Jual Kue Basah Jakarta Utara – Dulu sebelum hadirnya tren membungkus kue menggunakan plastik, kue tradisional biasanya dibungkus dengan daun pisang. Penggunaan daun pisang membuat kue terlihat rapi dan lezat. Rasa yang dihasilkan juga khas dan agak berbeda daripada kue yang dibungkus dengan plastik. Memanfaatkan daun pisang sebagai pembungkus atau sebagai alas dapat mengurangi penggunaan plastik di muka bumi. Daun pisang juga baik untuk kesehatan dan membuat kue berbau harum. Kue tradisional yang menggunakan daun pisang ada beberapa jenis, rasanya juga enak, berikut contohnya.

Jual Kue Basah Jakarta Utara

Jual Kue Basah Jakarta Utara

Jual Kue Basah Jakarta Utara yang Dibungkus Dengan Daun Pisang

  1. Lalampa

Makanan yang bisa dibilang mirip lemper ini adalah kue khas masyarakat Manado. Kue ini tidak sama dengan lemper dalam hal isinya, lalampa ini menggunakan ikan tongkol. Lemper umumnya berbentuk persegi sedangkan lalampa berbentuk lonjong atau persegi panjang.

  1. Nagasari

Nagasari dari toko kue basah online memiliki rasa yang manis dengan sentuhan lembut saat berada di mulut. Tentu saja tekstur lembutnya ini dibuat menggunakan tepung beras, tepung sagu, gula dan santan. Agar lebih nikmat dan lezatnya bisa ditambahkan potongan buah pisang ditengahnya ataupun potongan nangka yang dicampur dalam adonan. Setelah itu, adonan dibentuk sesuai selera boleh persegi atau persegi panjang, dibalut menggunakan daun pisang dan dikukus hingga matang.

  1. Lemet singkong

Dari namanya saja, semua orang pasti sudah tahu kue ini dibuat dengan menggunakan singkong sebagai bahan utamanya. Singkong yang ditelah dibersihkan diparut dan ditambahkan kelapa parut serta gula merah. Adonan ini dibentuk lonjong memanjang dibungkus menggunakan daun pisang dan dikukus.

  1. Lemper

Dibuat menggunakan beras ketan serta santan untuk isiannya digunakan ayam yang telah disuwir. Bentuk kue ini agak persegi dan tebal sehingga banyak dimanfaatkan sebagai kue tampah Jakarta. Jika dilihat dari cara memasaknya, maka lemper bisa dibagi menjadi dua jenis yaitu lemper yang dimasak dengan cara dikukus dan lemper yang dimasak dengan cara dibakar. Jika dilihat dari rasanya, baik lemper kukus atau lemper bakar, keduanya memiliki rasa yang manis. Namun, di antara kedua lemper ini ada satu yang tidak mudah basi yaitu lemper yang dimasak dengan cara dibakar dan memiliki tekstur yang lebih kenyal dibandingkan lemper kukus.

  1. Arem-arem

Arem-arem bagi sebagian orang mungkin menganggapnya mirip dengan lontong, padahal beda meskipun arem-arem ini juga menggunakan beras sebagai bahan utamanya dan ada tambahan isian di tengahnya. Untuk isiiannya digunakan sambal goreng ayam dan sayuranΒ  kemudian dimasak dengan santan. Arem-arem memiliki rasa yang begitu gurih dan ada rasa pedasnya juga karena diisi dengan sambal goreng. Selain sambal juga bisa diisi sayuran dan ati ampela.

  1. Carang gasing

Makanan yang juga dikenal dengan nama bongko ini adalah kue khas Solo. Makanan ini dibuat dengan menggunakan buah pisang dan santan kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dengan cara dikukus. Kue ini juga bisa ditambahkan menu lain misalnya menggunakan roti tawar.

  1. Kue bugis

Kue bugis ini bisa juga ditemukan di daerah lain di Makassar. Sebenarnya kue ini memang kue khas suku Bugis, yang dibuat dengan menggunakan tepung beras dan diisi dengan kelapa parut yang dicampur dengan gula merah. Kue bugis ini berwarna hijau atau kalau mau membuat dengan warna lain juga boleh.

  1. Jojorang

Makanan yang dapat ditemukan di kue tampah mini Jakarta ini juga dibalut dengan daun pisang ini juga dimasak dengan cara dikukusΒ  menggunakan daun pisang. Bahan dasar pembuatannya menggunakan tepung beras, selanjutnya dicampur dengan santan, tepung kanji dan gula merah. untuk rasanya, jojorang memiliki rasa yang manis dan gurih.

  1. Barongko

Barongko di masa dulu adalah makanan mewah yang digunakan sebagai makanan penutup bagi keluarga kerajaan. Namun, seiring waktu berlalu dan Indonesia juga tidak dipegang oleh kerajaan lagi, kue ini bisa dibuat sendiri di rumah. Bahan yang digunakan adalah pisang kapok kemudian dicampur dengan susu, telur dan gula merah. semua bahan di atas dihaluskan untuk lebih lezatnya bisa ditambahkan potongan nangka atau irisan kelapa. Dibuat hingga berbentuk dan dibungkus dengan daun pisang setelah itu dikukus.

  1. Getuk pisang

Sesuai dengan namanya, makanan khas Kediri ini dibuat dengan menggunakan buah pisang yaitu buah pisang raja nangka. Getuk pisang ini memang tidak terlalu terkenal, untuk bisa menikmatinya bisa berkunjung langsung ke Jawa Timur. Getuk ini dibentuk bulat memanjang dengan warnanya agak merah agak kecoklatanΒ  dan dibungkus dengan daun pisang.

Demikianlah beberapa macam kue tradisional yang menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya. Kue tradisional ini tersebar di daerah-daerah Indonesia. Rasanya juga berbeda daripada kue yang tidak menggunakan daun pisang. Berbagai kueΒ  basah saat ini bisa dibeli di tempat jual kue basah Jakarta utara yaitu Royal Snack Box yang menyediakannya dalam bentuk paket dengan harga terjangkau.

Sending
User Rating 3 (2 votes)