Prasmanan Enak Di Jakarta Barat | Abon adalah merupakan makanan yang terbuat dari daging hewan. Berwarna kecoklatan karena memang diberikan bumbu kecap pada pengolahannya. Berupa suwiran dari serat daging yang kering, kerapkali abon dapat bertahan hingga berminggu-minggu. Rasanya yang gurih dan asin abon merupakan teman yang cocok untuk disantap bersama nasi panas. Belum lagi dengan kriukkan bawang goreng yang biasanya terdapat pada abon tersebut. Hewan yang digunakan oleh abon adalah sapi, kambing namun yang umumnya digunakan dan beredar di pasaran adalah abon sapi.

Jika Anda ingin membuatnya sendiri juga dapat dilakukan karena caranya yang ternyata tidak begitu rumit. Sehingga ketika tamu datang kerumah Anda dapat menyajikan hidangan Prasmanan Enak Di Jakarta Barat lengkap dengan abon sapi buatan Anda sendiri.

Cara membuat abon sapi pada Prasmanan Enak Di Jakarta Barat

Bahan :

1) 800 gr daging sapi yang masih segar
2) 2 lembar daun salam ( dicuci bersih )
3) 250 ml santan kelapa kental
4) 3 cm lengkuas ( memarkan )
5) air untuk merebus secukupnya

Bumbu yang dihaluskan :

1) 3 sendok teh ketumbar ( disangrai terlebih dahulu )
2) 5 siung bawang putih
3) garam secukupnya
4) gula merah secukupnya
5) penyedap rasa secukupnya

Cara Membuat Abon Daging Sapi :

1) Rebus daging dalam air yang mendidih dengan daun salam dan lengkuas sampai daging benar-benar matang dan empuk, angkat tiriskan
2) Tunggu sampai dinging kemudian diiris tipis
3) Daging sapi yang sudah diirisn tipis lalu dipukul-pukul sampai pipih
4) Setelah itu, daging sapi disuwir-suwir dengan tangan sampai halus
5) Rebus santan dengan bumbu yang dihaluskan kemudian masukkan daging sapi yang sudah disuwir halus
6) Masak diatas api kecil sampai santan menyusut habis dab sudah benar-benar kering sambil diaduk-aduk dan dibolak balik

Pada menu Prasmanan Enak Di Jakarta Barat juga menyediakan abon sapi terutama pada pemesanan nasi kuning atau nasi tumpeng sehingga menambah kesan gurih.