Jual Aneka Kue Basah – Beberapa kue basah di Indonesia ada merupakan hasil dari akulturasi dengan negara-negara lain, terutama negara-negara yang menjajah Indonesia pada zaman dulu. Selain itu, banyak ragamnya kue di Indonesia juga berkaitan dengan acara-acara tertentu seperti Maulid Nabi, upacara perkawinan atau hal lain sebagainya. Kue sendiri terdiri dari kue basah dan kue kering yang akan kita kenal perbedaannya berikut ini dan mengapa sebaiknya Anda pilih kue basah.

Jual Aneka Kue Basah

Inilah Perbedaan Kue Basah dan Kering Yang Harus Kamu Tahu

Kue basah di Indonesia terdiri dari banyak Janis dengan varian warna-warni serta rasa. Ada rasa manis, gurih atau sensasi rasa lainnya akan ditemui jika mencicipi langsung kue basah tersebut. Kue basah adalah bagian dari kuliner tradisional Indonesia yang hingga saat ini masih banyak diminati di seluruh lapisan masyarakat. Bahkan di beberapa daerah masih ada tempat jual aneka kue basah murah.

Jika dilihat dari segi kesehatan, kue basah lebih baik digunakan karena biasanya kue basah dibuat menggunakan bahan alami, baik dari segi pewarna, pemanis atau bahan pengawet. Selain itu, ada beberapa perbedaan antara kue basah dan kue kering, diantaranya:

  1. Segi cara mengolah

Kue basah dengan kue kering beda cara membuatnya. Kue basah yang menggandung air diolah dengan  cara direbus. Kue basah sangat mudah ditemukan di Indonesia karena banyak yang jual aneka kue basah, karena pedagang pada umumnya menjual kue basah. Bahkan di daerah-daerah tertentu, ada yang memanfaatkan kue basah untuk makanan sarapan. Berbeda dengan kue kering, untuk menghilangkan air yang ada dalam bahannya, kue kering diolah dengan cara digoreng dan dipanggang.

  1. Segi jenis makanan

Biasanya kue basah digolongkan ke dalam makanan berat disebabkan makanan ini membuat kenyang siapa yang memakannya. Ini disebabkan karena biasanya kue basah apalagi kue tradisional, bahan yang digunakan biasanya tepung beras, gula dan santan. Inilah yang membuat kue basah cepat basi dan harus segera dimakan. Sedangkan kue kering bisa digolongkan ke dalam makanan ringan dan banyak digunakan sebagai cemilan karena tidak membuat orang yang mengkonsumsinya cepat merasa kenyang.

  1. Segi sifatnya

Sifat dari kue basah adalah cepat basi jika tidak dikonsumsi dalam waktu yang lama atau tidak segera dikonsumsi setelah matang. Berbeda dengan kue kering yang bersifat tidak mudah basi bahkan bisa bertahan beberapa hari. Mengapa kue basah cepat basi? Karena kadar air dalam kue basah agak tinggi dibanding kue kering yang memiliki kandungan air lebih sedikit, bahkan bisa dibilang tidak memiliki air.

Jika kue basah dihidangkan untuk sebuah acara tertentu, maka diperhatikan kapan waktu yang tepat untuk membuatnya, kebersihan alat dan bahan agar kue basah tersebut tidak mudah basi. Bahkan saat ini kue basah bisa dibeli atau memesan pada produsennya, sehingga tidak perlu lelah-lelah untuk membuat kue tersebut. Aneka kue basah bisa dipesan melalui tempat jual aneka kue basah online.

  1. Segi permukaan

Tekstur kue basah biasanya empuk, basah atau kenyal. Sedangkan kue kering memiliki tekstur yang lebih keras dari kue basah dan renyah. Perbedaan tekstur ini disebabkan oleh kandungan air pada setiap kue.

Tepung terigu berfungsi untuk membentuk kerangka kue kering. Tepung terigu rendah protein adalah tepung terigu yang bagus digunakan untuk membuat kue kering.Tepung maizena digunakan untuk membuat tekstur kue kering menjadi renyah. Gula untuk membuat kue kering biasanya menggunakan gula halus, gula pasir, gula palem atau gula merah. Penggunaan gula berlebihan membuat kue lengket, mudah gosong dan bentuknya menjadi tidak sesuai keinginan.

Contoh Aneka Macam Kue Basah dan Kue Kering

Berikut beberapa contoh kue basah dan kue kering agar lebih mudah membedakannya.

  • Kue basah: lumpia, kue cubit, nagasari, lemper, pastel, wajik, mendut, klepon, serabi dan lain sebagainya. Kue basah dengan rasa yang enak bisa dijumpai di tempat jual aneka kue basah enak.
  • Kue kering : biskuit, cookies, keripik, kerupuk, dan segala macam kue kering yang disajikan saat lebaran tiba.

Serabi adalah makanan basah yang menggunakan tepung terigu, telur dan gula sebagai bahan dasarnya. Kue serabi bisa ditambah bahan lain seperti pisang dan coklat untuk menghasilkan rasa yang berbeda. Lemper ialah makanan yang menggunakan daging sebagai isiannya. Kue ini dimasak dengan cara dikukus.

Klepon ialah makanan tradisional yang dibuat dengan cara direbus, inilah yang membuat kadar airnya banyak. Dulu klepon hanya satu jenis saja. Namun sekarang, seiring berjalannya waktu, jenis klepon terus bertambah. Ada kue klepon yang dibuat mengggunakan tepung ketan, ada klepon yang terbuat dari kentang, klepon ketela rambat dan klepon singkong.

Jual Aneka Kue Basah Enak dan Murah

Royal Snack Box merupakan jasa catering yang jual aneka kue basah. Kue basah bisa dipesan dalam bentuk kemasan kue box atau kue tampah yang lezat dan menarik tampilannya. Bagi Anda yang saat ini sedang mencari catering penyedia konsumsi berbagai acara maka silahkan langsung saja hubungi kami dengan cara pesan antar secara online.

Sending
User Rating 5 (1 vote)