Jual Kue Basah di Kelapa Gading – Kue basah memang menjadi makan populer baik dari rasanya, teksturnya ataupun bentuknya. Untuk menghasilkan rasa yang lezat dan tekstur yang lembut dan kenyal, tentu saja ada bahan tersendiri yang digunakan saat membuat kue basah tersebut. Bahan-bahan yang digunakan untuk setiap kue tidak selalu sama. Tidak semua kue dibuat dengan menggunakan satu jenis tepung saja. Kue lain menggunakan tepung lain. Kue basah dan kue tradisional pada dasarnya disamakan. Karena kue tradisional juga ada kue basah, namun ada juga kue keringnya.

Jual Kue Basah di Kelapa Gading

6 Bahan Penting Diketahui Sebelum Jual Kue Basah di Kelapa Gading

Kue basah di beberapa daerah ada yang hampir sama namun yang membedakannya itu terletak pada rasanya. Kue basah dibuat dengan menggunakan air yang agak banyak. Beda dengan kue kering yang proses pematangannya ada yang dipanggang dalam oven. Kue basah tidak harus selalu yang memiliki rasa manis, meskipun pada umumnya memang kue basah memiliki rasa manis. Kue basah ada yang teksturnya kenyal dan melekat, seperti lem.

Agar kue basah yang dihasilkan memiliki tekstur yang gurih, ada rasa manis, sedikit asam, ada yang memiliki tekstur kenyal, lengket. Berbagai hasil tersebut juga dipengaruhi oleh bahan yang digunakan. Jika ingin kuenya bagus, tentu saja bahan yang digunakan harus yang berkualitas. Kue basah yang sudah memiliki bau yang tidak sedap jangan diambil lagi.

Jika bahan yang digunakan dalam membuat kue basah tidak sesuai takaran dan salah bahan tentu hasil kuenya pun tidak bagus. Sehingga mengetahui bahan yang akan digunakan apa perbedaan bahan satu dengan bahan lainnya perlu diketahui. Berikut ini ada 6 bahan yang sering digunakan dalam proses pembuatan dari kue basah:

  • Tepung kanji

Ternyata salah satu bahan populernya bernama tepung, baik tepung kanji ataupun tepung terigu. Tepung kanji juga dikenal dengan nama tepung tapioka. Tepung sering digunakan dalam membuat kue tertentu ini terbuat dari singkong. Salah satu kue dari toko kue basah online yang menggunakan tepung kanji adalah kue tradisional yang bertujuan untuk membuat makanan lengket dan kenyal. Kue yang menggunakan tepung kanji bisa kita contohkan cenil. Cenil ini menarik dengan bentuknya yang unik dan warna warni permukaanya. Cenil disajikan dengan taburan kelapa parut dan gula pasir. Selain iu, kue yang juga menggunakan tepung kanji lainnya yaitu ongol ongol dan kue lapis.

  • Tepung ketan

Tepung ketan juga ada digunakan dalam pembuatan kue basah. Manfaat dari penggunaan tepung ketan ini juga membuat kue menjadi lembut dan legit. Tepung yang bisa dibilang mirip tepung beras ini terbagi ada dua macam yaitu yang berwarna hitam da nada juga yang berwarna putih. Salah satu contoh kue tradisional yang menggunakan tepung ketan ini adalah klepon yang dibuat dengan perpaduan garam, tepung beras dan gula merah kemudian diberi pewarna.

  • Tepung beras

Tepung beras juga menjadi tepung banyak digunakan dalam pembuatan kue tampah Jakarta tradisional. Sesuai dengan namanya, tepung beras dibuat dari beras yang berwarna putih kemudian dihaluskan jadilah tepung. Penggunaan tepung beras ini menjadikan kue lentur dan lembut. Kue tradisional yang menggunakan tepung beras diantaranya kue nagasari, talam dan kue mangkok.

  • Tepung hunkwe

Mungkin sebagian orang belum pernah mendengar nama tepung ini bahkan ini pertama kalinya nama tepung hunkwe mendarat di telinganya. Sebenarnya tepung ini dibuat dari pati kacang hijau. Tentu saja kacang hijau dipilih yang memiliki kualitas bagus dan tidak diambil kulit arinya. Untuk mendapatkan tepung ini bisa membelinya, yang dijual dalam kemasan dengan berbentuk silinder. Jika menggunakan tepung ini untuk membuat kue, maka pengaruhnya hadir pada kekenyalan tekstur kue dan membuat aroma kue menjadi harum. Salah satu makanan yang menggunakan tepung ini adalah cendol.

  • Santan

Santan juga termasuk bahan yang umumnya dipakai dalam pembuatan kue basah atau kue tradisional. Kue basah dimasukkan dalam adonan atau untuk campuran serta ada juga yang dipakai sebagai siraman ketika kue basah akan dihidangkan. Salah satu kue nampan enak di Jakarta yang menggunakan santan ini adalah serabi. Jika tidak ada santan, maka serabi tidak bisa dibuat.

  • Gula merah

Bahan yang sering digunakan dalam pembuatan kue basah ini memberikan rasa manis pada kue basah. Selain itu, gula merah ini juga bisa dijadikan sebagai pelengkap, sebagai isian dan sebagai bahan pembuatan saus. Dengan adanya gula merah, kue basah menjadi lebih enak dan manis.

Demikiankah penjelasan tentang 6 bahan populer yang sering digunakan dalam pembuatan kue. Salah satu tempat jual kue basah di kelapa gading yang terbaik adalah Royal Snack Box. Yang hanya menggunakan bahan terbaik sehingga jangan ragu lagi untuk memesan kue basah untuk berbagai keperluan acara di sini.

Sending
User Rating 5 (1 vote)