Pesan Nasi Tumpeng Pasar Minggu – Jika ada acara sykuran tentunya orang akan pesan nasi tumpeng Pasar Minggu Jakarta Selatan, walaupun beberapa orang dapat membuat nasi tumpeng sendiri namun proses pembuatannya yang memakan waktu yang lama membuat orang lebih memilih memesannya agar menghemat waktu. Tumpeng sendiri sudah ada sejak zaman dahulu sebelum masyarakat Nusantara mengenal agama, dimana nasi ini digunakan pada upacara-upacara tertentu. Tidak heran jika nasi ini begitu erat dengan kebudayaan masyarakat Jawa, tentunya yang Anda ketahui tentang nasi tumpeng adalah nasi kuning yang dibentuk kerucut serta diletakkan berbagai lauk disekitarnya. Namun taukah kamu jika nasi ini memiliki berbagai macam jenis yang disesuaikan dengan jenis acara yang digelar, oleh sebab itu Anda tidak dapat asal saja memesan nasi tumpeng.

Pesan Nasi Tumpeng Pasar Minggu

Jenis-Jenis Nasi Tumpeng Yang Wajib Anda Ketahui Agar Tidak Salah Pilih

  1. Tumpeng robyong

Tumpeng jenis ini merupakan tumpeng yang digunakan pada acara syukuran yang bersifat bahagia, seperti khitan atau hajatan, ciri-ciri tumpeng ini adalah pada bagian atasnya terdapat telur ayam utuh beserta kulitnya, bawang merah, terasi bakar, dan cabe merah. Serta tumpeng ini diletakkan dalam sujen, nasi tumpeng ini juga memiliki makna yaitu kesejahteraan dan keselamatan. Bentuknya juga menyerupai gunung yang memiliki makna bahwa di dalam gunung tentunya terdpat mata air yang mengalir sehingga mampu membuat tumbuhan hidup yang melambangkan kesejahteraan.

  1. Tumpeng nujuh bulan

Nasi tumpeng ini akan disediakan untuk acara pesta tujuh bulan kehamilan, tumpeng ini juga memiliki bentuk kerucut yang merupakan bentuk penghormatan kepada Tuhan. Bagian bawah yang melebar melambangkan rahmat yang telah diberikan oleh Tuhan, sehingga apabila kita memotongnya memberikan tanda bahwa telah menerima rahmat yang telah diberikan oleh Tuhan. Lalu tumpeng ini juga memiliki makna bahwa dapat memberikan kebaikan dan kesehatan pada kandungan ibu, sehingga bayi dapat tumbuh menjadi anak yang sehat serta dapat berbakti kepada orang tuanya. Tumpeng ini juga sekilas mirip seperti tumpeng pada umumnya pada acara-acara biasa.

  1. Tumpeng pungkur

Tumpeng ini akan disajikan apabila ada seseorang yang meninggal, yang membedakan tumpeng ini dengan yang lainnya adalah pada jumlah nasinya. Jika tumpeng biasan nasi hanya berjumlah 1 namun pada tumpeng ini nasinya terdapat 2 buah dengan bentuk kerucut serta diletakkan dengan posisi bertolak belakang atau biasa  disebut dengan ungkur-ungkuran. Lauk yang digunakan juga tidak seperti pada umumnya, dimana lauk yang digunakan merupakan makanan yang tidak pedas dan urap. Kecambah dan kangkung tidak digunakan pada tumpeng jenis ini, tumpeng ini sendiri memiliki makna yaitu perpisahan antara orang yang telah meninggal dengan orang yang masih hidup. Karena itu pesan nasi tumpeng Pasar Minggu Jakarta Selatan yang tepat dan sesuai acara.