Macam-macam jenis kurma untuk berbuka puasa – Bulan ramadhan sangatlah identik dengan buah kurma yang sering dijadikan menu utama saat sahur ataupun berbuka puasa. Rasanya yang manis memberikan energi bagi kita untuk melaksanakan puasa. Sebagian besar orang hanya membeli kurma tanpa memperhatikan jenisnya. Padahal, setiap jenis kurma memiliki ciri khas tersendiri. Tidak ada salahnya jika saat ini kita akan mengenal berbagai jenis kurma yang harus kamu ketahui.

Buah kurma ini tidak hanya bisa dikonsumsi secara langsung, melainkan juga bisa dikombinasikan dengan bahan lain atau dibuat makanan lain seperti kue, pudding, manisan, dan lain sebagainya. Untuk itu, kamu bisa menggunakan kurma ini sebagai salah satu bahan olahan untuk membuat makanan yang lezat dengan rasa khas kurma. Sesuaikan juga jenis kurma ini dengan masakan yang ingin kamu buat agar rasa yang dihasilkan semakin lezat dan nikmat sebagai hidangan berbuka puasa.

  1. Daging kurma barhi yang tebal dan nikmat cocok untuk bermacam-macam olahan

Copyright by perutgendut.com

Copyright by perutgendut.com

Warna kurma ini seperti sawo matang yang terang tapi saat matang warnanya akan lebih gelap, yakni coklat tua. Kurma ini memiliki bentuk hampir silinder dan tekstur yang lembut karena dagingnya lebih tebal dan terasa seperti karamel. Karena dagingnya yang tebal sehingga kurma ini sangat cocok dibuat sebagai olahan yang lain karena rasa kurmanya akan sangat terasa.

  1. Kurma Ajwa yang sering disantap oleh Nabi dan dapat ditemui di kota Madinah

Mungkin kamu pernah mendengar yang namanya kurma nabi. Kurma Ajwa inilah yang dimaksudkan karena Nabi sangat menyukai kurma jenis ini. Kamu hanya bisa menemui tumbuhan kurma ini di Kota Madinah dengan ciri kurma berwarna hitam, tekstur lembut, tidak manis tapi rasanya hampir mirip dengan kismis.

  1. Kurma Kholas warna coklat terang nan menawan yang terkenal di daerah Saudi Arabia

Bentuknya hampir sama dengan kurma barhi dengan warna cokelat terang. Kurma ini menjadi salah satu kurma yang cukup terkenal di Saudi Arabia, terutama di daerah Qatif (Al-Sharqheyah) dan Huffuf (Al-Ahsa) karena rasanya yang tidak terlalu manis dan memiliki tekstur empuk. Rasa manis yang pas ini menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa orang yang tidak menyukai rasa manis.

  1. Kurma Maktoon dengan ukuran lebih besar pastinya lebih mantap saat dimakan

Kurma ini berukuran lebih besar dengan warna merah kecoklatan serta mempunyai tektur kulit yang lembut dan tebal dengan rasa yang tidak begitu manis.

  1. Kenyalnya daging dari kurma Khidri untuk olahan dasar kurma agar lebih sedap

Copyright by khasiat.co.id

Copyright by khasiat.co.id

Kurma ini memiliki ciri berwarna maroon gelap dan teksturnya lebih kering. Cita rasanya tidak begitu manis kenyal. Biasanya, kurma ini sering digunakan sebagai bahan dasar olahan kurma, seperti kurma isi almond, jeruk, atau cokelat. Kamu juga bisa menjadikan kurma ini untuk dijadikan makanan lain agar lebih nikmat dalam menyantapnya.

  1. Kurma Majol asal Maroko yang rasanya tidak kalah manis dengan jenis kurma lainnya

Copyright by hangat.com

Copyright by hangat.com

Mungkin sedikit berbeda dengan kurma yang lainnya karena kurma Majol berasal dari Maroko tapi ada juga yang tumbuh di Jordan, Amerika Serikat, Israel, Palestina dan Arab Saudi sendiri. Untuk teksturnya, kurma ini terasa lebih empuk karena mengandung banyak air dengan bentuknya yang besar. Rasanya pun tidak kalah manis dengan jenis kurma yang lain.

  1. Kurma Mazafati, namanya sangat unik! Bagaimana dengan rasanya, ya?

Copyright by kurmasupplier.com

Copyright by kurmasupplier.com

Kamu bisa menjumpai tumbuhan kurma ini di Iran dan Kerman. Kurma ini memiliki ciri khas dengan warnanya yang gelap. Teksturnya terasa lembut dengan ukuran yang sedang dan rasa manisnya pas. Ketika kamu ingin mengonsumsi kurma ini, maka carilah kurma yang masih segar karena kurma jenis ini tidak bisa tahan lama. Namun jika kurma ini disimpan dalam suhu -5 derajat celcius maka kurma bisa tahan hingga 2 tahun lamanya.

  1. Tingginya harga kurma Sokari, butuh kantong tebal untuk membeli kurma ini, nih…

Kurma ini mempunyai tekstur yang lembut dan kenyal, tapi ada juga yang sedikit keras. Kurma berwarna kuning kecoklatan ini berasal dari Saudi Arabia dan termasuk dalam jenis kurma dengan harga paling tinggi dan sangat disukai. Rasa kurma Sokari sedikit kering, namun tetap terasa manis di lidah.

  1. Kombinasi dua warna dari kurma Sekki tentunya sangat menarik untuk dilihat mata

Kurma ini identik dengan kombinasi dua warna yaitu kecoklatan pada bagian bawah dan kekuning-kuningan pada bagian atasnya. Tekstur di bagian atas lebih keras dibandingkan bagian bawahnya yang lebih kenyal dan empuk. Rasa manis yang sedang membuat banyak orang menyukai kurma ini.

10. Kurma Thoory yang populer di Aljazair, warnanya bisa berubah, lho!

Copyright by kabarin.co

Copyright by kabarin.co

Kurma kering ini cukup terkenal di daerah Aljazair. Warnanya coklat kemerahan tapi jika kamu mengawetkannya maka warnanya akan berubah menjadi kebiruan dan kulitnya menjadi keriput. Terkadang, kurma jenis ini memiliki daging yang keras tapi ada juga yang rapuh tapi rasanya tetap manis.

Pada zaman dulu, kurma sudah dikenal sangat berkhasiat, terlebih ketika kita menunaikan ibadah puasa. Nabi Muhammad saja memiliki kebiasaan dengan mengonsumsi kurma saat sahur ataupun berbuka sehingga kita bisa meneladaninya dengan baik. Banyaknya jenis kurma di atas dapat dijadikan pertimbangan, jenis kurma mana yang menjadi favorit kita. Pada dasarnya, macam-macam jenis kurma untuk berbuka puasa memiliki harga yang berbeda-beda tergantung dengan kualitas kurmanya sehingga kamu bisa menyesuaikannya sendiri dengan keinginan dan kebutuhan. Selain itu, kurma ini tidak hanya bisa dikonsumsi secara langsung, namun juga ada beberapa yang cocok dijadikan berbagai macam olahan menggugah selera.