Macam-macam kue daerah yang mendunia – Indonesia memang terkenal dengan berbagai kebudayaan dan kekhasan setiap daerahnya. Setiap daerah memiliki karakteristik yang berbeda-beda seperti tari adat, rumah adat, tak ketinggalan dengan makannya. Tidak banyak makanan daerah yang masih tersisa hingga sekarang. Kue-kue daerah menjadi jajanan pasar yang lebih mudah untuk dijumpai dibandingkan makanan daerah yang lain. Meskipun sekarang ini sudah banyak makanan modern dari luar negeri yang masuk ke dalam Indonesia, tapi eksistensi kue-kue daerah ini tidak kalah dan masih bisa bertahan hingga sekarang. Sebagai orang Indonesia, kita harus bangga memiliki kue-kue daerah yang tidak kalah lezat dengan makanan modern.

Berikut ini beberapa kue tradisional khas Indonesia yang bisa kamu temui di berbagai macam daerah dan kota, tidak hanya rasanya yang enak tapi kue-kue ini juga tampilannya lucu serta harganya biasanya murah meriah.

  1. Bika Ambon khas dari Medan yang sudah mendunia dengan warnanya yang kuning cerah menggugah selera

Copyright resepdanmasakan.com

Copyright resepdanmasakan.com

Kue ini berasal dari daerah Medan dengan kelezatan khas yang akan membuat kamu penasaran. Teksturnya yang lembut dah halus akan memberikan kekenyalan saat di makan di mulut. Ketika kamu memasukkan kue bika Ambon di dalam mulut maka kamu akan merasakan perpaduan rasa antara manis, asam dan gurih. Perpaduan rasa inilah yang menjadi ciri khas tersendiri dan rasanya menjadi harmoni yang akan membuat kita ingin selalu memakannya. Biasanya, bika Ambon disajikan dengan segelas kopi atau teh panas untuk menemani kamu dalam melewati sore hari.

  1. Bentuknya sangat lucu! Ini dia indahnya putu mayang yang akan meningkatkan selera makan kamu

Copyright vidio.com

Copyright vidio.com

Ciri khas dari makanan tradisional ini adalah bentuknya yang cantik. Kue tradisional ini dibuat dengan warna-warna cerah yang didapatkan dari bahan perwarna alami seperti daun suji, wortel dan lain sebagainya. Kue yang terbuat dari ubi merah ini termasuk dalam jajanan pasar dengan harga begitu terjangkau sehingga siapa saja dapat membeli dan mencicipi rasanya yang nikmat. Rasanya akan bertambah lezat jika ditambahkan santan atau parutan kelapa dengan gula jawa. Hidangan putu mayang dengan segelas teh hangat untuk melengkapinya.

  1. Kejutan klepon saat dimasukkan ke dalam mulut langsung lumer gulanya…

Copyright marzzz89.blogspot.co.id

Copyright marzzz89.blogspot.co.id

Klepon merupakan kue khas Indonesia yang dapat ditemukan hingga sekarang di berbgai pasar tradisional. Pada umumnya, klepon lebih sering dijual di pagi hari dengan dibungkus menggunakan daun pisang yang masih segar. Ciri khas kue ini adalah bentuknya yang bulat, berwarna hijau, mempunyai ukuran sedikit lebih besar dibanding kelereng dan terbuat dari tepung ketan. Saat kamu mengingit klepon maka gula jawa cair di dalamnya akan meleleh di mulut dan inilah sensasi ketika mengonsumsi klepon. Rasa yang lezat pada klepon akan membuat kamu terus ketagihan dan ingin memakannya terus.

  1. Wajik tak kalah nikmat dan tak kalah cantik dari tampilan coklat

Copyright kulinerblusukan.com

Copyright kulinerblusukan.com

Banyak negara luar yang dengan bangganya mempromosikan coklat sebagai makanan khas sana dan kita tidak perlu minder dengan hal tersebut karena Indonesia sendiri memiliki makanan yang hampir sama dengan coklat yakni wajik. Rasa manis pada wajik dapat mengalahkan kelezatan coklat. Wajib merupakan salah satu makanan tradisional khas Indonesia yang berasal dari beras ketan dengan campuran gula jawa. Wajik memiliki warna kecoklatan yang akan meningkatkan selera makan kamu. Dengan sekali gigit, pasti kamu hanya ingin terus memakannya. Wajik yang sudah masuk ke mulut akan lumer dengan rasa manis dan tekstur yang kenyal dari beras ketan membuat citarasa yang begitu lezat. Wajik cocok dijadikan sebagai sajian pembuka atau snack di sore hari.

  1. Uniknya nama kue cucur tak kalah unik dengan raanya yang nikmat

Copyright resepcaramasak.info

Copyright resepcaramasak.info

Kue ini memiliki bentuk yang sederhana yakni berbentuk bulat dan bewarna coklat dari gula Jawa. Tampilan yang sederhana bukan berarti rasanya dapat diremehkan begitu saja. Jika kamu sudah menggigitnya maka rasa manis yang begitu elegan tidak akan bisa kamu lupakan. Meskipun rasanya yang cukup manis, tapi tidak akan membuat kamu mual atau bosan. Kue ini memiliki tekstur yang ringan jadi kamu dapat memakannya sampai tiga kue dalam sekali lahap. Tak perlu khawatir jika kamu ingin memakan kue ini dengan jumlah yang banyak karena kue ini tidak mudah membuat kenyang. Bagi orang Jawa, kue cucur disebut-sebut sebagai masterpiece kue tradisional.

  1. Warna-warni gethuk yang cantik dengan banyak sekali jenisnya bisa kamu coba

Copyright agathadelicioustaste.files.wordpress.com

Copyright agathadelicioustaste.files.wordpress.com

Makanan yang menjadi bagian dari lirik lagu ini merupakan makanan tradisional Indonesia yang memiliki tampilan menarik. Kue ini terbuat dari singkong di mana harga singkong sangat murah tapi siapa sangka jika dengan bahan yang murah itu bisa dibuatnya gethuk yang lezat. Di daerah Jawa sendiri terdapat 10 jenis gethuk di mana semuanya mempunyai bentuk dan rasa yang berbeda-beda. Beberapa di antaranya adalah gethuk gulung, lindri, trio dan lain sebagainya. Kenikmatan gethuk akan bertambah jika dimakan dengan gula jawa leleh atau parutan gurih kelapa yang dicampurkan di atasnya yang akan membuat kamu semakin berselera dalam memakannya.

Itu dia macam-macam kue daerah yang mendunia dan rasanya sangatlah maknyuss di lidah dan para turis juga sangat suka memakannya. Sebetulnya banyak sekali makanan kecil dan masakan dari tanah air yang sudah dikenal luas sampai ke pelosok dunia. Kue-kue tradisional di atas juga mudah ditemui dimana saja apalagi banyak dari kue tersebut dijual sebagai jajanan pasar, kamu bisa coba mencicipinya kapanpun. Selamat mencoba ya, guys!