Pesan Nasi Tumpeng di Gambir – Menjadi kebutuhan pokok karena setiap ada acara atau kegiatan tak jarang membutuhkan tumpeng sebagai makanannya. Untuk mendapatkan tumpeng dengan rasa yang berkualitas dan jaminan enak bisa menggunakan jasa pesan nasi tumpeng di Gambir Jakarta Pusat seperti di royalsnackbox.com yang menyediakan berbagai macam pilihan tumpeng. Bagi anda yang belum tahu mengenai asal usul nasi tumpeng ada baiknya untuk membaca sejarah singkat nasi tumpeng di bawah ini.

Pesan Nasi Tumpeng di Gambir

Asal usul nasi tumpeng

Ada banyak versi yang menunjukkan asal mula dari adanya tumpeng khususnya di pulau Jawa dan Bali. Akan tetapi versi yang paling banyak ditulis adalah tumpeng berasal dari suku purba masyarakat Indonesia yang menilai bahwa nasi yang ditumpuk membentuk kerucut merupakan kesukaan para dewa. Hal ini tak lepas dari kepercayaan mereka akan dewa yang tinggal di puncak-puncak gunung di pulau Jawa dan Bali. Banyaknya gunung di wilayah tersebut membuat masyarakat meyakini bahwa setiap persembahan yang disukai oleh dewa akan mendatangkan keberkahan dan ketenteraman. Lambat laut bentuk nasi yang mengerucut itu digunakan sebagai tradisi yang kental akan nilai dan amanat di dalamnya.

Makna Nasi Tumpeng

Masuknya islam tidak lantas membuat tumpeng tersingkirkan dengan makanan dari timur. Justru islam dapat menggandeng tradisi tersebut dengan tradisi kenduri atau slametan. Tentunya dalam metodologi Islam diubah dengan berdoa atau membaca ayat al quran sebelum memakannya bersama. Demikian pula dengan masyarakat agama lain yang tetap menggunakan nasi tumpeng sebagai tradisi untuk merayakan sebuah keberhasilan. Adapun dalam falsafah Jawa, tumpeng memiliki akronim dengan kata yen metu kudu mempeng artinya kalau keluar untuk melakukan kebajikan maka harus dengan niat yang sungguh-sungguh. Jadi ketika nasi tumpeng ini disajikan maka kondisi setelahnya harus lebih giat dan sungguh-sungguh lagi. Sedangkan jumlah tujuh menu masakan pada tumpeng memiliki arti sebagai angka pitu akronimnya adalah pitulungan atau pertolongan dari Sang Maha Kuasa.

Jenis Nasi Tumpeng Paling Banyak Diketahui

Ada banyak jenis nasi tumpeng yang ada di Indonesia khususnya di pulau Jawa. Banyaknya jenis ini ditentukan dengan maksud dan tujuan dari dibuatnya tumpeng itu sendiri. Meskipun tumpeng identik dengan sebuah perayaan atau syukuran akan tetapi terdapat falsafah Jawa yang meyakini menu dalam tumpeng harus ditentukan agar bisa mewakili sebuah permintaan.

Ada beberapa jenis tumpeng yang sering ditemukan dan dibuat misalnya tumpeng megono yang disajikan untuk syukuran akan keberhasilan dalam pekerjaan seperti kenaikan pangkat. Tumpeng tumbuk yang disajikan untuk orang yang berulang tahun agar diberikan umur yang panjang dan dipenuhi dengan keberkahan, tumpeng nikahan dan tujuh bulanan yang sesuai dengan namanya yakni syukuran akan nikah dan usia kandungan tujuh bulan. Itulah beberapa tumpeng yang menjadi langganan untuk di pesan nasi tumpeng di Gambir Jakarta Pusat.