GRATIS PENGIRIMAN

Kue Basah Untuk Syukuran

Kue Basah Untuk Syukuran – Perlu dipahami bahwa pengadaan kue basah untuk acara syukuran lebih direkomendasikan. Selain mudah dan murah untuk dibeli sebagai konsumsi, kue ini juga banyak disukai oleh para tamu. Cocok untuk anak-anak maupun dewasa dan Anda juga bisa membuat kue atau memesannya ke tempat yang terpercaya.

Kue Basah Untuk Syukuran

Rekomendasi Kue Basah untuk Syukuran

  • Mendut

Jajanan tradisional pertama yang biasanya ada dalam syukuran adalah mendut. Biasa disebut juga dengan kue bugis lekat dengan modelnya yang lengket dan manis sebagai isiannya. Sekali makan saja sudah bisa membuat perut lumayan kenyang. Umumnya jajanan ini dibuat dengan warna hijau ataupun putih jika tidak diberi pewarna makanan.

Bahannya juga sangat sederhana dan alami hal penting untuk membuatnya adalah kualitas kelapa dan gula merah. Pewarna hijaunya bisa dari pandan sekaligus membuat aromanya lebih enak. Biasanya dibungkus dengan daun pisang untuk memberikan aroma lebih bagus saat direbus.

  • Serabi solo

Menu kedua yang enak dalam kue basah untuk syukuran murah adalah serabi solo. Jajanan ini memiliki rasa yang manis meskipun hanya diberikan toping gula saja. Namun saat ini sudah banyak inovasi yang digunakan untuk membuatnya lebih menarik. Banyak yang memberikan tambahan toping lezat seperti keju, cokelat ataupun kacang giling.

Bahan pembuatan serabi solo ini juga sangat simpel yakni tepung beras dan santan kental. Yang unik adalah cara pembuatannya di atas tungku panas dan harus satu persatu. Sehingga untuk bisa menghasilkan banyak kue sekaligus maka tungku dan wajannya juga harus banyak. Wajan dari tanah inilah yang membuat adonan tidak lengket dan cepat matang.

  • Kue lumpur

Masih dengan versi kue yang manis, jenis berikutnya yang banyak ada untuk syukuran adalah kue lumpur. Kue ini cukup tebal dan lembut untuk dinikmati dan mampu memberikan rasa kenyang. Bentuknya bulat dan ada sensasi sedikit gosong pada bagian bawahnya. Untuk tengahnya biasanya diberikan kismis agar rasanya lebih mantap saat digigit.

Bahan pembuatan untuk kue ini juga sangat sederhana yang terpenting adalah kualitas kentang dan tepungnya. Sementara bahan lainnya menyesuaikan agar rasanya seimbang dan enak. Cara membuatnya adalah dicetak langsung di atas kompor yang berisikan cetakan kue lumpurnya. Hanya saja kue ini sifatnya mudah basi jadi harus segera dikonsumsi setelah beberapa jam matang.

  • Bolu

Sajian kue tradisional keempat yang biasanya ada untuk syukuran adalah bolu. Bolu sendiri ada yang diolah dalam bentuk kukusan dan panggangan. Keduanya sama saja enak namun teksturnya akan berbeda. Yang diolah dengan cara direbus akan lebih empuk namun ketahanannya tidak baik jadi cepat basi.

Hanya saja untuk bolu panggang lebih kering apalagi bagian pinggirannya. Bolu ini lebih aman dan tahan lama dibandingkan bolu kukus. Untuk bahan pembuatnya adalah telur dan tepung terigu protein. Selebihnya seperti rasa dan warna bisa disesuaikan dengan keinginan para pembuat acara.

  • Kue cucur

Rekomendasi menu kelima dari kue basah untuk syukuran terjangkau adalah kue cucur. Kue ini banyak ditemukan di pasar tradisional karena bentuknya lucu dan harganya murah. Kue ini memiliki rasa yang enak namun terkadang kandungan minyaknya cukup banyak sehingga cara memakannya sedikit ribet.

Bahan yang digunakan untuk membuat kue ini juga tidak kalah sederhana berupa campuran tepung beras dan terigu. Kemudian ada yang menggunakan gula putih dan ada juga yang menggunakan gula merah.

Yang menggunakan gula merah maka tampilannya akan ke arah cokelat. Sementara untuk yang menggunakan gula putih bisa diberikan warna sesuka hati. Hanya saja untuk rasa lebih enak yang menggunakan gula merah.

Infografik Snack Box Royal

Keuntungan Menggunakan Kue Basah Sebagai Konsumsi Syukuran

Selain menunya yang enak dan banyak, kue basah juga memiliki beberapa keunggulan untuk sajian syukuran sebagai berikut:

  • Teksturnya lembut

Hampir semua kue basah memiliki tekstur yang lembut dan enak untuk dimakan. Hal ini berkaitan dengan cara mengolah dan bahan yang digunakan. Seperti halnya pembuatan bolu yang dikukus dan kue cucur yang digoreng. Jelas tekstur dari bolu akan lebih lembut dari pada cucur. Dalam hal ini Anda harus cermat memadukan unsur tekstur dalam sajian syukuran agar tidak monoton.

Kue basah dalam sekelompoknya memiliki banyak perbedaan yang variatif berbeda dengan kue modern yang hampir sama. Dari onde-onde dan kue lumpur tekstur dan rasanya jelas berbeda jauh jadi bisa digunakan kedua. Namun untuk kue modern layaknya red velvet dan cheesecake keduanya sama-sama roti jadi aneh jika ada satu kardus yang sama.

  • Tidak ada bahan yang aneh dalam pembuatannya

Untuk mengutamakan keamanan dan menghindari reaksi alergen maka konsumsi yang diberikan untuk kue basah untuk syukuran enak adalah terbaik. Dalam membuat banyak variasi untuk kue basah yang dibutuhkan hanyalah tepung beras, tepung ketan dan tepung terigu. Selebihnya penggunaan telur, wijen, kacang hijau dan santan untuk jenis tertentu.

Berbeda dengan pembuatan kue modern yang banyak memakai bahan pengembang dan campuran. Layaknya penggunaan keju, produk turunan susu dan juga hal lainnya yang terkadang kurang cocok untuk perut. Ketika tidak punya wawasan cukup dalam bahan pembuatan kue lebih baik mengutamakan penggunaan kue tradisional saja.

  • Cocok untuk semua waktu

Perlu dipahami juga keuntungan menggunakan kue basah adalah kue tersebut cocok dikonsumsi kapan saja. Jadi ketika acaranya pagi, siang ataupun malam sekalian penyajian kue basah ini tetap enak saja. Hal ini berkaitan dengan rasa yang kompleks dan ukurannya yang tidak terlalu berat untuk dimakan.

Jadi untuk menghindari kesalahan pembelian kue lebih baik memilih kue tradisional saja. Namun perhatikan kapan waktu pembuatannya mengingat kue ini mudah sekali basi jika sudah terlalu lama. Berbeda dengan kue modern yang kandungan susunya tinggi dan kalorinya juga sehingga untuk konsumsi malam hari kurang pas.

  • Cocok untuk semua jenis syukuran

Di Indonesia sendiri ada banyak jenis yang perlu diketahui mengenai acara syukura. Syukuran biasanya digunakan untuk memperingati pertambahan usia, pekerjaan baru atau hal lain yang harus disyukuri. Sehingga pelaksanaannya juga akan berbeda-beda sesuai dengan tujuan penyelenggaraan acaranya.

Sehingga perlu pemilihan jajan yang pas sesuai dengan acaranya. Namun sekali lagi Anda tidak perlu khawatir karena kue tradisional ini akan selalu cocok untuk semua jenis syukurannya. Hal ini dikarenakan bentuk dan jenisnya yang beragam sehingga harus pintar dalam memilih dan memadukan. Anda wajib memilih yang sesuai dengan jenis tamu undangan, acara formal tidaknya dan juga hal lain yang mendukung.

Dengan kue basah membuat persiapan acara menjadi lebih mudah. Perhatikan selalu waktu pembuatan untuk acara berlangsungnya jangan sampai terlalu lama karena bisa basi. Utamakan perpaduan tekstur dan keseimbangan rasa untuk membuat kuenya tetap enak dinikmati semuanya.

Pesan Snack Box Infografik RSB

Beli Snack Box Dimana?

Jika Anda ingin yang lebih mudah, Anda bisa memesannya saja di catering Royal Snack Box. Kelebihan catering kami yaitu:

  • Tersedia berbagai varian kue dan roti
  • Tampilan yang menarik
  • Rasa dijamin enak
  • Harga terjangkau
  • Ada gratis ongkir untuk pemesanan Jabodetabek

Hubungi kami Royal Snack Box di 0812 9043 2012 untuk pemesanan online kue basah untuk syukuran!