Jual Kue Basah di Cikarang – Tempat yang menyediakan macam-macam jenis kue basah dan banyak dimakan hari-hari biasa. Selain itu juga dipakai saat ada acara adat sepertiacara pernikahan. Pada acara pernikahan, kue basah ini dijadikan sebagai isian hantaran atau seserahan. Seserahan yang diberikan oleh keluarga pengantin pria kepada pengantin wanita itu memiliki makna tersendiri. Kuenya juga ditata dengan rapi dan menarik. Untuk mengetahui kue apa saja yang bisa dijadikan untuk isiian hantaran dan makna seserahan tersebut, bacalah penjelasan berikut.

Jual Kue Basah di Cikarang

Jual Kue Basah di Cikarang dengan Berbagai Makna Seserahan

Ketika terjadinya pernikahan, pihak keluarga lelaki membawa seserahan untuk pengantin perempuan. Nah, tahukah kamu makna seserahan itu apa? Pemberian seserahan ini bermakna bahwa mempelai laki-laki tersebut mampu ataupun sanggup memenuhi kebutuhan mempelai perempuan. Seserahan itu tidak hanya berisi kebutuhan dasar tetapi juga barang-barang lain dan makanan yang menandakan bahwa mempelai pria serius memberikan cinta dan kesetiaannya untuk mempelai perempuan.

Isi dan jumlah seserahan

Indonesia adalah negara yang memiliki banyak adat dan budaya. Berbeda daerah berbeda pula adatnya termasuk adat pernikahan. Salah satunya mengenai pemberian seserahan. Di beberapa daerah, jumlah dan isi seserahan itu biasanya sudah menjadi ketetapan atau ketentuan. Namun di beberapa daerah lain mungkin isi seserahan tersebut boleh sesuai hasil perundingan dan kesepakatan antara kedua mempelai pengantin.

Saat ini untuk isian seserahan itu, ada inisiatif yang mengajak calon pengantin perempuannya saat akan membeli barang seserahan. Ini bertujuan agar barang seserahan yang akan diberikan nantinya bisa dipakai sepenuhnya oleh mempelai perempuan, sehingga tidak mubadzir, atau bisa jadi salah ukuran dan tidak sesesuai keinginan. Makanya pihak perempuan bisa juga ikut diajak ketempat jual kue basah enak untuk memilih berbagai macam kue basah yang tersedia.

Biasanya saat akan adanya acara pernikahan, kue untuk hantaran diisi dengan makanan ringan seperti gorengan atau kue basah lainnya. Bahkan makanan ringanΒ  dan kue hantaran tradisional ataupun yang modern menjadi hal yang wajib untuk menu isi hantaran. Sehingga banyak keluarga yang memesan makanan ringan menjelang pemberian hantaran.

Selain sebagai hal yang wajib, kue juga menjadi pelengkap isi hantaran. Kue tersebut dibuat dan ditata dengan rapi dan menarik, sehingga sebaiknya memang menggunakan kue atau makanan tradisional untuk hal-hal seperti ini. Karena yang menjadi daya tarik saat adanya acara pernikahan salah satunya adalah isian hantaran.

5 Jenis Kue Berikut Bisa Dijadikan Sebagai Isian Hantaran

Menggunakan kue tradisional sebagai bahan isian hantaran juga merupakan salah satu cara untuk mempertahankan kelestarian adat dan budaya daerah sendiri agar tidak mudah hilang dan dilupakan. Karena saat ini banyak pengaruh budaya luar yang masuk ke daerah Indonesia sehingga menyebabkan secara perlahan adat dan budaya daerah di Indonesia mulai tidak digunakan dan akhirnya terlupakan.

Selain itu, kue tradisional lebih mudah didapatkan dan bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau. Cikarang memiliki tempat jual kue basah di Cikarang dengan berbagai harga. Ada beberapa kue tradisional yang bisa disajikan sebagai kue isian hantaran, berikut diantaranya:

  • Kue bugis mandi

Entah mengapa kue ini dikenal dengan nama kue bugis mandi, tetapi yang pasti kue ini bisa dijadikan sebagai isian hantaran. Kue tradisional ini memiliki bentuk yang cantik sekaligus unik sehingga tidak salah jika menggunakan kue ini agar hantaran menjadi menarik. Memanfaatkan kue tradisional sebagai isian hantaran juga merupakan cara melestarikan adat dan budaya dengan menyisipkannya ke hantaran kue pernikahan.

  • Kue putu tegal

Kue tradisional selanjutnya dari toko kue Cikarang yang bisa digunakan sebagai isian hantaran ialah kue putu tegal. Kue putu tegal ini memiliki rasa yang khas sehingga menjadi makanan yang bagus untuk kue hantaran pernikahan.

  • Kue ku singkong

Kue ketiga yang bisa dimanfaatkan sebagai kue isian hantaran pernikahan ialah kue ku singkong. Mengapa kue ini menjadi pilihan yang tepat untuk hantaran pernikahan? Karena kue ini merupakan kue tradisional yang memiliki rasa berbeda sehingga ciri khas nusantara pun semakin terasa.

  • Kue lumpur pisang

Kue lumpur pisang adalah kue yang memiliki rasa yang sangat lezat sehingga bagus dijadikan sebagai kue hantaran pernikahan. Kue lumpur pisang bukan sajian utama dalam seserahan tetapi diberikan untuk pelengkap saja dan tidak ada salahnya jika dimanfaatkan kue ini. Memang ada berbagai macam kue lumpur di tempat jual jajanan pasar di cikarang namun varian yang menggunakan pisang lebih terkenal karena rasanya lebih manis.

  • Kue lapis legit

Kue tradisional selanjutnya yang bisa digunakan untuk hantaran pernikahan ialah kue lapis legit. Banyak orang menyukai ini karena rasanya yang lezat. Selain itu, bentuknya dibuat menarik dan disajikan atau dikemas dalam kotak yang besar. Jika ingin hantaran pernikahan yang sederhana namun unik, boleh menggunakan kue lapis legit ini.

Itulah beberapa hal yang bisa kami sajikan mengenai makna seserahan dan kueyang bisa disajikan untuk bahan isian seserahan yang menarik. Jika Anda mencari tempat jual kue basah di cikarang berkualitas, bisa mencoba memesannya dari Royal Snack Box yang memiliki berbagai paket menarik.

Sending
User Rating 5 (1 vote)