Pesan Nasi Tumpeng Cilandak – Dengan bentuk dan cita rasa yang menarik. Orang Indonesia lebih mudah untuk menyebut nasi tumpeng dengan sebutan tumpeng, tanpa menggunakan tambahan kata nasi. Tumpeng memiliki arti sebagai cara penyajian nasi dan lauk-pauk dalam bentuk kerucut. Jenis nasi yang digunakan umumnya adalah nasi kuning, sehingga dijuluki sebagai tumpeng kuning. Namun Anda juga bisa menemukan jenis tumpeng lainnya yang tidak kalah unik yaitu tumpeng putih dan juga tumpeng hijau. Cara penyajian nasi dengan dibentuk menjadi tumpeng merupakan bagian dari adat atau kebiasaan turun menurun masyarakat jawa dan juga masyarakat betawi keturunan jawa. Tumpeng akan selalu ada di berbagai acara penting seperti kenduri dan acara selamatan lainnya. Penyajian tumpeng biasanya menggunakan tampah dengan alas daun pisang sebagai wadahnya.

Pesan Nasi Tumpeng Cilandak

Sejarah dan tradisi tumpengan

Masyarakat pulau Jawa, Madura dan Bali memiliki kebiasaan membuat tumpeng dalam acara kenduri yang diselenggarakan. Seperti untuk selamatan kelahiran, selamatan rumah baru, kelahiran bayi dan berbagai acara penting lainnya. Kini hampir seluruh masyarakat Indonesia yang tersebar di berbagai wilayah menggunakan tumpeng sebagai simbol yang penting dalam sebuah acara. Falsafah tumpeng dengan bentuknya yang kerucut sangat erat sekali dengan letak geografis Indonesia terutama pulau Jawa. Secara geografis pulau Jawa memiliki beberapa gunung berapi yang menjulang tinggi. Sebenarnya tradisi tumpengan berasal dari nenek moyang yang pada zaman dahulu bahkan hingga sekarang memuliakan gunung sebagai tempat bersemayamnya arwah leluhur. Masyarakat Jawa yang pada zaman dahulu lebih banyak dipengaruhi oleh kebudayaan agama Hindu membuat tumpeng sebagai perwujudan dari Mahameru yang menjadi tempat persemayaman para dewa.

Meskipun pada awalnya tradisi tumpengan berasal dari kebudayaan masyarakat Hindu, namun pada akhirnya tradisi ini diadopsi oleh kebudayaan Islam Jawa. Dalam tradisi Islam Jawa, tumpengan merupakan perwujudan dari pesan leluhur mengenai permohonan kepada Sang Pencipta. Tumpeng dikenal dengan akronim ‘yen metu kudu sing mempeng’ yang memiiki arti bila keluar haruslah bersungguh-sungguh.

Memesan tumpeng sebagai tradisi dalam acara

Tumpeng memang dianggap sebagai tradisi dari para leluhur. Anda bisa Pesan Nasi Tumpeng Cilandak Jakarta Selatan untuk kebutuhan berbagai acara. Satu hal yang sangat disayangkan adalah meskipun banyak orang menggunakan tumpeng sebagai simbol dalam acara yang dibuatnya, tidak semua orang mengetahui makna dan filosofi yang ada di dalamnya. Jadi mereka hanya sekedar menjadikan tumpeng sebagai simbol yang kosong. Sebenarnya hal ini tidak lagi menjadi penting selama tujuan dan niat yang disematkan adalah baik. Pada intinya tumpeng digunakan sebagai cara untuk mengucap syukur kepada Sang Pencipta. Membuat acara lebih mudah dan simpel dengan Pesan Nasi Tumpeng Cilandak Jakarta Selatan.