Pesan Nasi Tumpeng di Medan Merdeka – Bisa Anda lakukan jika tidak ingin repot membuat nasi tumpeng, sebab membuat nasi tumpeng tidaklah mudah. Nasi tumpeng sendiri merupakan nasi yang dibentuk kerucut yang dikelilingi oleh berbagai macam lauk, namun tidak banyak yang mengetahui bahwa nasi tumpeng beserta dengan lauknya memiliki arti. Tidak heran jika lauk pada nasi tumpeng itu-itu saja, tetapi saat ini sudah terdapat beberapa lauk tambah sebagai pelengkap gizi saja. Namun ada baiknya jika Anda mengetahui makna diΒ setiap lauk nasi tumpeng, mengingat semakin berkembangnya zaman sudah banyak anak muda yang tidak peduli dengan budayanya sendiri. Sebab nasi tumpeng sangat erat kaitannya dengan budaya masyarakat Indonesia, dimana nasi tumpeng sudah digunakan sejak zaman dahulu dalam berbagai macam acara.

Pesan Nasi Tumpeng di Medan Merdeka

  1. Nasi

Dahulu nasi untuk pembuatan nasi tumpeng merupakan nasi putih, namun kini nasi tumpeng sudah dimodifikasi sehingga tidak jarang menggunakan nasi kuning atau nasi kuning. Sebab rasa yang diberikan juga tidak kalah lezat apalagi dilengkapi dengan berbagai macam lauk. Bentuk nasi tumpeng sendiri berbentuk kerucut walaupun sekarang sudah banyak variasi dari bentuk nasinya, namun bentuk kerucut pada nasi memiliki makna bahwa semua yang kita makan berasal dari sumber yang halal dan bersih. Dimana makanan tersebut didapatkan dengan cara yang baik bukan dari mencuri.

  1. Ayam

Tentunya ayam adalah salah satu lauk wajib pada nasi tumpeng, dahulu ayam yang digunakan pada nasi tumpeng adalah ayam jantan walaupun pada saat ini tidak jarang digunakan ayam betina. Penggunaan ayam jantan sendiri memiliki arti yaitu untuk menghindari sifat buruk ayam jantan yaitu sombong, congkak, banyak bicara atau berkokok, serta merasa diri paling benar.

  1. Ikan lele

Selain ayam, tidak jarang pada nasi tumpeng menggunakan lele sebagai lauk, walaupun pada saat ini sudah banyak orang yang menggunakan ikan jenis lain untuk menggantikan lele. Hal ini dikarenakan bentuk lele yang tidak menarik sehingga mempengaruhi penampilan nasi tumpeng pada saat dihias nanti. Padahal lele sendiri memiliki makna dari ketabahan dan keuletan, sebab lele dapat bertahan hidup di dalam air yang tidak mengalir seperti di dasar sungai.

  1. Telur

Tentunya nasi tumpeng tidak lengkap jika tidak ada telur, telur juga memiliki makna yaitu melambangkan manusia diciptakan dengan memiliki fitrah yang sama. Biasanya telur yang digunakan adalah telur rebus yang disajikan beserta kulitnya, sehingga ketika memakannya harus dikupas terlebih dahulu. Hal ini juga memiliki makna yaitu semua tindakan harus memiliki perencanaan terlebih dahulu serta dikerjakan sesuai dengan rencana. Inilah filosofi dariΒ pesan nasi tumpeng di Medan Merdeka Jakarta Pusat.