Tips agar makanan tidak cepat basi perlu banget diketahui khususnya bagi para ibu-ibu. Dapat menyajikan berbagai masakan yang digemari oleh para anggota keluarga dengan penuh cinta merupakan kebanggaan tersendiri bagi seorang ibu. Lebih-lebih buat kamu yang memang punya hobi memasak. Cobain resep setiap hari dan ternyata berhasil membuat keluarga nyantap habis masakan pasti bikin bahagia tingkat dewa. Saking asyiknya masak, sering makanan di rumah menumpuk dan akhirnya dibuang karena basi. Sebenarnya ada lho tips-tips bikin makanan nggak cepat basi. Penasaran kan? Berikut ini ulasannya. (Baca juga: Cara Membuat Sambal Tidak Cepat Basi).

  1. Kalau udah gemar masak, jangan lupa juga buat angetin makanan dulu sebelum masuk wadah penyimpanan.

copyright by lelong.com

Setelah makan masih ada banyak sisa makanan, jangan buang makanan karena bisa mubazir dan pamali. Simpan makanan tersebut dengan cara yang bener. Hal pokok yang wajib dilakukan sebelum makanan disimpan adalah hangatkan dahulu makanan. Proses penghangatan bisa dilakukan dengan microwave, dikukus atau ditumis.

  1. Udara yang masuk ke dalam makanan bisa bikin makanan jadi cepat basi, untuk itu, simpan makanan dalam wadah kedap udara.

copyright by gudeg.net

Kalau udah selesai menyantap makanan bersama keluarga dan ternyata makanannya masih sisa, jangan dibuang. Apalagi kalau masakannya diolah pakai santan. Lupa sebentar aja membuat makanan ini cepat basi. Makanya, agar makanan bersantan tidak cepat basi, simpan makanan dalam wadah yang tertutup rapat dan kedap udara. Selain dapat menghalau udara luar masuk ke dalam makanan bersantan, menyimpan makanan dalam wadah kedap udara juga dapat meminimalisir kontaminasi kuman dan bakteri yang membuat makanan jadi cepat basi.

  1. Bener sih makanan disimpan dalam wadah kedap udara, tapi sebelumnya perhatikan dulu suhu makanannya ya!

copyright by lazada.co.id

Sebelum nyimpen makanan dalam wadah kedap udara, perhatiin suhu makanannya ya sis! Setelah dipanasi, tips menyimpan makanan agar tidak basi selanjutnya yaitu tunggu sejenak sampai suhu makanan nggak panas banget alias hangat suam kuku cenderung dingin. Barulah makanan dimasukin deh ke dalam wadah kedap udara yang tertutup rapat.

  1. Manfaatkan multifungsinya kulkas buat nyimpen makanan biar bisa tahan lama dan bisa dinikmati hari-hari ke depannya.

Kalau makanan udah masuk wadah kedap udara, segera deh simpan ke dalam kulkas atau lemari pendingin. Manfaatin fungsi kulkas sebagai tempat menyimpan makanan dan minuman agar lebih awet dan bisa untuk persediaan di kemudian hari. Kalau pengen makan, tinggal keluarin makanannya lalu hangat kembali sebentar, jadi deh. Nggak ribet kan, dan makanan juga nggak ada yang terbuang percuma. Inget, masih banyak banget orang di luar sana yang mengalami kesulitan buat makan. Jadi kamu semua wajib bersyukur dengan nggak nyia-nyiain makanan yang udah dimasak dengan susah payah.

copyright by plovea.wordpress.com

  1. Kalo udah disimpan, minimalisasi kontak langsung makanan sama tangan ya, dijamin nantinya bikin masakan lebih awet.

Cara agar makanan tidak cepat basi yang nggak kalah penting dan wajib dilakukan selanjutnya adalah sebisa mungkin masakan atau makanan yang udah diangetin dan siap ditempatkan dalam wadah jangan diaduk-aduk dengan sendok. Kalau mau aduk-aduk nggak apa-apa asalkan masih dalam proses pemanasan dengan api. Kalauapai udah dimatiin, jangan diaduk-aduk lagi. Segera tuang ke dalam wadah. Dan yang paling penting lagi, jangan sampai ada kontak kulit atau tangan sama makanan. Minyak dan kuman tak terlihat yang terdapat pada permukaan tangan atau kulit dapat dengan mudah terkontaminasi pada makanan. Makanan cepat basi pun tak terelakkan lagi.

  1. Jangan biarkan makanan disimpan di tempat terbuka karena bisa cepat basi dan mendatangkan serangga!

copyright by tokopedia.net

Yang wajib diingat lagi adalah jangan menyimpan makanan di luar ruangan atau di ruangan terbuka. Meskipun udah diangetin tapi kalau disimpan di ruangan terbuka justru akan membuat udara yang penuh dengan kuman serta bakteri datang menghampir. Selain itu, menyimpan makanan di ruangan terbuka juga dapat mengundang serangga dan juga hewan lain seperti lalat, semut, kecoa, cicak, bahkan tikus. Hal ini memiliki dampak buruk banget bagi kesehatan.

Keenam tips agar makanan tidak cepat basi di atas bisa diterapkan ke hampir semua jenis makanan. Selain bikin makanan bisa dinikmati beberapa hari, tips-tips di atas juga bikin makanan tetap terjaga kebersihan dan kesehatannya.