Pesan Nasi Tumpeng Fatmawati – Untuk selamatan rumah baru dan jenis selamatan lainnya. Nasi tumpeng merupakan jenis makanan yang ada di setiap acara penting dan dianggap sebagai simbol serta bagian dari tradisi. Tumpeng memiliki makna yang cukup penting dalam tradisi masyarakat Jawa. Sudah sejak lama nasi tumpeng digunakan sebagai perwujudan rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa. Seperti namanya, tumpeng memiliki bentuk yang hampir mirip dengan gunung dengan ujung yang mengerucut pada bagian atas. Nasi kuning merupakan jenis nasi yang paling banyak digunakan untuk membuat tumpeng. Tidak heran jika tumpeng identik dengan warna kuning. Namun kini juga muncul berbagai warna unik lainnya untuk nasi tumpeng yaitu warna hijau. Mungkin Anda jarang menemukannya, namun tumpeng hijau kini juga sudah banyak digunakan di berbagai acara.

Pesan Nasi Tumpeng Fatmawati

Nasi tumpeng dengan berbagai lauk pauknya

Nasi tumpeng memang dilengkapi dengan berbagai jenis sayuran dan lauk pauk. Lauk pauk yang biasanya ada pada nasi tumpeng diantaranya adalah ayam goreng atau ayam suwir, abon, telur suwir, mie goreng, kering tempe, sambel goreng kentang dan lain sebagainya. Sebenarnya lauk pauk yang digunakan tergantung dengan selera dari sang pembuatnya dan bisa tergantung dari permintaan pesanan. Nasi tumpeng memiliki makna yang sangat dalam bagi masyarakat Islam Jawa. Tradisi ini pertama kali diadopsi dari tradisi Hindu Kuno. Sebelum Islam masuk ke Indonesia, pulau Jawa telah terlebih dahulu mendapatkan pengaruh yang besar dari agama Hindu. Tidak heran jika kerajaan-kerajaan yang ada pada zaman penjajahan sebagian besar menganut kepercayaan dari agama Hindu. Nasi tumpeng sering dikaitkan dengan letak geografis pulau Jawa yang banyak memiliki gunung. Nenek moyang menganggap gunung sebagai tempat yang cukup sakral. Gunung merupakan tempat persemayaman arwah leluhur dan juga para dewa yang perlu dimuliakan. Oleh karena itu, tumpeng digunakan sebagai perwujudan rasa syukur kepada Sang Pencipta. Lebih dari itu, tumpeng juga memiliki makna yang cukup dalam dari sisi sosial. Tumpeng mewujudkan kerukunan antar sesama manusia sebagai ciptaan Yang Maha Kuasa.

Tumpeng dalam berbagai acara

Sudah sejak lama tumpeng ada dalam berbagai acara. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut pun Anda bisaΒ Pesan Nasi Tumpeng Fatmawati Jakarta Selatan. Dalam segala jenis dan bentuk acara, nasi tumpeng akan selalu ada. Sebenarnya membuat nasi tumpeng bisa dibilang gampang-gampang sulit. Yang mudah adalah jenis nasi dan masakan lauk pauk lainnya termasuk jenis masakan yang mudah untuk dimasak. Yang membuat sulit adalah terlalu banyaknya jenis masakan yang dimasakan akan membuat sedikit kerepotan. Untuk menghindari kerepotan yang bisa ditimbulkan, ada cara mudah yang bisa digunkan yaitu denganΒ Pesan Nasi Tumpeng Fatmawati Jakarta Selatan.