GRATIS PENGIRIMAN

Ini Dia Macam-macam Kue Lebaran yang Wajib Anda Tahu

Macam-macam Kue Lebaran – Anda pasti sudah tidak asing dengan kue lebaran. Banyak sekali macam-macam kue lebaran yang tersedia hampir di setiap rumah saat untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri. Bahkan rumah seperti ada yang kurang jika belum tersedia kue lebaran di meja.

Macam-macam Kue Lebaran

Tradisi ini sudah turun-temurun dijalani oleh hampir semua umat Islam. Walaupun terlihat sederhana, kue lebaran sangat ditunggu oleh banyak orang khususnya anak-anak. Banyak sekali manfaat tentang adanya kue saat lebaran. Kue ini memiliki berbagai macam dan rasa yang harus Anda ketahui, untuk melengkapi hidangan kue lebaran Anda.

Kenapa Harus Kue Lebaran?

Anda pasti penasaran kenapa alasan harus ada kue saat lebaran. Banyak manfaat dari tersedianya kue lebaran. Beberapa manfaatnya adalah :

  • Mempererat hubungan keluarga

Jika Anda memiliki kebiasaan membuat macam-macam kue lebaran sendiri bersama keluarga, itu dapat mendekatkan hubungan antar anggota keluarga. Bahkan dapat menciptakan suasana kegembiraan dan kerja sama yang mungkin jarang terjadi. Anda dan keluarga juga akan mendapatkan kepuasan tersendiri jika kue tersebut terasa sangat enak.

  • Menjamu tamu

Tentu saja setiap memperingati hari raya, banyak orang yang akan berkunjung. Mulai dari tetangga, keluarga besar, teman, dan kerabat jauh. Rasanya tidak sopan jika tidak memberikannya suguhan.

Kue lebaran merupakan suguhan yang bisa dibilang simpel dan nyaman untuk dimakan. Tidak seperti nasi yang harus mengambil mangkuk, nasi dan lauk lalu memakannya menggunakan sendok. Kue lebaran sangat praktis dan bisa menjadi teman ngobrol yang baik. Apalagi dengan banyak sekali macam-macam kue lebaran yang bisa dipilih sesuai selera.

  • Lebih praktis dan murah

Kue lebaran cenderung mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Apalagi banyak resep yang dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Jika Anda ingin yang lebih praktis, Anda bisa membelinya secara langsung di toko maupun melalui platform online.

Harganya yang relatif murah membuat kue lebaran lebih diminati untuk menjadi sajian saat lebaran. Namun harga kue bisa sewaktu-waktu naik saat lebaran. Maka lebih baik Anda bijak untuk memilih toko kue dan pengeluaran Anda.

  • Awet

Alasan penting mengapa harus menyediakan macam-macam kue lebaran untuk keluarga maupun kerabat adalah keawetan makanan yang bisa bertahan lama. Namun hanya untuk kue kering, banyak kue basah yang tidak bertahan lama. Anda tidak perlu khawatir harus menghabiskan kue dalam waktu singkat dan membeli lagi untuk hari berikutnya. Kue kering sangat cocok untuk lebaran.

Kue kering bisa bertahan lumayan lama jika disimpan dengan benar di tempat yang kering dan tidak lembab. Kue putri salju, kastengel, sagu keju bisa bertahan sampai 6 bulan jika wadahnya belum dibuka. Namun kue nastar hanya sekitar 2 bulan saja, karena proses pembuatan kue nastar menggunakan banyak bahan basah seperti butter.

Asal-usul Tradisi Kue Lebaran

Kue lebaran sudah menjadi tradisi yang selalu dilakukan oleh setiap umat Islam. Walaupun tidak wajib, namun banyak orang yang terus melakukan tradisi ini. Banyak sekali macam-macam kue lebaran yang bisa Anda nikmati. Namun setiap kue memiliki sejarahnya sendiri, terlebih lagi pada kue kering khas lebaran.

Kue lebaran enak dan unik yang sering dijumpai dan hampir tersedia di semua rumah adalah jenis kue kering. Terlebih lagi pada kue nastar dan kastengel. Awalnya kue ini pertama kali dibawa oleh orang Belanda. Mereka selalu membawa kue nastar dan kastengel pada setiap perayaan yang mereka lakukan.

Orang Belanda akan selalu memberikan kue nastar dan kastengel kepada para pribumi saat merayakan lebaran. Kemudian para pribumi juga memberikan makanan kepada orang-orang Belanda saat hari Natal. Hal tersebut seakan menjadi kebiasaan sampai sekarang dengan menyediakan kue kering saat hari lebaran maupun hari Natal.

Kue kering ini awalnya hanya dimakan oleh para bangsawan. Namun seiring berjalannya waktu kue kering mulai dimakan kalangan menengah ke bawah lewat para pedagang muslim pada abad ke-14. Sementara kebiasaan yang terjadi di Indonesia dimulai pada abad ke-20.

Macam-macam Kue Lebaran

Kue lebaran saat ini semakin beraneka ragam jenis dan rasanya. Mengingat banyak para produsen kue yang terus berinovasi menciptakan macam-macam kue lebaran yang menarik. Berikut beberapa macam kue lebaran :

  • Nastar

Kue yang bisa dijumpai hampir di seluruh rumah ini memiliki banyak peminat. Kue lembut dengan isi selai yang bermacam-macam.

  • Kastengel

Memiliki aroma jeruk yang kuat dengan taburan keju sebagai topping. Rasanya cenderung gurih dan renyah.

  • Kue putri salju

Kue ini banyak diminati karena memiliki tekstur yang lembut dan rasa gurih. Ada juga yang memiliki rasa sangat manis.

  • Kue nigreta

Kue lebaran andalan keluarga satu ini teksturnya renyah dan padat dengan rasa yang mirip seperti brownies kering.

  • Kue semprit

Kue ini memiliki tekstur renyah dan lembut. Memiliki rasa yang sedikit manis dan gurih.

  • Kue lidah kucing

Kue ini berbentuk pipih seperti lidah kucing dan memiliki rasa yang manis.

  • Kue sagu

Memiliki rasa manis dan gurih. Kue ini berbahan dasar sagu.

  • Kue emping

Kue ini cukup unik karena memiliki rasa asin, manis dan sedikit pahit. Terbuat dari biji buah melinjo. Biasanya juga disebut sebagai kerupuk emping.

  • Kue kembang goyang

Memiliki rasa yang manis dan gurih, kue ini berasal dari Betawi.

  • Biji Ketapang

Makanan yang satu ini juga berasal dari Betawi dan memiliki rasa gurih dan manis. Terbuat dari bahan dasar kelapa.

  • Pastel kering

Pastel ini memang memiliki bentuk yang mirip dengan pastel pada umumnya, namun berukuran kecil dengan isian abon.

  • Kue keciput

Kue ini sepintas mirip dengan onde-onde. Memiliki topping biji wijen namun berukuran lebih kecil.

Perlu Anda ingat, kue lebaran memiliki berbagai jenis seperti kue kering dan basah. Kue kering lebih sering menjadi sajian saat lebaran. Jika kue kering dan basah Anda tinggal sedikit, jangan mencampur keduanya untuk menghemat tempat. Mencampur kue basah dengan kue kering dapat membuat kue kering cepat melempem karena kue basah cenderung lembab.

Macam-macam kue lebaran mudah yang bisa Anda coba untuk membuat sendiri adalah nastar. Namun jika Anda ingin yang lebih praktis Anda bisa membelinya di tempat yang dekat. Anda bisa juga ambil langsung dari tokonya, karena kebanyakan pembeli online mengeluh kuenya remuk saat dibuka. Itu bisa terjadi karena perjalanan yang harus dilewati oleh kue kering yang tidak aman.

Kue basah juga harus disimpan dalam lemari es agar bisa lebih bertahan lama. Namun jangan terus menaruhnya dalam lemari es agar kue basah tidak beku dan berjamur. Banyak sekali orang yang menjemur kue kering mereka. Akan lebih baik jika kue dibagikan akan cepat habis daripada terus menyimpannya sampai tidak layak makan.

Masih banyak sekali macam-macam kue lebaran yang mungkin sering Anda jumpai. Namun kue-kue tersebut bisa saja memiliki rasa yang berbeda dengan bentuk yang berbeda pula jika produsen terus berinovasi. Walau bagaimanapun tradisi kue lebaran akan terus dilakukan oleh kebanyakan umat Islam di Indonesia.

Bagi Anda yang ingin pesan kue lebaran. Anda tak usah khawatir karena sekarang telah hadir Royal Snack Box. Kami menyediakan berbagai kue lebaran dan makanan ringan lain sesuai yang Anda perlukan. Jika Anda tertarik, silahkan hubungi kami di Royalsnackbox.com.

5/5 - (7 votes)