Jual Kue Basah Tampah – Anda harus mengetahui bahan-bahan yang membuat kue Indonesia terasa nikmat dan lezat. Bahan-bahan yang menjadi faktor penting adalah bahan pemberi rasa dan bahan pengembang. Jika Anda mengetahui dengan jelas bahan pemberi rasa dan bahan pengembang yang baik, tentu saja kue yang dibuat juga akan maksimal. Bahan pemberi rasa yang digunakan untuk kue-kue di Indonesia mempunyai rasa manis, asin, dan rasa lain seperti rempah-rempah. Karena itu untuk membuat kue yang diinginkan, Anda dapat harus tahu jelas, agar rasa yang kue ciptakan dapat terasa nikmat.

Jual Kue Basah Tampah
Jual Kue Basah Tampah

Berbagai Bahan Rasa dan Pengembang yang Dipakai oleh Orang Jual Kue Basah Tampah

Untuk kue Indonesia, penambah rasa manis biasanya menggunakan gula pasir ataupun gula merah. Meskipun terlihat sama, sebenarnya tiap jenis gula memberikan rasa manis yang berbeda dan kepekaan panas yang berbeda. Gula dalam pembuatan kue dapat mengurangi kekenyalan yang dihasilkan tepung, karena gula tidak dapat menahan air sehingga dapat menyerap kekenyalan tersebut. Selain itu, gula juga dapat membantu pembentukan warna kulit kue, pengawet, dan memberikan aroma. Terdapat beberapa jenis gula untuk pembuatan kue, yaitu:

  • Gula pasir biasa

Gula ini dihasilkan dari pengolahan air tebu, yang membentuk Kristal yang besar dalam adonan sehingga sulit untuk larut dan membutuhkan waktu yang lama. Orang yang jual kue basah nampan biasanya menggunakan bahan ini untuk berbagai macam kue, dan tidak terbatas untuk kue tertentu. Sehingga harus dimiliki untuk semua dapur sebagai alternatif jika tidak memiliki gula yang lain.

  • Gula pasir halus

Sama dengan gula pasir lainnya, gula pasir halus juga merupakan hasil dari pengolahan air tebu, butirannya lebih halus sehingga mudah larut dalam berbagai adonan. Gula pasir halus bisa digunakan untuk kue-kue basah karena sesuai dengan tekstur dari kue basah yang halus.

  • Gula halus

Gula halus atau biasanya disebut icing sugar, merupakan gula pasir yang digiling halus sehingga bentuknya seperti tepung. Gula halus dapat biasanya tidak menjadi salah satu bahan untuk adonan pembuatan kue, tetapi menjadi taburan/olesan yang diletakan diatas kue seperti pada donat ataupun kue tart.

  • Gula kelapa

Gula ini dibuat dari air kelapa yang direbus hingga kental dan berubah menjadi berwarna merah, sehingga bentuknya agak padat menjadi seperti caramel. Toko kue jajanan pasar menjadi gula khusus untuk kue yang tidak bisa digantikan dengan lain karena memiliki kandungan mineral, aroma khas, dan rasa yang berbeda. Selain itu gula kelapa juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk mencegah anemia, mengobati sariawan, dan meredakan batuk dan demam.

  • Madu

Madu berasal dari nektar yang menempel bunga yang diserap oleh tawon sehingga bentuknya menyerupai sirup kental. Nektar ini mengandung 20% gula dan 80% air, dengan warna dan kepekatan yang bervariasi tergantung dari sumber madu yang didapatkan. Biasanya madu cocok untuk kue besar, tetapi harus diperhatikan penggunaan madu karena dapat membentuk caramel saat terkena panas, oleh karena itu suhu oven harus diatur agar tidak terlalu panas.

Bahan pengembang menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam pembuatan kue, karena pengembangan kue yang sempurna akan membuat tampilan kue menjadi enak dilihat dan meningkatkan nafsu makan. Bahan pengembang sendiri dibagi menjadi beberapa jenis.

Pertama adalah bahan pengembang alamiyang  menggunakan bahan-bahan alami tanah Indonesia. Bahan pengembang alami yang umum digunakan adalah:

  • Tape

Tape dapat mengembangkan kue dengan baik dan merata jika takaran atau komposis yang digunakan tepat dan tidak lebih atau kurang. Biasanya tape yang digunakan adalah tape singkong.

  • Telur

Telur yang sudah menjadi bahan utama untuk kue khususnya kue besar memang menjadi pengembang kue yang umum digunakan. Telur yang digunakan adalah telur ayam kampung, telur bebek ataupun telur ayam negeri. Untuk pemilihan tepung ini harus diperhatikan bentuk dan ukuran telur yang digunakan. Kualitas telur harus baik dan segar seperti kuning telur yang bulat, putih telur yang kental, dan memiliki lubang udara yang kecil serta tidak berbau busuk. Selain menjadi pengembang bahan yang digunakan oleh toko kue basah online ini juga memiliki fungsi seperti memberi warna dan tambahan rasa pada kue, memperbaiki komposisi, bahan pengikat, dan memiliki kandungan gizi yang baik untuk kue.

Sedangkan untuk bahan pengembang buatan yang sering digunakan adalah:

  • Ragi

Ragi dapat membantu pengembangan kue dengan baik, biasanya ragi yang digunakan adalah ragi tape, ragi basah dan ragi instan.

  • Soda kue

Soda kue juga biasanya menjadi pengembang tambahan selain penggunaan telur, selain itu soda kue juga dapat membantu dalam proses pembentukan serat kue,.

  • Baking powder

Bubuk khusus ini membantu proses pengembangan kue, asalkan takaran yang digunakan cukup. Baking powder dapat membantu proses fermentasi dari kue.

Demikianlah beberapa bahan yang digunakan untuk memberi rasa dan mengembangkan kue yang biasa digunakan oleh orang yang jual kue basah tampah. Jika Anda tidak ingin kesulitan membuatnya sendiri, maka bisa juga memesannya dari Royal Snack Box.

Sending
User Rating 5 (1 vote)