Daftar Menu Buka Puasa Bersama –  Sangatlah beragam, mulai dari makanan umum yang ada di seluruh nusantara sampai pada daftar menu makanan yang khas daerah tertentu. Salah satu daerah yang khas dengan makanannya adalah Yogyakarta. Ada beberapa menu khas untuk berbuka puasa yang bisa anda peroleh ketika anda sedang berada di sana. Salah satu makanan pembuka yang dapat digunakan untuk ta’jil adalah Gemblong Kicak. Gemblong Kicak adalah makanan khas yang dibuat dari dasar beras ketan dengan bahan campuran lainnya sehingga menghasilkan rasa yang istimewa. Uniknya, kicak sendiri hanya dapat dijumpai pada bulan puasa saja, dan tidak semua pusat kuliner dapat menyediakannya. Berbekal rasanya yang enak dan menyehatkan, maka makanan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai menu buka puasa anda.

Daftar Menu Buka Puasa Bersama

Pilihan Menu Buka Puasa Bersama

Daftar Menu Buka Puasa Bersama, Gemblong Kicak tersebut ternyata bisa anda dapatkan di rumah anda sendiri dengan cara membutanya sesuai dengan resep berikut ini: Bahan-bahan yang diperlukan untuk 16 buah gemblong meliputi beras ketan putih sebanyak 500 gram yang sudah direndam kira-kira 2 jam, satu butir kelapa parut, air matang sekitar 250 ml, garam dapur satu sendok teh, daun pandan 3 lembar, dan daun pisang secukupnya. Selain harus menyediakan bahan utama Gemblong Kicak, anda juga harus membuat saus gulanya yang akan membutuhkan santan sekitar 500 ml, satu sendok makan garam, irisan gula merah sebanyak lima sendok makan, tepung beras sebanyak 1 sendok teh, serta delapan buah nangka yang dipotong menyerupai dadu.

Cara membuat Gemblong Kicak memang tidak terlalu sulit, namun jika ini adalah pengalaman pertama bagi anda, maka hal ini akan sedikit menyulitkan. Oleh karena itu, ikutilah langkah-langkahnya. Pertama-tama, beras ketan putih dapat dicampurkan dengan kelapa parut, lalu aduklah hingga rata dan kukus sekitar 25 menit. Tambahkan garam dan daun pandan pada air mendidih lalu masukkan beras ketan dan aduklah sampai airnya habis. Setelah itu, angkat dan kukus hingga matang dan masukan ke loyang yang telah dilapisi daun pisang, jangan lupa kasih minyak goreng sebagai pelumasnya. Langkah selanjutnya adalah dengan menumbuk halus ketan yang telah dikukus tadi dan masukan kembali ke loyang. Terakhir sajikan dengan saus gula yang dapat dibuat dengan cara merebus santan, garam, gula merah, serta tepung beras hingga mendidih jangan lupa tambahkan nangka dan aduklah hingga rata. Untuk memperoleh daftar menu buka puasa bersama yang lainnya anda dapat mengakses Royal Snack Box.