Pesan Nasi Tumpeng di Johar Baru – Tak bisa terlepas dari tradisi yang ada di wilayah tersebut apalagi letak Jakarta Pusat yang masih ada di tanah Jawa yang memegang erat tradisi tumpengan dalam setiap acara besar seperti festival, syukuran, ataupun perayaan. Nasi tumpeng memiliki banyak makna yang tidak bisa dianggap remeh dan tidak bisa dibuat begitu saja karena memiliki banyak nilai dan makna di dalamnya. Melihat dari arti dari tumpeng sendiri tujuh masakan di wadah lempeng atau banyak juga yang menyebut peng dari kata lumpeng yang artinya tindih sebagai gambaran bentuk nasi yang dibuat bertindih hingga membentuk kerucut. Pesan nasi tumpeng di Johar Baru Jakarta Pusat juga tak bisa dilepaskan dari banyaknya jenis tumpeng yang dibuat sesuai dengan tujuan dan maknanya. Berikut ini beberapa jenis tumpeng yang sering dibuat khususnya di Royal Snack Box.

Pesan Nasi Tumpeng di Johar Baru

Tumpeng Megana

Tumpeng megana merupakan tumpeng yang dibuat dengan tujuan syukuran atas kelahiran seorang bayi di dunia. Tumpeng ini dibuat dari nasi putih yang dibentuk kerucut dan dikelilingi sayuran hijau dan lauk pauk sederhana. Nasi putih digunakan untuk melambangkan kesucian seorang bayi yang baru lahir, sayuran hijau dilambangkan sebagai kehidupan yang diharapkan orang tua pada bayi, sedangkan lauk pauk sederhana dilambangkan sebagai pengharapan pada kondisi anak untuk selalu bersikap sederhana dalam hidupnya.

Tumpeng Robyong

Tumpeng robyong merupakan tumpeng yang dibuat untuk mewakili pengharapan akan panen sawah atau ladang dan juga meminta agar didatangkan musim penghujan. Ciri khas dari tumpeng jenis ini adalah empat lidi di setiap sudut yang diberi kapas untuk dibakar. Pembakaran ini dimaksudkan untuk mengusir segala gangguan yang ada di sawah atau ladang. Adapun ciri khas lain yang ada pada tumpeng jenis ini adalah puncaknya yang ditambahkan telur ayam rebus, bawang merah, dan cabai.

Tumpeng Pungkur

Terakhir adalah tumpeng pungkur merupakan pertanda akan adanya musibah atau kematian yang sedang melanda. Tumpeng ini tidak dibuat runcing seperti biasanya karena akan dibelah menjadi dua bagian vertikal kemudian dipasang terbalik. Hal ini dimaksudkan agar roh yang ditinggalkan tidak perlu khawatir akan kehidupan nyata dan tenang di alamnya sendiri. Nasi ini dibuat dari nasi putih dan beberapa olahan sayuran yang diletakkan di pinggirannya.

Tumpeng Punar

Inilah nasi tumpeng yang paling banyak dipesan dan digunakan untuk acara syukuran karena tujuan dan maknanya juga berhubungan dengan rasa syukur terhadap apa yang telah dicapai. Tumpeng ini mempunyai ukuran yang cukup besar karena akan digunakan untuk makan bersama dengan orang terdekat. Tumpeng punar terdiri dari nasi kuning berbentuk kerucut yang terkadang dibuat bersusun dengan ujung kerucut. Sedangkan untuk lauk dan sayurnya bisa dipilih sesuai dengan selera akan tetapi disandingkan dengan kedelai goreng, abon, dan kering tempe. Tumpeng punar termasuk ke dalam menu andalan untuk pesan nasi tumpeng di Johar Baru Jakarta Pusat.