Pesan Nasi Tumpeng di Gandaria – Sebelum Anda pesan nasi tumpeng di Gandaria Jakarta Selatan maka pastikan dulu Anda ingin memesan tumpeng Jawa atau tumpeng Bali, nasi tumpeng tidak hanya erat pada kebudayaan masyarakat Jawa saja namun juga terdapat pada kebudayaan masyarakat Bali. Dimana nasi ini juga digunakan dalam upacara adat masyarakat Bali, namun walaupun sama-sama nasi tumpeng terdapat beberapa perbedaan pada nasi tumpeng di kedua daerah ini.

Pesan Nasi Tumpeng di Gandaria

Walaupun begitu rasanya tetap tidak kalah enak, jika Anda telah bosan menyantap tumpeng Jawa maka tidak ada salahnya untuk merasakan lezatnya tumpeng Bali. Dijamin lidah Anda akan bergoyang dan ketagihan, apalagi lauk pada nasi tumpeng Bali tidak kalah menarik. Hal ini dikarenakan nasi tumpeng telah ada dan digunakan sebelum masyarakat mengenal agama, baru setelah agama masuk ke Nusantara nasi tumpeng mengalami beberapa perubahan yang disesuaikan dengan agama. Tidak heran jika nasi tumpeng tetap digunakan pada zaman modern saat ini, walaupun berbagai makanan pengganti nasi tumpeng telah hadir. Namun nasi tumpeng masih tetap di hati masyarakat Indonesia.     

  1. Penggunaan nasi

Tentunya dalam nasi tumpeng menggunakan nasi, salah satu perbedaan mendasar dari nasi tumpeng Jawa dan nasi tumpeng Bali adalah nasi yang digunakan. Jika pada nasi tumpeng Jawa biasanya menggunakan nasi kuning sedangkan nasi tumpeng Bali menggunakan nasi putih. Walaupun nanti Anda menemukan nasi tumpeng Jawa menggunakan nasi putih maka terdapat beberapa perbedaan lainnya. Walaupun tidak jarang nasi tumpeng Bali menggunakan nasi kuning juga, menggunakan nasi putih atau kuning juga tidak menjadi masalah sebab tergantung pada selera masing-masing. Sebab pada nasi kuning biasanya menggunakan beberapa rempah-rempah sehingga nasi memiliki rasa, sedangkan nasi putih yang hambar mungkin kurang disukai. Namun rasa kedua jenis nasi tumpeng ini tidak kalah enak, sebab rasa hambar pada nasi putih dapat dilengkapi dengan berbagai macam lauk yang tersedia yang memiliki berbagai macam rasa yang enak.

  1. Penggunaan lauk

Tentunya lauk dalam nasi tumpeng tidak hanya 1 jenis saja, begitu pula dalam lauk nasi tumpeng Jawa dan nasi tumpeng Bali. Namun penggunaan lauk dalam kedua jenis nasi tumpeng ini sangatlah berbeda, jika pada nasi tumpeng Jawa Anda akan menemukan ayam goreng dan sayur-sayuran maka pada nasi tumpeng Bali menggunakan ayama betutu, sate lilit, sambal matah, yama suwir Bali, dendeng, lawar dan usus goreng. Tentunya isian lauknya sangat khas daerah masing-masing. Jadi walaupun Anda melihat nasi tumpeng Jawa yang menggunakan nasi putih atau nasi tumpeng Bali yang menggunakan nasi kuning maka perhatikan lauk yang digunakan. Hal inilah yang Anda perhatikan ketika pesan nasi tumpeng di Gandaria Jakarta Selatan.