumpeng Anda juga tidak dapat disajikan di depan undangan karena rusak. Karena itu sangat dianjurkan untuk memilih catering nasi tumpeng yang menyediakan fasilitas delivery. Terutama jika Anda memilih catering nasi tumpeng yang berlokasi cukup jauh dari rumah, fasilitas delivery ini akan sangat membantu Anda. Biasanya fasilitas delivery ini akan menjamin nasi tumpeng pesanan Anda selamat sampai di tempat dengan proses pengiriman yang aman.