GRATIS PENGIRIMAN

5 Tips Acara Lamaran

Tips Acara Lamaran – Untuk kebanyakan orang lamaran merupakan salah satu hal yang sangat membahagiakan dan ditunggu-tunggu. Lamaran juga menjadi salah satu acara yang besar karena akan berhubungan langsung dengan kedua keluarga mempelai.

Tips Acara Lamaran

Untuk beberapa orang, lamaran mungkin juga termasuk dalam salah satu acara yang pertama kali diselenggarakan. Oleh karenanya persiapannya juga harus benar-benar matang. Berikut adalah beberapa tips untuk Anda yang ingin melakukan acara lamaran.

5 Tips Acara Lamaran Agar Penyelengaraannya Lancar

  • Menyesuaikan pakaian

Pertama yang perlu Anda ketahui adalah penting untuk menyesuaikan pakaian yang digunakan pada saat acara lamaran berlangsung. Buatlah konsep dekorasi yang menarik dan juga unik. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan konsep dari acara tersebut dengan keseluruhan dekorasi.

Misalnya Anda menggunakan dekorasi dengan tema warna biru, maka untuk pakaiannya juga bisa menggunakan warna biru atau senada dengan warna keseluruhan dekorasi. Dengan begitu tampilan lamaran Anda akan lebih menarik dan serasi.

  • Hidangan catering

Pada saat acara lamaran, sudah pasti Anda harus menyediakan hidangan untuk para tamu. Atau minimal untuk semua anggota keluarga yang hadir. Acara lamaran bukanlah acara yang cukup besar sehingga ada beberapa orang yang mungkin lebih memilih untuk menyediakan snack box saja.

Untuk itulah Anda bisa memanfaatkan jasa catering snack box. Catering akan lebih memudahkan sehingga tidak perlu repot membuat banyak tipe snack sekaligus. Catering ini juga akan cocok untuk Anda yang tidak ingin repot menggunakan wadah sendiri karena sudah disediakan box cantik oleh pihak catering.

  • Konten acara yang menarik

Tips acara lamaran berhasil selanjutnya adalah dengan membuat konten acara yang menarik. Biasanya acara lamaran akan terkesan begitu saja atau kurang menarik. Agar acara lamaran Anda bisa terus diingat atau bisa menghadirkan kesan yang tak terlupakan, maka buatlah konten acara yang juga menarik untuk dilaksanakan.

Jika Anda ingin acara lamaran berkesan, coba untuk menggunakan MC yang interaktif hingga menyediakan doorprize ditengah-tengah acara. Tujuannya untuk menghasilkan kesan acara yang tidak terlalu kaku dan terkesan formal. Hal ini bisa tetap Anda lakukan tanpa harus menghilangkan esensi dari acara tersebut.

  • Persiapkan hantaran

Lamaran tidak akan menjadi spesial jika tidak ada hantaran yang diberikan dari pihak calon mempelai laki-laki pada calon mempelai perempuan. Terutama untuk di Indonesia yang menjadi budaya bahwa hantaran adalah hal yang penting untuk diperhatikan.

Beberapa orang mungkin akan merasa malas untuk mengurusi hantaran secara langsung. Akan tetapi Anda tetap harus memperhatikan mengenai barang apa saja yang diperlukan untuk kebutuhan hantaran.

Hantaran umumnya akan berisi beberapa hal yang penting dan memang dibutuhkan untuk calon pengantin wanita. Misalnya seperti alat mandi, peralatan make up, alat sholat, tas, sepatu, bed cover, makanan dan lain sebagainya.

  • Menyiapkan cincin tunangan beberapa hari sebelumnya

Selain hantaran, dalam lamaran cincin juga menjadi sebuah benda yang wajib ada. Cincin tersebut akan melambangkan bahwa kedua calon mempelai sudah terikat janji untuk melakukan pernikahan. Terutama untuk calon pengantin laki-laki, hal ini termasuk hal yang penting.

Pilihlah jenis cincin yang memang sesuai dengan keinginan kedua calon mempelai. Dalam hal ini adalah dari segi model atau desainnya. Jangan sampai Anda menentukan sendiri mengenai model yang akan digunakan pada saat acara lamaran. Bisa menanyakan pada orang terdekat mengenai model cincin yang disukai.

Tips Menyelenggarakan Acara Lamaran dengan Budget yang Terbatas

Lamaran memang menjadi acara yang sangat ditunggu-tunggu sebelum langkah yang lebih serius yaitu pernikahan. Akan tetapi pastinya masih banyak orang yang menginginkan acara lamaran yang sederhana dan tidak mengeluarkan banyak biaya.

Hal tersebut karena ada acara pernikahan yang juga membutuhkan banyak biaya. Untuk itu berikut adalah beberapa tips acara lamaran murah yang bisa Anda lakukan untuk menyelenggarakannya dengan budget yang terbatas.

  • Rumah sebagai venue

Cara yang pertama untuk menghemat budget biaya Anda adalah dengan menggunakan rumah sebagai tempat untuk lamaran. Venue lamaran tidak harus menyewa gedung di mana biaya yang harus Anda keluarkan menjadi banyak.

Gunakan rumah saja dari mempelai perempuan untuk melakukan acara lamaran.Β  Menggunakan rumah juga akan lebih menambah kesan intim dan sakral dari acara tersebut.

  • Merencanakan jumlah undangan

Jumlah undangan yang akan menghadiri acara lamaran tersebut juga harus dipertimbangkan. Hal tersebut karena akan berpengaruh pada jumlah makanan atau hal lainnya. Beberapa calon pengantin akan memilih untuk mengundang keluarga inti saja guna menghemat biaya dan lainnya.

Hal ini juga bisa Anda lakukan untuk acara lamaran demi menghemat biaya. Akan tetapi jangan lupa untuk tetap memesan konsumsi lebih dari jumlah undangan yang hadir atau yang diundang. Dengan begitu Anda tidak akan bingung atau kewalahan jika jumlah anggota keluarga yang hadir melebihi undangan.

  • Dekorasi acara

Untuk dekorasi juga bisa Anda hemat sendiri. Salah satu caranya adalah dengan mendekorasi rumah atau dekorasi yang akan digunakan untuk tempat duduk calon pengantin.

Untuk backgroundnya bisa menggunakan printing spanduk. Kemudian tambahkan juga beberapa hiasan seperti tirai kain, bunga-bungaan, balon foil, kain tile dan masih banyak lagi. Ornament tersebut bisa Anda sesuaikan dengan keinginan dan juga konsep acara lamarannya.

Untuk budget printing bisa Rp120.000 dan untuk dekorasi tambahannya sekitar Rp180.000. Budget tersebut juga bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan pengeluaran yang ada. Menghias sendiri memang akan sangat menghemat biaya pengeluaran karena Anda tidak perlu menyewa WO untuk kebutuhan lamaran ini.

  • Busana yang dikenakan

Tips acara lamaran nikah untuk mengemat biaya selanjutnya adalah dari busana yang digunakan. Untuk busananya tidak harus menggunakan seragam atau membeli baju yang baru.

Anda bisa memanfaatkan rok atau kebaya yang Anda miliki. Atau jika diperlukan Anda bisa membeli kebayanya saja dan untuk cewek atau bawahannya bisa menggunakan dari orang tua.

Seragam untuk semua anggota keluarga yang hadir juga tidak harus selalu sama. Dalam hal ini Anda bisa menentukan saja tema dresscode yang akan digunakan. Dengan begitu akan lebih menghemat biaya lamaran.

  • Dokumentasi

Dokumentasi juga termasuk hal yang sangat penting untuk Anda yang mengadakan acara lamaran. Tujuannya sudah pasti untuk mengenang momen tersebut. Menyewa jasa fotografer atau videografer profesional biasanya akan membutuhkan biaya yang cukup mahal.

Untuk menghemat biaya tersebut Anda bisa memanfaatkan teman yang memiliki kemampuan dibidang dokumentasi dengan baik. Namun jangan sampai Anda membayarnya terlalu murah.

Tips acara lamaran yang terjangkau untuk segi dokumentasi yang lainnya adalah dengan mencari vendor yang menawarkan harga terjangkau. Memanfaatkan promo juga akan sangat membantu untuk acara lamaran Anda yang lebih terjangkau. Dengan begitu Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dalam hal dokumentasi.

Infografik Snack Box Royal

Jangan lupa untuk mendapatkan snack box terbaik sebagai konsumsinya bisa menggunakan jasa dari Royal Snack Box. Segera hubungi kami di 0812.9043.2012 atau email ke order@royalsnackbox.com untuk pilih paket snack yang Anda inginkan sesuai kebutuhan dan budget.

5/5 - (7 votes)